Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Center vs. Centre

center vs. centre

Center vs. Centre – Halo sahabat LC Kampung Inggris, pastinya kalian sangat familiar donk dengan kedua kata tersebut. Center dan Centre. Lagi-lagi kita menemui confusing words. Namun jangan khawatir, karena tak kenal maka tak sayang. oleh karenanya mari kita kenalan lebih jauh dengan confusing words yang satu ini.

Jika sebelum-sebelumnya kita membahas confusing words yang sering ditemui dengan perbedaan arti dan penggunaan, maka kali ini agak sedikit berbeda. Karena center dan centre sejatinya memiliki arti yang sama, makna dan penggunaan yang sama pula. Lau apa perbedaan keduanya? Let’s check this out!

Persamaan Center dan Centre

Ada yang membuat kedua kata tersebut, yaitu arti katanya. Baik Center /ˈsen.t̬ɚ/ maupun Centre /ˈsen.tər/ memiliki arti pusat atau bagian tengah. Berbagai arti dan penggunaan center yaitu:

  • The point in the interior of a circle or sphere that is equdistant from all points on the circumference / Titik di permukaan atau di tengah lingkaran atau bulatan (bola) yang jaraknya semua sama antara titik ke ujung lingkaran
  • The middle portion of something / Titik tengah dari segala sesuatu
  • A place where some function or activity occurs ( e.g. shopping centre, study center) / Tempat dimana banyak kegiatan atau fungsi terjadi (seperti pusat perbelanjaan, pusat pembelajaran)
  • A topic that is particularly important in a given context ( e.g. the center of the controversy, the center of attention) / pokok pembicaraan yang utama dan penting dalam sebuah konteks (contoh: inti dari kontroversi, pokok perhatian)

Perbedaan Center dan Centre

Antara center dan centre memiliki perbedaan sejarah dan geografis penggunaan kata tersebut. Center biasa digunakan di US (Amerika), sedangkan centre biasa digunakan di UK (Britania). Meskipun ini artinya sama, namun cukup berpengaruh pada penggunaannya. Terutama kalau kamu mengikuti tes IELTS dan TOEFL dalam sesi writing, karena perbedaan center dan centre tidak lain berkaitan dengan aksen dalam bahasa inggris. Jika kamu akan melakukan writing di IELTS dan TOEFL sebaiknya kamu menguasai aksen-aksen english yang ada di dunia, minimal aksen UK dan US. pernah ada yang bertanya, apakah IELTS menggunakan aksen UK sedangkan TOEFL menggunakan aksen US? Jawabannya tergantung kita, karena antara IELTS dan TOEFL tidak menetapkan hal semacam itu. Yang ada adalah, konsistensi kita dalam menulis. Kalau kamu memutuskan menggunakan aksen UK dalam writing IELTS, maka seluruh tulisan harus menggunakan aksen UK termasuk pemilihan vocab. Begitu juga ketika kamu harus menulis center/center, jadi yang mana yang akan kamu tulis? Naaah, tentu saja kamu harus menulis CENTRE jika menggunakan UK. ingat ya! konsisten!

Selain menulis untuk tes profisiensi bahasa inggris, sebaiknya kamu juga konsisten saat berada di luar negeri. Jika berada di daerah aksen tertentu sebaiknya kita juga menggunakan aksen tersebut, karena bisa jadi ada sebagian orang native (asli) yang tidak paham aksen daerah lain.

Hanya sejarah penjang yang bisa menjelaskan mengapa di US menggunakan center sedangkan di UK menggunakan centre. Pada intinya, terjadi perubahan demi perubahan bahasa inggris. Sama halnya dngan bahasa Indonesia. Kalau dulu kita sering melihat tulisan di koran seperti ini:

Bangsa Indonesia adalah orang jang ramah dan pedoeli dengan sesamanja. Tjara kita bitjara mendjadi panoetan bagi banjak bangsa. Banggalah kita mendjadi bangsa Indonesia.

Artinya, bahasa Indonesia telah mengalami banyak sekali perubahan. yang dulu tjendana menjadi cendana. Yang dulu poetra sekarang menjadi putra. Nah, sama halnya dengan bahasa inggris yang telah mengalami berbagai proses reformasi entah itu ditambah maupun dikurangi hurufnya. Kurang lebih, begitulah proses terjadinya center dan centre.

Semoga penjelasan perbedaan antara centre vs. center ini bisa menambah wawasan dan penguasaan bahasa inggris kalian yaa ^_^

Info penting lain tentang english learning, selengkapnya di: Tanda Baca dalam Bahasa Inggris

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *