Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Climatic vs. Climactic

Climatic vs. Clicmatic

Climatic vs. Climactic – Halo sahabat Kampung Inggris! Bahasa Inggris memang satu objek yang selalu menarik untuk dibahas. Kalau sebelumnya kita sudah sering membahas apa itu confusing words, maka kamu juga perlu tau, kata apa saja dalam bahasa inggris yang seringkali membuat bingung atau tertukar-tukar penggunaannya. Termasuk yang satu ini, climatic dengan climactic. Hanya beda ada dan tidak adanya huruf ‘c’ setelah huruf ‘a’, ternyata menimbulkan sedikit perbedaan antara keduanya. Yuk kita ulas lebih detil perbedaan climatic dengan climactic!

Arti dan Penggunaan Climatic

Pernahkah kamu mendengar kata climate? Yap, coba buka dulu deh kamus bahasa inggris kamu, lalu temukan apa itu climate. Dalam bahasa inggris, climate merupakan noun (kata benda) yang berarti “the long-term manifestations of weather and other atmospheric conditions in a given area or country” Sederhananya, climate = iklim atau cuaca dalam area tertentu.

Climatic merupakan adjective (kata sifat) yang berasal dari kata dasar climate. Artinya, climatic merupakan sesuatu yang berhubungan dengan per-iklim-an. Contoh:

  • The climatic changes these days make farmers suffer a financial loss because the weather that affects the crops is not stable / Perubahan iklim akhir-akhir ini membuat para petani merugi karena cuaca yang mempengaruhi tanaman tidak menentu.
  • Dave is always excited to talk about climatic topic because he is expert on it / Dave selalu bersemangat membicarakan topik tentang iklim karena dia menguasai topik tersebut.
  • “What are you doing?” “I am watching climatic news on TV now” “For what?” “My teacher gave me task resuming this news” / “Apa yang sedang kamu lakukan?” “Sedang nonton berita tentang iklim di TV sekarang” “untuk apa?” “Guru saya memberi tugas untuk membuat ringkasan berita tersebut”

Arti dan Penggunaan Climactic

Climactic merupakan adjective yang berasal dari kata climax, yaitu puncak cerita atau masalah utama dari suatu cerita atau kejadian. Misalnya, titik klimaks dari film Harry Potter adalah ketika Harry melawan Voldemort face to face. Meskipun berasal dari kata climax, namun adjective (kata sifat) nya membuat perubahan x menjadi c, menjadi climactic. Contoh:

  • Do you know the climactic moment when John left the meeting room angrily? That’s really horrible / Apa kamu tau saat-saat klimaks ketika John meninggalkan ruang rapat dengan marah? Itu sangat mengerikan.
  • Finally he showed his climactic reaction on this unfair circumstance. He was very angry, but knowing that he has made up his mind was a relief for me  / Akhirnya ia menunjukkan puncak reaksi atas ketidakadilan selama ini. Dia sangat marah, namun mengetahui bahwa dia sudah mengambil keputusan membuat saya lega.
  • I feel like it’s my climactic achievement during the high school. Although I’ve tried hard, but I couldn’t reach higher rank / Saya rasa ini adalah puncak prestasi saya. Meski saya berusaha dengan keras, namun saya tidak bisa mencapai peringkat lebih bagus.

Oke, itu dia perbedaan climatic dengan climactic! Kalau kamu masih bingung, coba ingat ingat ini: Climax/klimaks ada lawannya anticlimax/antiklimaks, berarti climactic ada lawannya anticlimactic, namun climatic tidak memiliki antonim anticlimatic. Semoga bermanfaat, dan terus gunakan dua vocab tersebut untuk menulis, chatting maupun sekadar latihan bicara menggunakan climatic dan climatic.

Jangan lewatkan tips grammar yang satu ini: 7 kesalahan umum dalam grammar

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *