Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Compare With atau Compare to?

Compare With atau Compare to

Compare With atau Compare to? – Halo sobat Kampung Inggris di manapun berada. Jangan pernah bosan untuk belajar bahasa Inggris ya, karena gak akan ada habisnya! masih ada jutaan vocab yang menarik untuk dibahas. Belum lagi, ada banyak juga confusing word yang mirip karena sama hurufnya, ataupun sama bunyinya. Meskipun kelihatannya simpel, tapi ada kata-kata yang interchangeable atau merupakan sinonim, tapi ada juga yang berbeda penggunannya, meskipun mirip. Salah satu contoh yang pernah kita bahas yaitu, bedanya Loose dan Lose. Kali ini, masih tentang yang bikin kita bingung, yaitu antara Compare with dengan Compare to, apa bedanya ya? Meskipun sama-sama menggunakan kata dasar compare, namun ada perbedaan preposition antara keduanya. Mari kita bahas lebih detil!

Pertama, yuk kita lihat dulu arti kata dasar Compare /kəmˈper/. Dalam Cambridge Dictionaries Online, Compare berarti “to examine or look for the difference between two or more things” ata membandingkan dua hal atau mencari perbedaan keduanya.

Secara umum, kedua preposisi tersebut, sah-sah saja digunakan untuk “menemani” compare sebagai sebuah phrase. Namun ada sedikit perbedaan dalam makna dan secara gramatikal. Anyway, untuk ‘Compare to’ biasanya lebih banyak digunakan di American English, sedangkan British English biasa menggunakan keduanya. Sumber lain juga menyebutkan bahwa perbedaan with dan to dalam hal ini berbeda karena kebiasaan native speaker. Jaman dulu, compared with lebih banyak digunakan, sedangkan to menjadi lebih banyak digunakan untuk saat ini.

Compared with biasanya merujuk pada dua benda ata dua hal yang klasifikasinya sama, misalnya: sekolah dengan sekolah, artis dengan artis, kucing dengan kucing. Sehingga, compared with akan tampak lebih menunjukkan perbandingan antara dua objek yang sama. Misalnya, sekolah di kota besar lebih bagus daripada sekolah di pedesaan. Contoh:

  • Comparing with Arc de Triomphe in Paris, Simpang Lima Gumul Kediri is as nice as that monument to visit with family / Dibandingkan dengan Arc de Triomphe di Paris, Simpang Lima Gumul Kediri sama bagusnya untuk dikunjungi bersama keluarga.
  • Since I don’t have many experience, it’s hard to compare working in Indonesia with working abroad / Karena saya gak punya banyak pengalaman, sulit untuk membandingkan kerja di Indonesia dengan kerja di luar negeri.
  • Why mom always compared me with my older sister? I don’t like it at all / kenapa ibu selalu membandingkan saya dengan kakak perempuan saya? Saya sama sekali gak suka.

Sedangkan Compared to biasanya digunakan untuk dua objek yang berbeda, misalnya kucing seperti anjing, anak kecil seperti tanaman merambat, manusia seperti pohon apel, dan sebagainya. Dengan begitu, compared to bertujuan untuk menjelaskan bahwa objek yang satu mirip dengan objek kedua, meskipun secara fisik keduanya tidak berhubungan. Misalnya, manusia seperti pohon apel, ketika dilempar batu (keburukan), dibalas dengan  buah apel (kebaikan).

  • My mom compared our life to the drama in TV, she really immersed on many dramas / Ibu saya menyamakan kehidupan nyata dengan drama TV, ia terlalu menyatu dengan banyak drama.
  • If I compare my brother to a cat because both always sleeps all day, my mom will be angry with me / Jika saya menyamakan adik saya dengan kucing karena sama-sama tidur seharian, ibu akan memarahi saya
  • His latest invention, automatic kitchen, was compared to shakespeare’s works in english language / penemuan terbarunya, dapur otomatis, disamakan dengan pencapaian shakespeare dalam dunia bahasa inggris.

Nah, itu dia perbedaan antara Compare to dengan Compare with. Semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk berlatih menggunakan dua frasa tersebut!

Mau tau confusing words lainnya? Baca selengkapnya di: 3 Confusing Word yang Sering Ditemui

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *