Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Dialogue vs. Discussion

dialogue vs discussion

Dialogue vs. Discussion – Masih tentang vocabulary dalam bahasa Inggris. Mengapa sangat penting mempelajari vocab? Salah satu alasannya yaitu karena vocab merupakan dasar dari pembuatan kalimat. Jika kita hendak bercakap-cakap atau menulis, maka kita perlu mengetahui vocab apa yang berkaitan dengan topik yang akan kita sampaikan. Namun bagaimana jika kita menemui masalah di mana ada dua kata atau bahkan lebih, namun memiliki arti yang sama. Seperti yang kita bahas sebelumnya, ada mad dan angry yang artinya sama-sama marah, atau listen dan hear yang artinya sama-sama mendengar, dan watch dengan see yang artinya sama-sama melihat. Namun dari kata-kata tersebut, ada perbedaan makna yang tentunya penggunaannya juga akan berbeda. Inilah yang biasa disebut confusing words, atau kata-kata yang memungkinkan penggunanya bingung karena kesamaan arti, kesamaan kata, ataupun kesamaan bunyi. Namun jangan bingung, karena LC Kampung Inggris sudah punya solusinya, baca selengkapnya di: Tips Mudah Menghadapi Confusing Words.

Karena masih berhubungan dengan confusing words, kali ini kami akan membahas perbedaan Dialogue dengan Discussion. Sekilas, kedua kata ini sama-sama berarti “membicarakan suatu topik dengan orang lain”. Dialog dan diskusi, begitulah kata versi bahasa Indonesia. Meskipun tampak sama, namun dialogue dan discussion punya sedikit perbedaan. Kata kunci perbedaan keduanya adalah, bahwa Discussion (diskusi) pembicaraannya berdasarkan topik yang sudah diputuskan sebelumnya. Oleh karena itu, biasanya penyampaian ide dalam diskusi tidak bisa terlampau liar karena telah dibatasi dengan topik tersebut. Sedangkan Dialogue, juga pembicaraan yang terjadi antara dua orang atau lebih, dengan peserta yang bisa menyampaikan ide dan responnya secara mengalir dan lebih bebas daripada discussion. Lebih detil lagi, akan kami ulas satu per satu di bawah ini. Have a look guys!

Arti dan Penggunaan Discussion

Discussion, kurang lebihnya berarti “membicarakan sesuatu bersama orang lain atau sekelompok orang, dengan tujuan mengambil sebuah keputusan atau kesimpulan”. Misalnya, diskusi tentang pengambilan keputusan perubahan Undang-Undang di DPR. Ada topik tertentu, sehingga pembicaraan dalam discussion terbatas dan terfokus pada topik tersebut. Dalam diskusi, peserta di dalamnya berusaha untuk membuktikan kebenaran pernyataannya, sehingga tidak bisa sembarangan menyampaikan ide. Bukan hanya menyampaikan dan memperkuat gagasan masing-masing, namun dalam discussion juga seringkali ada pembantahan ide yang disampaikan oleh orang atau kelompok lain, atau yang kita sebut debate.

Arti dan Penggunaan Dialogue

Dialogue, bermakna “pembicaraan yang terjadi antara dua hingga beberapa orang tentang satu topik tertentu”. Biasanya, dialogue sering dilakukan di sekolah, di tempat kerja, kampus. Berbeda dengan discussion yang sifatnya mengambil keputusan, dialogue tujuannya lebih kepada menambah atau sharing ilmu pengetahuan sekaligus sebagai sarana melatih diri untuk menerima pandangan dan ide orang lain. Oleh karena itu, orang-orang yang ada dalam dialogue lebih bebas mengekspresikan pendapat dan pemikirannya.  

Hal lain yang membedakan dialogue dengan discussion adalah bahwa dialogue juga memiliki makna lain, yaitu dalam konteks seni drama atau sastra, dialogue berarti percakapan baik tertulis dalam buku, novel, dll maupun yang diucapkan dalam drama.

Nah, sahabat kampung Inggris, itu dia ulasan tentang perbedaan Dialogue dengan Discussion. Semoga bisa menambah wawasan bahasa Inggris kamu ya! Jangan lupa untuk terus belajar menggunakan vocab agar mudah ingat dan susah lupa. Kamu bisa menggunakannya dalam percakapan, ataupun dalam tulisan di catatan harian maupun sosial media. Ganbatte!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *