Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Dongeng, Sarana Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Dongeng, sarana belajar bahasa inggris untuk anak

Dongeng, Sarana Belajar Bahasa Inggris untuk Anak – Siapa yang tidak kenal dengan dongeng? Yang dalam bahasa Inggris, kita kenal dengan Fairy tale. Cerita yang khas dengan imajinasi, warna-warni, puteri raja. Anak-anak pun pastinya tertarik dengan dongeng. Nah, bagaimana jika dongen dijadikan sarana belajar bahasa Inggris untuk anak?

Ketika kita masih kecil, mungkin kita mendengarkan ibu atau kakek kita menceritakan sebuah dongeng tiap malam sebelum tidur. Dan saat itu juga, tentunya kita belajar banyak kosa kata baru dalam Bahasa Indonesa. Dengan dongeng, kita mengenal apa itu istana, kuda, ratu, raja, bahkan jika kita membaca dongeng luar negeri dalam bahasa Indonesia, kita bisa menambah vocab, minimal snow adalah salju dan white adalah putih, namun snow white merupakan nama putri yang kulitnya seputih salju.

Cerita yang bagus selalu membuat kita penasaran dan ingin terus membaca atau mendengar cerita hingga halaman akhir. Kita ingin tau bagaimana kelanjutan kisahnya, nasib tokoh utama ceritanya, apakah mati, hidup, bahagia atau sedih. Mungkin kita akan terbawa emosi, merasa tertarik dan bersemangat, sedih, takut, marah atau sangat bahagia. Hanya karena kita membaca atau mendengar sebuah cerita, seakan-akan kita terbawa ke dalam dunia dongeng tersebut. Seperti semua ada di dunia nyata, bahkan mungkin kita ikut membenci ibu tiri Cinderella karena kejahatannya. Mungkin karena kita pernah merasakan hal yang sama di dunia nyata, atau ada orang-orang yang mirip dengan karakter yang ada dalam cerita. Inilah mengapa dongeng, cerita rakyat, fabel atau mitologi selalu menarik untuk dibaca.

Karena adanya kesan yang mendalam terhadap karakter dan jalan ceritanya, maka otak kita memberikan respon yang berbeda daripada saat membaca berita atau bacaan ilmiah. Lama-lama, otak kita tidak menyadari perbedaan mana dunia imajinasi, dan mana dunia nyata, inilah mengapa ketikamembaca, mendengar atau menonton sebuah kisah, mereka akan jadi terasa sangat nyata. Apa yang tokoh tersebut katakan dan ia lakukan sangat meninggalkan kesan menarik. Dongeng dan kisah lainnya merupakan salah satu cara masyarakat di seluruh dunia untuk menyampaikan pesan moral dan ilmu pengetahuan dari generasi ke generasi. para pendahulu kita menyadari bahwa bercerita adalah cara terbaik agar orang-orang di seluruh dunia bukan hanya mengerti sejarah dan pesan yang disampaikan namun juga mengingatnya dgan baik. Seperti kisah bawang merah dan bawang putih di Indonesia, siapa sih yang bisa lupa dengan kisah itu?

Membuat anak tertarik untuk membaca, mendengar atau menonton dongeng akan membantu mereka belajar bahasa asing dengan cara yang menarik dan mudah diingat. Saat ini, banyak kok buku dongeng dan fabel dalam bahasa Inggris dengan gambar, sehingga anak-anak tidak bosan membacanya.

Coba bandingkan dua paragraf berikut, dengan tujuan menyampaikan informasi yang sama, mana yang menurut kamu akan lebih disenangi anak-anak?

  • In this world, there are many kinds of animal, such as pandas, parrots, leopards, rabbits and lions. While in the sea, we can find many animals like whales, sharks, dolphins and octopuses.
  • My younger brother is called Fred. Fred’s very interested in animals. He talks and asks questions about animals ALL the time! Fred’s really interested in parrots and pandas and lions and leopards and rabbits. But Fred’s favourite animals live in the sea. He has pictures of whales, dolphins, sharks and octopuses on all the walls of his bedroom. (Do whales have stomach aches?: Storyfun for Movers, Cambridge University Press, 2011)

Tips Memilih Buku Dongeng Sebagai Sarana Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Sebelum memutuskan untuk membeli buku dongeng dalam bahasa Inggris, mungkin beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih:

  • Pilih buku cerita yang mudah dipahami jalan ceritanya dan tokoh utamanya oleh anak-anak. penting juga untuk memilih buku cerita yang sesuai dengan umur anak.
  • Sebaiknya pilih buku yang menarik anak-anak untuk terus membaca sampai akhir,dan tidak membosankan.
  • Pilih juga buku yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.
  • Buku yang layoutnya menarik juga bisa menambah nilai plus buku tersebut untuk anak, seperti font, judulnya, jumlah paragraf tiap halaman, dsb.
  • Kita juga bisa memilih buku yang terdapat gambar di dalamnya, sebagai ilustrasi dari cerita agar anak lebih mudah memahaminya, dan tentunya tidak gampang bosan.
  • Dan pastinya, buku tersebut sesuai dengan kemampuan bahasa inggris anak. Apakah grammar dan vocabnya terlalu sulit? atau malah terlalu mudah? Bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan pelajaran bahasa Inggris anak di sekolah.

Sebagai proses belajar, orang tua juga harus ikut membaca dan memahami buku dongeng tersebut. Sehingga, setelah selesai membaca ceritanya sampai habis, kita bisa meminta anak untuk menceritakan kembali dongeng yang sudah ia baca, dengar atau tonton (storytelling). Atau, mengajak mereka membuat cerita baru, yang tentunya semua dilakukan dalam bahasa Inggris. Selain itu, orang tua bisa memperjelas vocab baru apa saja yang sudah didapatkan selama membaca cerita tersebut, lalu meminta mereka menjelaskan kembali makna dari vocab baru itu.

Baca juga: Cara Mudah Menghafal Vocab

Bagaimana jika anak menolak membaca karena bahasanya bukan bahasa Indonesia? tentunya, kita harus membantu anak-anak membaca ceritanya dengan cara yang menarik. Berhenti bercerita lalu bertanya “What do you think will happen next?” untuk memancing ketertarikan sang anak. Vocab dalam cerita juga bisa dijelaskan kepada anak menggunakan gerakan tubuh. Dengan cara yang menyenangkan ini, tentunya anak-anak akan lebih bisa memahami pesan cerita sekaligus belajar bahasa inggris sesuai level mereka.

Oke, Sahabat Kampung Inggris, itu dia ulasan tentang Dongeng Sebagai Sarana Belajar Bahasa Inggris untuk Anak. Mungkin kamu juga mau belajar bahasa inggris melalui dongen? Boleh banget, karena bukan hanya untuk anak kecil, tapi juga semua ESL (English as a Second Language) learner, bisa belajar bahasa inggris lewat cerita.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *