Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Error vs. Mistake

error vs mistake

Error vs. Mistake – Halo sahabat kampung inggris! Dalam proses belajar, seringkali kita membuat kesalahan, atau dalam bahasa inggris disebut dengan ‘mistake’.  Namun ada juga ‘error’, misalnya saat ada kesalahan
dalam computer, muncul notifikasi bahwa computer mengalami error. Seringkali kita mendengar human error dan bukan human mistake.  Terlepas dari bahwa itu adalah
collocation, di mana dua kata atau lebih selalu berdampingan, kita juga harus tau apa sih bedanya error dan mistake. Keduanya terdengar hampir sama, bahkan ada yang bilang itu sinonim. Atau apakah keduanya termasuk confusing words? Sama halnya seperti  perbedaan pada kata see, look dan watch atau perbedaan antara listen dan hear. Penting untuk mengetahui perbedaan kata-kata tersebut agar bisa menggunakannya dengan tepat. Karena bisa jadi, antara error dan mistake harus digunakan dalam situasi berbeda. So let’s have a look guys!

Nah, apa ya perbedaan keduanya? Sebelum masuk lebih detil, antara error dan mistake punya perbedaan mendasar pada kelas katanya, error hanyalah sebagai noun (kata benda). Meskipun dalam kamus bahasa inggris online, error dikatakan bisa digunakan sebagai verb, namun jarang digunakan. Namun kebalikannya, mistake biasa digunakan sebagai verb (kata kerja) dan juga noun. Bagaimana hubungan keduanya? Yuk scroll terus karena kali ini LC Kampung Inggris akan mengulas perbedaan Error dan Mistake dengan lebih detil.

Arti dan Penggunaan Error

Error bisa didefinisikan sebagai “the condition of being wrong”. Ketika sesuatu mengalami error, berarti telah ada kesalahan. Misalnya, saat menggunakan suatu program computer, lalu muncul kotak dialog error yang bertuliskan “An unexpected error occurred. the file cannot be found” berarti kesalahannya ada pada file yang hilang. Kata error ini biasanya digunakan dalam situasi formal, dan sangat jarang digunakan dalam spoken language. Error umumnya digunakan dalam written language, atau bahasa tulisan. Selain itu, ciri khas error lainnya adalah, kata tersebut bersifat teknis, atau biasanya digunakan dalam bahasa perkomputeran, programming, dan teknologi lainnya. Misalnya, dalam proses PCR (perbanyakan DNA menggunakan mesin) bisa juga terjadi error karena kesalahan teknis. Sama halnya ketika kita melihat tulisan error message dalam computer maka tidak pernah kita melihat mistaken message. Atau computer error juga tidak pernah ditulis computer mistake. Contoh kalimat yang menggunakan error:

  • An error keeps poppig on my notebook. Could you resolve it? / Notebook saya error terus. Apakah kamu bisa mencarikan solusinya?
  • Dian is an editor. She is used to finding much error on many papers / Dian adalah seorang editor, dia sudah terbiasa menemukan banyak kesalahan dalam banyak tulisan.

Arti dan Penggunaan Mistake

Mistake bisa menjadi noun, yang berarti kesalahan. Sedangkan sebagai verb, mistake berarti “to understand wrongly” atau memberi opini atau sikap yang salah terhadap sesuatu. Misalnya, kamu mengira gula adalah garam, dan sebaliknya. Mistake juga digunakan dalam makna “to commit an unintentional error” alias kesalahan yang tidak disengaja. Maka itu, kata mistake lebih sering digunakan sehari-hari daripada dalam situasi formal. Berbeda dengan error, mistake lebih sering digunakan dalam spoken language.

Baca juga: Apa Bedanya Spoken English dan Written English?

Beberapa contoh kalimat menggunakan “mistake”:

  • I mistook her again for my younger sister. They both look very similar / Saya salah lagi mengira dia adalah adik saya. Mereka sangat mirip.
  • Sorry sir, This all is my mistake. I’ll never repeat it again in the future / Maaf pak, semua ini kesalahan saya. Saya tidak akan mengulanginya lagi nanti.

Oke, itu dia perbedaan antara Error dan Mistake. Hope it will be useful for you all, so you’ll never make any mistakes again 😀

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *