Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Especially dan Specially: Serupa Tapi Tak Sama

especially vs specially

Hai hai, sahabat LC Kampung Inggris. Sudah sampai mana belajar bahasa inggrisnya? Sudah sering dengar dua kata yang serupa tapi tak sama ini? Especially dan Specially. Nah, ini dia satu lagi confusing words kita. Jangan khawatir kesulitan, karena yang begini justru akan jadi penambah khasanah ilmu bahasa inggris kita. Simak dan ingat baik-baik ya bedanya Especially dan Specially berikut ini:

Special dan Specially

Pertama-tama, mari kita bahas SPECIALLY terlebih dahulu. Berasal dari kata dasar special yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya khusus, luar biasa, istimewa, atau distinguished by a unique or unusual quality, atau designed for particular purpose. Special merupakan adjective (kata sifat) yang harus menjelaskan benda. Misalnya:

I have a special gift for you / Saya punya hadiah istimewa untuk kamu

This special gift is only for you / Hadiah istimewa ini hanya untuk kamu

Her sister went to special school / saudara perempuannya masuk sekolah luar biasa (SLB)

He made a big surprise fo his special person yesterday / Ia membuat kejutan besar untuk seseorang yang istimewa kemarin

They designed a special machine for making cheese / Mereka merancang mesin khusus untuk membuat keju

Selain kata sifat, special juga bisa menjadi kata benda (noun) lho. Contohnya: Many people came to the zoo to see the special that just arrived from Canada (Orang-orang datang ke kebun binatang untuk melihat sesuatu yang istimewa yang baru saja tiba dari Kanada)

Lalu bagaimana dengan specially? Kata tersebut masuk ke dalam kelas adverb (kata keterangan) yang menjelaskan kata kerja. Secara bahasa, specially juga memiliki arti yang sama dengan special. Masih seputar istimewa atau khusus. Hanya saja lebih kepada pengkhususan cara, penggunaan, tujuan (in a distinguishing manner). Penggunaan specially sangat umum. Namun begitu, sifatnya agak informal dan cenderung digunakan untuk situasi santai. Biasanya, kita menggunakan specially bersamaan dengan for. Mari kita lihat contoh berikut:

My mother makes this dress specially for me / Ibuku membuat gaun ini khusus untukku

I type fast specially for not late to collect these drafts / Saya mengetik dengan cepat agar tidak telat mengumpulkan draf-draf ini

She is specially coming here to see you / Dia datang ke sini khusus untuk menemuimu

This food is specially made for diabetes sufferer / Makanan ini dibuat khusus untuk penderita diabetes

The program was specially designed for children / Program ini sengaja dibuat untuk anak-anak

Especial dan Especially

Berlanjut pada confusing word kedua; especial dan especially. Seperti yang disampaikan sebelumnya, especial dan special adalah dua kata serupa tapi tak sama. Especial merupakan adjective (kata sifat), meskipun sifatnya uncommon atau tidak biasa digunakan. Dimana mana mungkin kita banyak melihat special discount dan bukan especial discount. Atau special guess-star bukan especial guess star. Secara bahasa, especial juga berarti pengkhususan, lebih bagus dari yang lainnya (exceptional and noteworthy). Sehingga especial dan especially digunakan untuk mengukur lebih bagus dalam hal kualitas. Contoh dari kata especial:

The teachers choose especial student to get school award / para guru memilih siswa pilihan untuk mendapatkan penghargaan sekolah

You must come to see the massive star-gazing tonight. This is our occasion of especial happiness. / Kamu harus datang nonton bintang bersama malam ini. Ini adalah kesempatan khusus untuk mendapatkan keceriaan.

Selanjutnya, adalah Especially. Kata tersebut termasuk ke dalam adverb (kata keterangan). Especially menerangkan sesuatu yang memiliki kualitas terbaik di antara yang lainnya. Kata keterangan ini sifatnya formal, jika dibandingkan dnegan special. So, kalau kamu hendak menulis jurnal atau surat-surat penting, gunakanlah especially. Untuk menggunakan adverb tersebut, biasanya kita menyandingkannya dengan koma untuk menegaskan makna pengkhususan (exceptionally). Contohnya:

This park is lively of children, especially on weekend / taman ini ramai dnegan anak-anak, khususnya saat akhir pekan

He did especially well in his examination / Ia mengerjakan ujiannya dengan sangat luar biasa

The rain is especially heavy today / Hujan turun begitu lebatnya hari ini

The children seems amazing in their perfomance, especially Rina’s daughter / anak-anak tampak sangat hebat denganpertunjukannya, khususnya anak perempuan Rina

NOTE: dalam teknik menulis, specially maupun especially sebaiknya tidak digunakan di awal kalimat untuk menunjukkan pengkhususan. lebih baik gunakan: In particular. For example:

Diana brought so many stuffs to her camp. In particular, food and drink / Diana membawa banyak sekali barang ke campnya, khususnya makanan dan minuman.

Confusing words lainnya, baca di: Lose vs. Loose

Naah, gampang kan? Yuk belajar lebih banyak lagi bersama LC Kampung Inggris: The right place to learn english. Semoga penjelasan tentang Especially dan Specially ini bermanfaat ya untuk kamu ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *