Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Hal Penting dalam Belajar Bicara Bahasa Inggris

belajar bicara bahasa inggris

Belajar Bicara Bahasa Inggris-Apakah anda menyadari bahwa saat ini, hampir di setiap tempat dapat kita temui tulisan berbahasa inggris. Minimarket, bengkel, toko elektronik, sekolah, perkantoran dan tempat lainnya sangat mudah ditemui kata atau kalimat bahasa inggris. Bahasa asing tersebut kini sudah mengglobal dan menjadi santapan sehari-hari masyarakat Indonesia. Bahkan di kalangan remaja, banyak ungkapan yang sering digunakan sehari-hari dalam bahasa inggris. Misalnya; by the way, get well soon, thank you, come on!, good night, dan lainnya. Maka wajar saja, dalam kancah internasional, bahasa inggris diakui sebagai bahasa internasional. Paling tidak, bahasa inggris memiliki kedudukan khusus di 75 negara dan digunakan di lebih dari 100 negara. Masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang geografi, agama, dan budaya telah disatukan oleh bahasa inggris yang telah disepakati sebagai bahasa internasional.

Era globalisasi semakin membawa penduduk dunia khususnya para pekerja dan pelajar untuk berkompetisi dalam bahasa inggris. Misalkan saja, untuk mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri, sertifikat TOEFL atau IELTS  menjadi persyaratan utama untuk seleksi berkas. Bukan hanya itu, kuliah atau bekerja di negara yang bahasa aslinya adalah bahasa inggris, seperti USA dan Kanada menuntut kita dapat berbicara bahasa inggris. Hal ini berdampak pada banyaknya orang yang berbondong-bondong belajar speaking, baik melalui lembaga kursus bahasa inggris maupun secara otodidak.

Bicara Bahasa Inggris, pengetahuan atau keterampilan?

Bahasa merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan kebutuhan. Oleh karena itu banyak orang mempelajari cara berbicara bahasa inggris sedemikian rupa agar dapat digunakan sesuai fungsinya. Lalu, apakah bicara dalam bahasa inggris termasuk dalam ilmu pengetahuan, ataukah keterampilan?  Dalam psikologi, pengetahuan termasuk dalam cocnitive domain yaitu ilmu yang sifatnya harus di hafal. Sementara keterampilan termasuk dalam motoric domain yaitu ilmu yang sifatnya harus menggerakkan anggota tubuh. Artinya untuk menguasai kita wajib bergerak. Pada akhirnya, jika sudah menguasai maka kita secara otomatis bisa melakukan tanpa berfikir (automatically without thinking). Inilah yang akan menjadi dasar bagaimana cara belajar bicara bahasa Inggris yang efektif, yaitu dengan mempraktekannya langsung.

Seperti saat belajar berenang, menghafal teori gerakan dalam renang kemudian membayangkan dalam pikiran saja tidak cukup. Karena keterampilan berasal dari praktek yang kontinu. Maka, hal pertama yang perlu diperhatikan ketika belajar bicara bahasa inggris adalah, ketika teori grammar, vocabulary, dan pronounciation sudah didapat segeralah praktek bicara. Just speak up! Jangan terpaku dengan anggapan bahwa Anda harus menghapal semua tenses dalam bahasa inggris agar bisa bicara dengan lancar seperti native speaker. Tidak masalah jika masih melakukan kesalahan, yang penting lakukan, just do it, maka dengan sendirinya kita akan terbiasa bicara bahasa inggris.

Tips Belajar Bicara Bahasa Inggris

1. Mempelajari vocabulary dan Grammar

Bahan utama dalam bicara bahasa inggris adalah kosa kata atau lebih dikenal dengan vocabulary. Banyak orang terkendala dalam bicara bahasa inggris karena terbatasnya vocab (read: vocabulary) yang dimiliki. Dalam proses belajar, saat sedang  bicara bahasa inggris dan tiba-tiba ada satu kata yang terlupa bahasa inggrisnya, jangan berhenti bicara dan teruskan saja semampu yang kita bisa. Jeda saat bicara bahasa inggris dapat mengacaukan ingatan kita akan poin-poin yang hendak disampaikan. Lakukan hal yang sama terhadap grammar. Tidak perlu frustasi dengan tata bahasa yang masih berantakan. Karena dengan berlatih terus menerus, secara otomatis kita semakin mahir berbahasa inggris.

2. Mendengarkan lagu atau audiobook berbahasa inggris

Menggunakan seluruh indera adalah hal penting dalam belajar suatu bahasa. Cobalah untuk sering mendengarkan lagu atau audiobook berbahasa inggris. Hal tersebut berguna untuk membiasakan diri  mendengar bahasa Inggris. Selain itu, kita dapat belajar pronounciation atau cara pengucapan dalam bahasa inggris.

3. Menonton film berbahasa inggris

Menonton film merupakan proses belajar yang cukup lengkap dan menyenangkan. Dalam satu waktu, kita dapat mendengarkan cara bicara native speaker atau orang yang berbahasa asli inggris sekaligus mengetahui budaya dan aktivitas yang biasa dilakukan di sana. Cobalah menonton film berbahasa inggris menggunakan subtitle bahasa inggris juga. Sehingga anda tau bagaimana cara mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris. Anda juga sesekali dapat menggunakan subtitle bahasa Indonesia untuk mengetahui maksud percakapan film tersebut.

4. Menulis banyak hal dengan bahasa inggris

Orang bijak mengatakan, “ikatlah ilmu dengan tulisan”. Dengan menulis apapun dalam bahasa inggris, berarti kita sedang menyimpan vocabulary dan grammar dalam otak kita. Jangan takut tulisan anda salah, tapi jangan malu juga untuk mengoreksinya. Karena semakin banyak anda menulis, semakin banyak koreksi, maka anda akan semakin siap berbicara bahasa inggris.

5. Jangan malu untuk bicara

Satu-satunya cara agar anda dapat bicara bahasa inggris adalah dengan berbicara. Kendala terbesar seseorang untuk mulai bicara bahasa inggris adalah takut salah. Dari sana akan muncul ketakutan lain, misal takut ditertawakan orang lain atau bahkan frustasi karena selalu fokus pada kesalahan grammar. Saat belajar bicara bahasa inggris, kesalahan adalah hal mutlak yang tentu ada. Bahkan atlet basket terbaik Michael Jordan mengatakan, “Tembakan Saya telah luput lebih dari 9000 kali, Saya sudah kalah hampir sekitar 300 permainan. 26 kali Saya dipercaya untuk memenangkan pertandingan dan Saya gagal. Saya telah gagal dan terus gagal dalam hidup Saya. Dan karena itulah Saya sukses”. Jadi, jangan malu untuk bicara, karena dengan banyak latihan bicara Anda akan semakin cepat bisa.

Nah sekarang kamu tahu kan pentingnya langsung praktik berbicara. Percuma saja jika kamu hanya belajar teori bagaimana berbicara bahasa Inggris, tetapi kamu sendiri gak mau atau jarang praktik bicara. Di Kampung Inggris Pare, kemampuan bicara Inggris kamu akan lebih cepat terasah karena lingkungan yang mendukung. Terlebih lagi jika kamu tinggal di Camp / asrama LC Kampung Inggris, dijamin kamu bakal semakin cepet  bisa cas cis cus ngomong Inggris. Karena di Asrama / Camp LC Kampung Inggris diterapkan English Area, kondisi ini sangat mendukung kamu menjadi terbiasa dan percaya diri ngomong Inggris.

6. Lakukan berulang-ulang

Segala sesuatu yang dilakukan secara terus menerus tentu akan memberikan hasil yang memuaskan. Tanpa latihan yang kontinu, keterampilan yang sudah kita dapatkan akan mudah hilang.  Buatlah jadwal rutin dengan jenis latihan yang berbeda, misalnya latihan presentasi, mengenalkan diri, wawancara kerja, dan kegiatan sehari-hari lainnya. Anda juga bisa berlatih bersama komunitas atau lembaga kurus bahasa inggris. Dengan begitu, Anda akan memiliki partner bicara bahasa inggris dan semakin memudahkan belajar  bahasa inggris.

Semua Tips diatas akan lebih maksimal jika kamu berada di lingkungan yang pas yaitu Kampung Inggris Pare. Apalagi jika kamu berada di lembaga kursus terbaik di kampung Inggris seperti di Language Center (LC) kampung Inggris.  Teacher yang asyik dan berkompeten, fasilitas asrama yang nyaman, dan berbagai service lainnya yang diberikan LC Kampung Inggris, akan membuat proses belajar kamu menjadi semakin maksimal. Alasan mengapa banyak orang memilih LC Kampung Inggris, bisa dibaca selengkapnya di sini : Mengapa Memilih LC Kampung Inggris.

Tidak lengkap kalau tips ini tidak dipraktikkan. Semoga tips tentang belajar bicara bahasa inggris ini bermanfaat untuk sahabat semua. Yuk, belajar bersama di LC Language Center Kampung Inggris ^^ (RY)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

28 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *