Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Hanged dan Hung

hanged dan hung

Hanged dan Hung – Grammar, atau tata bahasa dalam bahasa inggris memang tak pernah habis dibicarakan. Banyak hal yang bisa kita bahas tentang grammar, karena semakin banyak kita belajar dan berlatih maka kemungkinan untuk error semakin kecil. Salah satu yang sering kita temui adalah confusing word, kata yang seringkali membuat kita bingung. Yang mana yang harus digunakan? Sama halnya dengan dua kata ini: Hanged dan Hung.

Hanged dan Hung merupakan dua bentuk past tense (verb 2)  dan past pasrticiple (verb 3) dari hang. Bisa dibilang, hang sendiri merupakan verb yang unik karena bisa menjadi irregular dan regular. Kita biasa melihat bentuk past dari hang adalah hung, namun jika kita menemui tulisan menggunakan hanged, jangan menganggap itu salah ya! cek dulu ulasan tentang hanged dan hung berikut ini, lalu simpulkan ^_^

Hang, dalam Cambridge Dictionary online, berartito fasten or support something at the top leaving the other parts free to move, or to be held in this way “ atau artiya menggantung sesuatu. Dalam bahasa indonesia, kita biasa mendengar kata benda “hanger” adalah suatu benda yang digunakan untuk menggantung baju. Nah, kata hanger itu diadopsi dari bahasa inggris hang (menggantung), dan hanger (penggantung baju). 

Sedangkan bentuk lampau (past tense) dari hang ada dua, yaitu hanged dan hung. Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, kok bisa ya ada dua bentuk past yang berbeda? Apa ini karena perbedaan aksen bahasa inggris dan amerika? TIDAK. bukan karena aksen melainkan memang terdapat perbedaan arti. Berdasarkan sejarah dalam old english (bahasa inggris kuno), dulu juga ada dua past form dari hang yaitu hon dan hangen. Seiring dengan perkembangannya, bahasa inggris tetap mempertahankan dua bentuk past tersebut ke dalam bentuk hanged dan hung. Meskipun beberapa sumber mengatakan bahwa hanged dan hung keduanya adalah benar, artinya kita bisa menggunakan yang manapun tanpa ada perbedaan arti, namun untuk menghindari misunderstanding, sangat umum jika kita menggunakan seusai makna hanged dan hung.

Hanged

 

Hanged (Cambridge Dictionary Online) : “to kill someone, especially as punishment for a serious crime, by dropping them with a rope tied around their neck, or to die in this way”. Hanged biasanya digunakan untuk menggantung manusia (biasanya menggunakan tali). Kalimat semacam ini bisa kita temui di hukuman-hukuman mati, apalagi di jaman dahulu, hukuman gantung ini sangat populer. Sehingga, dibedakan antara menggantung manusia dan menggantung benda lainnya.

Noted: Hanged >> mengantung manusia

Contoh:

  • He was found guilty and hanged later that year / Dia terbukti bersalah setelah itu dihukum gantung
  • A man who couldn’t settle his debt with a loan shark was found hanged in his room / pria yang tidak bisa membayar hutangnya dengan seorang lintah darat ditemukan tewas gantung diri di kamarnya

Hung

Hung merupakan bentuk lampau secara standar untuk kata hang. Jadi, bisa diartikan hung menggantung sesuatu selain manusia. Misalnya, menggantung baju, menggantung tas, dan sebagainya.

Contoh:

  • Smoke from the factories hung above the village / Asap pabrik terus terlihat di atas desa
  • I hung my clothes neatly right after I used them / Saya menggantung baju-baju dengan rapih setelah menggunakannya

Nah, sahabat kampung inggris, sekarang sudah paham kan apa bedanya hanged dan hung meskipun keduanya merupakan past form dari hang? Hope it will be useful ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *