Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Help atau Assist??

help or assist

It’s a nice time seeing you all. Apa kabarnya sahabat LC Language Center yang masih setia belajar bahasa inggris? Dalam kesempatan kali ini, mari kita eksplor dua kata yang saling bersinonim namun memiliki sedikit perbedaan. Yap, ini dia ‘Help’ dan ‘Assist’. Coba deh kamu buka kamus bahasa inggris-indonesia dan kamu akan temukan bahwa secara arti, dua kata tersebtu memiliki arti yang kurang lebih sama; membantu atau menolong. Lalu, mengapa harus ada dua kata yang berbeda dengan arti yang sama? Karena ternyata, dibalik arti yang persis, Help dan Assist punya penggunaan yang berbeda. Nah, ini berarti kita perlu waspada dalam penggunaan vocab, karena setiap kata harus kita gunakan sesuai dengan konteks kalimat. Misalnya ada pertanyaan berikut:

I’ll help you to bring those books

dan  I’ll assist you with bringing those books 

mana yang betul??

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas Help dan Assist ini lebih jauh lagi.

Help; More informal and flexible

Sekali lagi, Help artinya membantu. Kosa kata ini sangat familiar mulai dari telinga anak SD hingga para profesional, bahwa Help digunakan untuk kalimat seputar menolong atau membantu. Sederhananya, misal “Hi, Fred. Could you help me to give this paper to Miss Ann?” yang artinya Hai, Mas Fred, bisakah kamu menolong  saya untuk berikan tugas paper ini kepada Mbak Ann?

Ya, Help memang digunakan lebih informal. Sifatnya fleksibel, artinya bisa digunakan dalam konteks apa saja yang intinya adalah to make easier for someone by doing part of their work or giving them what they need (membuat urusan seseorang lebih mudah dengan membantu pekerjaan mereka atau memberi sesuatu yang mereka butuhkan). Help tidak terkesan formal, sehingga bisa digunakan kapan saja baik secara tertulis maupun oral.  Contohnya:

She helps children who don’t have parents to get a better education

(Dia menolong anak-anak yang tidak punya orang tua agar bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik)

Secara gramatikal, help punya rumus tersendiri. Umumnya, help digunakan bersamaan dengan TO + INFINITIVE (V1) atau hanya kata dasar INFINITIVE (V1). For example:

I’m glad to see you can help him do his homework

(Aku senang melihatmu membantunya mengerjakan PR)

Ben will help me to catch some frogs for my experiment

(Ben akan membantu saya menangkap katak untuk percobaan)

Assist; A bit formal

Mungkin kamu sering mendengar kata asisten. Misalnya pada asisten dosen, asisten direktur, asisten rumah tangga, dan sebagainya. Kata asisten dalam bahasa Indonesia tersebut merupakan kata serapan dari Assist yang secara bahasa artinya menolong atau membantu. Atau lebih lengkapnya, giving help for someone by doing part of their work (menolong seseorang dengan ikut melakukan pekerjaannya). Misalnya, Mr. James assist his colleague in making appointment with the Minister yang artinya Mas James akan membantu koleganya untuk membuat janji dengan Bapak menteri.

Selain memiliki arti membantu/menolong, Assist memiliki makna yang lebih formal. Artinya, Assist tidak digunakan sembarangan melainkan untuk kondisi yang lebih formal. Dengan kata lain, kalau kamu sedang bicara dengan teman sebaya, akan terkesan kaku jika kamu bilang: “Hey, could you assist me rearranging this room?” So, akan lebih santai kalau kamu menggunakan help dalam kondisi tersebut. Lalu, bagaimana dengan penggunaan Assist? Begini contohnya:

Sir, I’m sure I can assist you in this important research

Pak, saya yakin saya bisa membantu Bapak dalam penelitian yang penting ini.

Assist umumnya juga memiliki rumus dalam menyusunnya ke dalam sebuah kalimat, yaitu: Assist + IN + NOUN  atau  Assist + IN + V-ing atau Assist + WITH + V-ing. Mari kita lihat contoh kalimat berikut:

He can assist the doctor with examining some patients tonight

Dia bisa membantu dokter memeriksa beberapa pasien malam ini

May I assist you in this experiment?

Bolehkan saya membantu Anda dalam percobaan ini?

Nah, sudah jelas kan bedanya penggunaan Assist dan Help? Baca juga tips belajar vocab lain di: Cara Mudah Menghafal Vocab

Well, coba kita ulang ya pertanyaan pertama tadi; I’ll help you to bring those books dan  I’ll assist you with bringing those books. Mana yang betul?? Menggunakan Help atau Assist? You’ve definitely known the truth, haven’t you? Dengan kondisi yang lebih informal seperti itu, pastinya menggunakan kata Help lebih tepat. Semoga bermanfaat ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *