Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Hilangkan Rasa Takut saat Belajar Bahasa Inggris

Hilangkan Rasa Takut saat Belajar Bahasa Inggris

Hilangkan Rasa Takut saat Belajar Bahasa Inggris – Tahukah kamu bahwa menguasai bahasa asing punya banyak sekali efek positif. Selain membuat kerja otak semakin baik dan ‘awet muda’, bisa berbahasa asing membuat kita semakin gaul. Misalnya, dengan jago berbahasa inggris kita bisa membaca berita dari seluruh dunia yang menggunakan bahasa Inggris. Kita juga bisa ngobrol dengan semua orang dari seluruh dunia, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional yang juga digunakan oleh masyarakat dari berbagai negara. Kesempatan kerja dan pendidikan di luar negeri terbuka lebih lebar bagi mereka yang bisa berbahasa inggris. So, jika saat ini kamu belum menguasai bahasa asal Britania itu, satu-satunya yang perlu kamu lakukan adalah: BELAJAR!

Namun sayangnya, dalam proses belajar ini banyak sekali alasan untuk berhenti. Ada yang takut belajar bahasa inggris karena alasan a, b, c, dan seterusnya. Apakah kamu termasuk salah satu yang punya banyak rasa takut saat belajar bahasa inggris? Kalo gitu, kamu harus scroll terus artikel kali ini karena LC Kampung Inggris akan membahas tips bagaimana menanggulangi rasa takut tersebut, sehingga kita bisa terus melaju sampai jago berbahasa inggris. Cekidot!

Apa itu Rasa Takut?

Rasa takut adalah perasaan tidak menyenangkan dengan meyakini bahwa sesuatu itu berbahaya dan mengancam kita. Wah, serem juga ya! Apa sih yang sebenarnya membuat kamu takut belajar bahasa inggris? Kata banyak orang, mereka seringkali takut berbicara bahasa inggris, takut membuat kesalahan saat menggunakan bahasa inggris, takut gagal. Dan akhirnya, isi kepala hanya berisi “I can’t speak english” betul gak?

Bukan hanya perasaan, namun rasa takut itu bisa menjadi suara-suara “menyeramkan” di kepala yang berbunyi “gak akan ada yang ngerti kamu ngomong apa” “udahlah, jangan buang-buang waktu. Jangan mimpi untuk bisa ngomong inggris. Gak bakalan!” “Udah deh, nyerah aja. Susah!” “Ngapain belajar bahasa inggris? Buat apa?” Dan banyaaaak lagi suara negatif yang teeus nyerang saat kita sedang belajar ngomong menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, banyak english learners yang punya pengalaman buruk saat latihan ngomong inggris di kelas atau di depan banyak orang karena rasa takut. Misalnya mengalami sakit perut, deg-degan parah sampai tidak bisa ngomong, tiba-tiba lupa dan blank, malu, bahkan ada yang kabur.

Waduh, rasanya semua efek rasa takut itu bahaya banget ya karena sangat negatif. Dengan mengikuti rasa takut itu, dijamin deh kamu bakal gagal beneran! Jika kamu sepakat bahwa kamu ga bakal berhasil cas cis cus bahasa inggris, maka jangan heran kalau kamu benar-benar merasa sangar sangat sulit dalam belajar. So, move on dari rasa takut dan kalahkan mereka!

Bagaimana Menghadapi Rasa Takut saat Belajar Bahasa Inggris?

Kalo kamu penggemar film Thailand, kamu pasti pernah denger kata-kata ini dari film The Billionaire: “yang salah bisa diperbaiki, yang kurang bisa dilengkapi, asal jangan menyerah. Karena jika menyerah, maka habislah sudah“. Termasuk dalam belajar bahasa inggris. Jika kita sudah menyerah belajar, maka kita gak akan pernah bisa berbahasa inggris. Berikut ini beberapa tips yang bisa sahabat gunakan untuk melawan rasa takut tersebut:

1. Kenali Rasa Takutmu!

Pertama-tama, tanyakan sama diri sendiri. Kenapa sih kamu takut? Misalnya, karena takut orang-orang ngetawain kamu saat ngomong menggunakan bahasa inggris, lupa apa yang akan dibicarakan, tidak mengerti apa yang lawan bicara katakan, takut gak bisa ngomong sama native english speaker, takut salah grammar, kehabisan vocab. Tidak ada salahnya kamu mengidentifikasi apa yang sebenarnya kamu takutkan. Bolehlah, ditulis dan dibuat listnya (kalau banyak). Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi diri lalu memperbaiki semua kekurangan tersebut.

Salah satu contohnya, jika kamu takut ngomong dengan native speaker, kamu bisa memaksakan diri untuk mulai chatting dengan orang asli Amerika dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan memulainya dalam kondisi terpaksa, lama kelamaan kamu akan terbiasa. Dan kamu juga bisa menilai bagaimana ekspresi native speaker ketika kita masih minim vocab. Ini akan mengurangi rasa takut yang sebenarnya hanya ada di kepala dan belum tentu terjadi.

2. Apa yang Terjadi Kalau Kamu Salah?

Setelah mengetahui list apa saja yang kamu takutkan, tanyakan lagi pada diri sendiri. “Kalau saya masih banyak salah saat ngomong english, apa hal terburuk yang bisa terjadi?” Apa yang akan terjadi kalau kita gak ngerti lawan bicara kita dan sebaliknya. Apa yang akan terjadi jika kita kehabisan kata saat ngobrol dengan native speaker. Apakah mereka akan tertawa? Apakah mereka akan memukuli kita dan melaporkan ke polisi? Nope! Percaya deh, itu sangat jarang bahkan belum pernah terjadi.

Yakinkan diri bahwa hal terburuk yang akan kita dapatkan dari membuat kesalahan adalah: kritikan. Dan apakah kritik itu sesuatu yang buruk? Tentu tidak. Karena dengan kritik, justru kita akan semakin baik. Jadikan setiap ‘hinaan’ dan kritikan sebagai penguat. So, just do your best. Jangan hiraukan apa yang orang katakan. Jika salah, perbaiki aja! Untuk bisa menguasai ilmu baru dalam hidup kita, pastinya kita butuh banyak membuat salah. Karena dengan kesalahan, kita bakal belajar menjadi benar.

3. Be Positive

Lawan semua rasa takut dengan positive thinking, positive feeling dan positive action. Kamu bisa memasang tulisan-tulisan motivasi di manapun yang terjangkau mata kita agar tiap kali ada perasaan negative, bisa diredam dengan semangat dari quotes atau kalimat motivasi tersebut. Keep learning and say no to fear!

Sudah puas dengan tips menghilangkan rasa takut saat belajar Bahasa Inggris? Jangan dulu donk! Karena sebaiknya, kamu terus menggali info dan tips belajar bahasa inggris lainnya agar wawasan kamu semakin terbuka dan belajar bahasa inggris semakin efektif dan asik. Keep hitting the books guys!

Baca juga tips belajar lainnya yuk, selengkapnya di: Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Kartun

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *