Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Hindari Kata-kata ini untuk Memberikan Opini dalam Bahasa Inggris

giving opinion dalam bahasa inggris

Hindari Kata-kata ini untuk Memberikan Opini dalam Bahasa Inggris – Pernah ngobrol sama bule? atau chatting sama temen kamu pakai bahasa inggris? kalau suatu hari kamu ditanya sama temen kamu yang sedang pakai baju barunya, “How’s my dress? I made it by myself” kamu akan jawab apa?

a. so so (biasa saja)

b. good (bagus)

c. That’s great. Waw, I just knew that you’re good in making dress (luar biasa. saya baru tau kalau kamu pintar membuat baju)

Kalau kamu pilih a dan b, wah itu berarti kamu perlu baca artikel ini selengkapnya^_^

Karena memberikan opini terhadap sesuatu, sebaiknya tidak menggunakan one word answer atau jawaban hanya dengan satu kata. Why? tentu saja itu membingungkan. Misalnya kamu jawab teman kamu dengan soso (biasa saja). Pasti dalam kepalanya akan muncul pertanyaan, hah? biasa saja? jelek donk? apa bagus? nah, bingung kan. So, setiap menjawab opini, kamu perlu memberikan alasannya. Hal ini untuk memperjelas pendapat kita agar tidak terjadi salah paham. Jadi pastikan kamu tidak menggunakan one word answer berikut untuk memberi opini: OK, yes, good, so so, same, sure, maybe. Karena sekali lagi, jawaban tersebut sangat “ngambang” dan tidak jelas positif dan negatifnya. Kata dan ekspresi lainnya yang perlu dihindari dalam giving opinion in english, adalah:

Of Course

Hm, be careful dalam menggunakan of course. Kenapa? karena of course sifatnya sedikit tidak sopan. Biasanya, of course digunakan untuk menjawab stupid question atau pertanyaan yang jawabannya sudah pasti ada di depan mata. Misalnya seseorang bertanya pada Berlin:

A: Hi, Berlin. This is monday, right? (as the fact this is monday)

B: Of course!

So, hati-hati menggunakan of course, karena dengan intonasi dan wajah yang sedikit aneh, itu menunjukkan cara menjawab yang cenderung tidak sopan.

…… for me

Mislanya nih, kamu lagi makan bakso sama temen. Setelah mencicipi pertama kali, kamu bilang “This meatball is salty for me” well, sebetulnya itu sedikit useless atau tidak berfungsi. Karena kamu sedang ngomongin dirimu sendiri, so kamu cukup katakan “Hmm, it’s salty”

Kecuali, temen kamu di sebelah bilang baksonya tidak asin sama seklai, baru kamu bisa gunakan ekspresi “But this meatball is salty for me”. Berarti, …. for me digunakan untuk menunjukkan kondisi berbeda yang kita rasakan dari orang di sekitar. Got it?

I don’t know

Pasti rasanya kesal kalau kita memberikan informasi, dan teman kita hanya bilang “I don’t know” meskipun karena alasan tidak jago berbahasa inggris, tapi kamu harus tau bahwa penting untuk memberikan detil opini untuk lawan bicara kita. Dengan begitu, percakapan akan terus berlanjut. Coba bayangkan kalau teman kita cerita panjang lebar tentang UFO, dan endingnya kamu hanya menjawab “I don’t know”. Pasti percakapannya akan menjadi quiet dan stop sampai disitu. O, daripada hanya mengatakan “I don’t know” kamu bisa melanjutkannya dengan:

“I don’t know much about UFO, but I’ve ever heard that UFO is like a plate, is that right?”

atau:

“I’ve never thought about that but maybe we can look for more detail information later”

Just so so

Just so so artinya biasa saja. Misalnya, suatu hari kamu diundang jamuan makan malam oleh tetanggamu. ternyata makannya kurang enak, then, beliau bertanya “How does the food taste?” nahlo, kamu mau bilang apa? kalau kamu menggunakan “just so so”, itu terkesan kurang sopan ya. Jadi kamu bisa gunakan it was “interesting”. Ekspresi tersebut lebih biasa digunakan daripada so so. Namun dalam penggunaannya, kamu harus berhati-hati karena It was interesting bisa berarti positif dan negatif.

Pertama, kalau kamu mengatakannya dengan wajah ceria dan intonasi bersemangat, It was interesting berarti hal tersebut betul betul menarik dan bagus. For example, kamu ditanya pendapat “Hey, boy, What do you think about my short movie?” “Wah, that was interesting” (sambil tersenyum dan bersemangat), itu artinya film pendek yang dia buat betul-betul bagus. Berbeda dengan yang Kedua, It was interesting dengan nada datar dan wajah datar bisa diartikan negatif. Artinya bisa biasa saja atau malah kurang bagus. So, hati-hati ya, karena wajah dan intonasi saat bicara bisa menimbulkan arti yang berbeda.

Tips speaking dan conversation lainnya, baca lengkap di: Hal Penting dalam Belajar Bicara Bahasa Inggris

Merasa artikel tentang Memberikan Opini dalam Bahasa Inggris ini bermanfaat? pastinya belajar langsung di kampung unik kampung inggris Kediri jauh lebih bermanfaat. Yuk datang dan belajar conversation di sini ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *