Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Holiday atau Vacation?

holiday atau vacation

Holiday atau Vacation? Pastinya kamu sering mendengar dua kata tersebut. Apalagi, di waktu weekend seperti sekarang ini. Kalau sudah suntuk dengan pekerjaan, sekolah dan kuliah, maunya pergi ‘holiday’ atau ‘vacation’. Nah, sebelum kamu pergi berlibur, mari kita cari tau dulu mana sih yang benar? Holiday kah? Atau Vacation?

Secara bahasa, kalau kita tengok kamus bahasa inggris – Indonesia, baik holiday maupun Vacation, keduanya memiliki arti seputar liburan. Meski begitu, ada perbedaan arti antara holiday dan vacation, terutama karena penggunaannya di negara yang berbeda. Namun keduanya juga bisa digunakan secara sinonim. Baik holiday maupun Vacation bisa digunakan sebagai verb (kata kerja) maupun noun (kata benda). Untuk lebih jelasnya, yuk scroll terus untuk melihat ulasan perbedaan antara holiday dan vacation.

Apa itu Holiday?

Berhenti dari aktivitas rutin sehari-hari bisa disebut sebagai holiday. Di tengah hari libur itu, biasanya orang-orang melakukan kegiatan refreshing. Entah itu piknik, jalan-jalan, atau hanya sekadar beristirahat di rumah. Jika melihat dari struktur katanya, holiday berasal dari kata holy = suci dan day = hari yang berarti satu hari tertentu yang digunakan untuk memperingati hari khusus dalam agama atau kepercayaan tertentu. Oleh karena itu, di berbagai negara bisa jadi holiday (dalam nuansa religius) memiliki waktu yang berbeda. Misalnya, di Indonesia ada peringatan hari raya Idul fitri dan idul adha sebagai hari libur nasional. Di India juga ada Diwali. Dan Di sebagian besar negara juga menjadikan hari raya Natal sebagai hari libur. Namun penggunaan kata holiday bukan hanya sebagai hari libur keagamaan, namun bisa jadi libur yang lain. Seperti, national holiday (lbur nasional karena hari tertentu di negara tertentu), summer holiday (yang biasa menjadi liburan anak-anak sekolah).

Secara gramatikal, holiday bisa menjadi noun yang berarti “liburan” seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Sedangkan sebagai verb, holiday berarti “to take a period of time away from work or study”. Khususnya dalam aksen british english, mereka menggunakan verb holiday sebagai “to spend a period of time to travel”. Atau sederhananya dalam bahasa Indonesia, yaitu pergi berlibur.

Apa itu Vacation?

Kalau tadi kita sudah membahas holiday, maka pertanyaannya, apa yang akan kamu lakukan pada masa holiday? Nah, jawabannya adalah: vacation. Bahkan di negara lain seperti UK (Inggris), mereka menggunakan vacation untuk libur panjang musim panas lalu pergi bersama keluarga. So, bisa dibilang vacation ini adalah liburan dengan makna yang sudah dipersempit. Jika holiday adalah hari libur secara umum, maka vacation adalah liburan ke suatu tempat tertentu dengan tujuan refreshing dari kegiatan rutin dan untuk rekreasi. Vacation juga memiliki makna liburan dengan waktu yang lebih panjang dari holiday. Misalnya, summer vacation yang memiliki jangka waktu libur panjang.

Kesimpulannya, holiday adalah hari libur yang umunya memiliki jangka waktu pendek (satu atau dua hari), sedangkan vacation adalah eksekusi dari hari libur tersebut dengan jangka waktu libur yang panjang, bisa satu minggu, dua minggu, atau beberapa bulan. Namun di banyak negara, mereka juga menggunakan holiday dan vacation sebagai sinonim yang artinya sama-sama liburan.

Nah, sahabat kampung inggris, itu dia perbedaan antara Holiday dan Vacation. Kalau kamu? Mau pergi berlibur ke mana weekend ini?  😀

Sambil mengisi liburan kamu, biar makin fresh dan kece, baca yang satu ini dulu deh: Jago Bahasa Inggris bisa Meningkatkan Level Kegantengan atau Kecantikan Seseorang.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *