Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Idioms About Clean

learn english

Idioms About Clean – Halo sahabat kampung Inggris! Bicara tentang idiom emang gak ada habisnya. Wajar jika bahasa Inghris menjadi bahasa yang dinamis, karena native english speaker cukup kreatif untuk membuat frasa-frasa idiomatik. Apalagi william shakespeare yang terkenal sebagai penulis sekaligus penemu dalam kebahasaan Bahasa Inggris. Banyak juga idiom ala shakespeare yang banyak digunakan dalam pergaulan dan percakapan sehari-hari. Bukan hanya frasa idiomatik shakespeare, tapi banyak juga idiom populer yang bikin kamu tambah gaul, termasuk yang satu ini nih, ada beberapa idiom yang menggunakan kata ‘clean’. Clean merupakan adjective (kata sifat) yang secara general berarti ‘bersih’. Namun, clean punya banyak arti seperti bersih dari polusi, kontaminasi dan penyakit, murni, polos, kinclong, sangat jelas, kosong, selesai, berkeahlian, bebas dari penghalang, bebas dari sifat jahat, dan juga bisa berarti bebas dari obat-obatan atau senjata.

Ada beberapa idiom yang juga menggunakan kata clear, yuk cekidot!

  1. Clean Someone’s plate – Idiom ini berarti memakan semua makanan yang disediakan. Contoh: “Wah, I feel too full to clean your plate / saya terlalu kenyang untuk menghabiskan makanan ini”
  2. Clean (someone’s) clock – mengalahkan seseorang atau mengalahkan lawan secara telak. Contoh: “I saw He cleaned watson’s clock when watson tried to punch him / Saya melihatnya mengalahkan watson ketika watson hendak memukulinya”
  3. Clean as a whistle – menunjukkan bahwa seseorang bebas dari kejahatan atau tindakan kriminal, atau bisa dibilang innocent. Contoh: “In my opinion, Diana is clean as a whistle, I believe that someone slandered her / menurut saya, Diana tidak bersalah, saya yakin dia telah difitnah”
  4. Wipe the slate clean – Idiom ini berarti memberikan seseorang kesempatan kedua, untuk memulai lagi hidupnya dari nol dengan melupakan kesalahan atau masalah yang telah terjadi. Contoh: “At least, she has let me to wipe the slate clean after I lied to her / setidaknya dia memberikan saya kesempatan baru setelah saya berbohong padanya”
  5. Squeaky clean – frasa ini menunjukkan sesuatu yang sangat bersih, atau seseorang yang sangat jujur dan bebas dari sifat jahat. Contoh: “Your work is really impressive! This house now is being squeakly clean / Pekerjaanmu sangat luar biasa! Rumah ini sekarang benar-benar bersih”
  6. Make a clean breast of it – berarti menerima kebenaran. Contoh: “I don’t understand why she still can’t make a clean breast of it / Saya tidak paham mengapa ia masih tidak bisa menerima kebenaran”
  7. A clean bill of health – idiom ini biasa digunakan di pesawat atau kapal sebagai notifikasi bahwa semua penumpang terbebas dari penyakit, dan sehat wal afiat. Namun, a clean bill of health juga bisa berarti sesuatu dalam keadaan normal dari sebelumnya, misalnya saat mobil rusak lali direparasi, maka montirnya akan bilang “we’ve fixed your car, now I can give it a clean bill of health / kami sudah ngebenerin mobil Anda, sekarang mobilnya sudah normal lagi”
  8. Clean potato – merupakan idiom yang digunakan secara informal, yang berarti seseorang yang luar biasa, perfect, tanpa kekurangan apapun. Contoh: “Karen seems like a clean potato. How if I marry her? / Karen tampak sangat sempurna. Gimana kalau saya menikahinya?”
  9. Clean out – berarti membersihkan, bahkan hampir-hampir mengosongkan. Contoh: “you’d better start cleaning out your room or the landlord will get rid of you over here forcefully / sebaiknya kamu mulai mengosongkan kamarmu atau pemiliknya akan memaksamu keluar”
  10. Come clean – idiom satu ini berarti mengungkapkan kejujuran, atau mengatakan sesuatu dengan jujur. Contoh: “Finally, he came clean and tell us all those lies / akhirnya, ia jujur dan mengatakan semua kebohongan itu”

Oke, itu dia 10 idiom tentang Clean! Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga idiom lainnya, baca selangkapnya di: Idioms about world

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *