Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Idioms About Number One

Idioms About Number One

Idioms About Number One – Halo Sahabat Kampung Inggris! Yuk belajar lagi tentang idiom. Kalo dulu kita pernah membahas idiom tentang number atau angka, kali ini kami akan mengulas beberapa idiom yang berkaitan dengan number one, atau angka satu (1). Yo cekidot 😀

1. One way or another – Saat kamu sedang menghadapi suatu problem, atau sedang menyelesaikan pekerjaan yang sulit, kamu tau bahwa sesuatu akan terjadi atau pekerjaan tersebut akan selesai meski tidak tau bagaimana caranya, “one way or another” merupakan ekspresi yang tepat untuk kondisi tersebut. “somehow” atau “entah bagaimana (caranya)” merupakan sinonim dari “one way or another”. Contohnya: “One way or another, I will go back to Japan for sure / entah bagaimana caranya, saya pasti akan kembali ke Jepang”

2. (all) in one breath – Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang berbicara panjang lebar tanpa tanda titik dan koma? Seakan-akan ia berbicara dalam satu hela napas (in one breath). Yap, ekspresi (all) in one breath berarti bicara dengan sangat cepat, khususnya saat seseorang sangat bersemangat. Contoh: “Dave was very excited and told me what happened to him in one breath / Dave sangat bersemangat dan menceritakan apa yang dia alami dengan sangat cepat”

3. Rolled into one – Idiom ini digunakan untuk menyebut seseorang dengan berbagai kapasitas (misal: bisa sebagai fotografer, perenang, ahli hukum, dan koki). Atau bisa juga dibilang, kombinasi. Contohnya: “I know Dian. She’s a lawyer, photographer and singer all rolled into one / Saya kenal dian. Dia adalah pengacara, fotografer sekaligus penyanyi”

4. One of those days – Jika dalam satu hari kamu mengalami masalah terus menerus, bisa dibilang itu adalah hari yang buruk. Kamu bisa bilang: “Oh no, it’s only one of those days / oh tidak, ini adalah hari yang buruk (penuh masalah)”

5. On the one hand – “on the one hand” adalah ekspresi untuk menyatakan bahwa pernyataan atau hal yang disebutkan pertimbangan yang paling utama, dan didahulukan. Biasanya, idiom ini selalu berdampingan dengan “but on the other hand” sebagai pengantar pertimbangan kedua untukpembanding. Contohnya: “On the one hand, making a trip to Thailand on March is really cheap because there are tickets sale off 70%, but on the other hand we don’t have day off enough to go holiday on that day / Sebetulnya, liburan ke Thailand saat bulan maret sangat murah karena ada diskon tiket hingga 70%, tetapi di sisi lain kita tidak punya cukup cuti untuk pergi liburan”

6. One good turn deserves another – Idiom ini mengingatkan kita tentang pentingnya timbal balik. Misalnya, saat seseorang berbuat baik pada orang lain, maka kebaikan tersebut akan kembali padanya suau hari nanti. “I’m so lucky today. An old man help me when I got tripped on the street. It’s true that one good turn deserves another / Saya beruntung hari ini, seorang bapak-bapak menolong saya saat tersandung di jalanan. Ternyata benar bahwa berbuat baik akan selalu ada timbal baliknya””

7. One of a kind – Berarti, unik, spesial, atau seseorang yang memiliki ciri yang tidak dimiliki orang lain. Contohnya: “James is absolutely a sophisticated and also multi-talented assistant. He is one of a kind / James benar-benar asisten yang canggih dan serba bisa. Tidak ada yang seperti dia”

Well, itu dia 10 idioms tentang number one! Semoga bermanfaat dan bisa kamu gunakan dalam percakapan dan tulisan sehari-hari. Keep learning!

Idiom apa lagi yang menarik, coba baca juga yang satu ini: Idiom About World

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *