Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Idioms About Time (Part 2)

Idioms About Time (Part 2)

Idioms About Time (Part 2) – Masih tentang idiom, frasa atau ekspresi yang mengandung makna tersirat dari kata aslinya. kali ini kita akan mengulas kembali idiom tentang waktu, atau dalam bahasa Inggris: Time.  Jangan lupa juga untuk membaca Idioms About Time part 1, selengkapnya di sini.

1. don’t know whether to wind a watch or bark at the moon – Ekspresi idiomatik ini digunakan untuk seseorang yang tidak tau apa yang harus dilakukan. Contoh: “After graduated from university, I don’t know whether to wind a watch or bark at the moon. It’s hard to find either a job or scholarship to continue master degree / Setelah lulus kuliah, saya tidak tau harus ngapain. Selain sulit mencari kerja, juga sulit mendapat beasiswa S2”

2. Eleventh hour – Merupakan waktu di mana sudah hampir telat (last minute). Contoh: “For the sake of god, we saved him at the eleventh hour below the debris  / Bersyukur pada Tuhan, kami bisa menyelamatkan dia di detik terakhir di bawah reruntuhan”

3. Crunch time – crunch time merupakan frasa idiomatik yang berarti detik-detik di mana seseorang harus mengambil keputusan yang berhubungan dengan banyak orang. Misalnya, “He seems to be confused. I know that this crunch time is really hard for him / Dia tampak kebingungan. Saya tau waktu yang sulit ini memang sangat berat baginya”

4. Time flies – Idiom yang satu ini pastinya sangat sering kita dengar. time flies berarti waktu berjalan dengan cepat. Contoh: “Time flies when we were young that we never realized how boring the school was / Waktu berjalan cepat saat kita masih muda sehingga kita tak sadar betapa membosankannya sekolahan”

5. Save time – Save time berarti melakukan sesuatu dengan cepat sehingga masih ada waktu untuk melakukan hal lain. Contoh: “We’ll save time if we finish this work early / Kita akan menghemat waktu jika menyelesaikan pekerjaan ini sebelum deadline”

6. Out of time – Simpelnya, dalam bahasa Indonesia, out of time berarti kehabisan waktu. Contoh: “I was out of time when carried out the TOEFL test / Saya kehabisan waktu saat mengerjakan tes TOEFL”

7. As time goes by – Artinya yaitu seiring berjalannya waktu. Contoh: “As time goes by, You know how to be a  good writer, don’t you? / Seiring berjalannya waktu, kamu tau bagaimana menjadi penulis yang baik, kan?

8. Time is money – Ekspresi yang sangat terkenal ini berarti uang adalah segalanya, maka waktu yang ada sebaiknya digunakan sebaik mungkin, atau kita akan merugi. Contohnya, “It’s no need to attend such a party because time is money / Tidak perlu datang ke pesta karena waktu adalah uang”

9. Time for a change – Yaitu ekspresi yang digunakan untuk berhenti melakukan sesuatu lalu berkomintmen untuk melakukan hal lain yang lebih baik. Misalnya, “After had many problems from smoking, I decided to stop it. It’s tome for a change! / Setelah mendapat banyak masalah karena merokok, saya memutuskan untuk berhenti merokok. Ini adalah waktunya berubah!”

10. Crack of dawn – crack of dawn berarti waktu yang sangat pagi, saat-saat pertama matahari terbit. Dalam bahasa indonesia, Dawn = subuh. Contoh: “Diane always wakes up at the crack of the dawn then makes a bed and helps her mom prepare the breakfast / Diane selalu bangun pagi sekali lalu merapikan tempat tidurnya dan membantu ibunya menyiapkan sarapan”

Nah, sahabat kampung inggris, itu dia 10 Idioms About Time (Part 2) yang bisa kamu gunakan saat percakapan sehari-hari. Semoga bermanfaat 🙂

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *