Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Ini dia Cara Memperkaya Vocab Bahasa Inggris!

Ini dia Cara Memperkaya Vocab Bahasa Inggris!

Ini dia Cara Memperkaya Vocab Bahasa Inggris! Yang mungkin seringkali ditanyakan oleh english learner. Karena vocabulary merupakan dasar dari bahasa inggris. Ketika kita mau membuat kalimat, kita perlu mengetahui vocabnya. Untuk berkomunikasi pun membutuhkan vocab yang tepat di momen yang tepat pula. Namun sayangnya, ada jutaan vocabulary dalam bahasa inggris karena begitu dinamisnya bahasa internasional tersebut. Kita memang tidak wajib menghafal semuanya, namun paling tidak kita bisa menguasai cukup banyak vocab untuk berkomunikasi dengan lancar, sekaligus bisa menerka-nerka arti vocab lainnya berdasarkan konteks kalimat tersebut.

Jika kamu termasuk yang sedang belajar menghafal vocab, LC Kampung Inggris akan memberikan beberapa tipsnya nih. Namun sebelum memasuki tips-tips tersebut, satu hal yang perlu kamu tau bahwa segala sesuatu akan lebih mudah kita jalani jika dilakukan sepenuy hati. So, mungkin hal paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencintai bahasa inggris. Atau paling tidak, kamu nggak takut saat berjumpa dengan kata-kata dalam bahasa inggris. Selanjutnya, mari kita lihat lebih detil tips berikut!

1. Membiasakan Diri Melihat Vocab Baru Lebih Detil

Membaca artikel berbahasa Inggris merupakan salah satu cara untuk memperkaya vocab lebih cepat. Namun yang perlu diperhatikan adalah, bukan hanya membaca namun kita juga harus membiasakan diri mencari tau arti vocab yang baru kita temui, kemudian mencatatnya. Semakin sering kita membaca dengan tema tertentu maka semakin sering kita akan menemui vocab tersebut. Setelah membacanya berulang kali pastinya kita akan mengingatnya. Cara lain, yaitu dengan mencari artikel dengan vocab yang sama tanpa kita cari tau artinya di kamus bahasa inggris. Dengan begitu, kita bisa menerka-nerka arti vocab tersebut berdasarkan konteks kalimat. Cara ini bisa membuat kita otomatis mengingat vocab baru.

2. Sering Membaca Kamus dan Thesaurus

Kamus bahasa inggris, siapa sih yang gak tau? Saat ini sudah ada kamus bahasa inggris online yang sangat memudahkan penggunanya dalam belajar bahasa inggris. Untuk memperkaya vocab, sebaiknya kamu sering-sering membuka kamus bahasa inggris online karena sebagian besar kamus tersebut menyediakan definisi kata dalam bahasa inggris pula (kamus english-english). Nah, dengan begitu kamu bisa mempelajari banyak vocab sekaligus. Selain kamus online, ada juga thesaurus yang bisa kamu dapatkan secara online pula. Thesaurus merupakan kumpulan sinonim kata bahasa inggris. Dengan mempelajari persamaan kata, kita tidak perlu banyak melakukan pengulangan diksi saat menulis atau bercakap-cakap.

3. Belajar Setiap Hari

Banyak orang mengatakan bahwa lebih baik fokus pada proses daripada hasil. Sama halnya dengan belajar vocab, jangan terpaku pada harus menghafal banyak vocab dalam sehari namun sebaiknya menghafal sedikit-sedikit namun dengan cara yang berkualitas dan dilakukan setiap hari. Misalnya, menghafal maksimum 10 vocab atau phrase dalam sehari dirambah membaca artikel berkaitan atau menggunakannya dalam tulisan. Saat ini juga banyak website dan aplikasi belajar bahasa inggris di smartphone yang memiliki fitur “word of the day” agar setiap hari, ada vocab baru yang kita pelajari. Dan, ada satu tips lagi nih bagi kamu pengguna google chrome. Dengan menambahkan content/extensions “word of the day” di chrome webstore, lalu pilih konten sumber vocabnya (seperti merriam-webster, dictionary.com, wordsmith.com), kita bisa melihat list vocab baru saat membuka hompage google chrome kita.

4. Membaca, Mendengar dan Menonton

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa membaca adalah cara ampuh memperkaya vocab bahasa inggris. Bacalah berbagai genre buku. Setiap kali bertemu dengan vocab yang kamu tidak tau artinya, coba lihat konteks kalimat dan tebak artinya. Setelah itu, barulah cek dalam kamus untuk mengetahui apakah tebakan kamu benar atau tidak. Sama halnya ketika kita mendengarkan podcast maupun video berbahasa inggris. Kita bisa melihat caption atau textnya lalu pelajari vocabnya.

5. Gunakan Vocab Barumu

Jangan hanya dibaca lalu dihafal, tapi gunakan vocab baru kamu, entah dalam tulisan ataupun saat bicara dengan orang. Dengan menggunakannya, berarti kita sedang menanam vocab tersebut dalam otak agar tidak mudah lupa. Sama halnya dengan anak-anak yang merupakan native english speaker. Mereka belajar kata-kata dengan menggunakannya sehari-hari, maka di usia muda tentunya mereka sudah lancar berbahasa inggris. So, gunakan vocab barumu untuk update status facebook, blog, caption instagram, atau email ataupun snail-mail.

6. Belajar Prefix dan Suffix

Sebelumnya, kita telah membahas apa itu prefix dan suffix. Prefix adalah imbuhan awal (awalan) sedangkan suffix imbuhan akhir (akhiran). Selain itu, ada juga root yang merupakan kata dasar. Misalnya, root prepare (verb; mempersiapkan) dengan tambahan suffix preparation (noun; persiapan). Root use (verb; menggunakan) dengan tambahan suffix useful (adjective; berguna).

7. Ngobrol atau Chatting dalam Bahasa Inggris

Saat ini, sudah banyak aplikasi dan website chatting untuk mencari teman baru dari berbagai negara. Misalnya interpals.net di website ataupun anygram di android. Dengan menemukan partner chatting atau ngobrol dengan mereka tang berbahasa inggris akan membantu kita menguasai vocab yang sudah dipelajari. Jangan takut ketika menemui vocab baru saat ngobrol, kamu bisa bertanya pada mereka “sorry, what does (the word) mean?”

Nah, selebihnya adalah: enjoy yourself! Karena belajar bahasa inggris itu haruslah asik dan menyenangkan, sehingga kita tidak tertekan apalagi terpaksa. Semoga tips memperkaya vocab bahasa inggris ini bisa membantu sahabat kampung inggris semua ya šŸ™‚

Baca juga: Ujian Bahasa Inggris, Siapa Takut?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *