Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Inikah 5 Alasan Kamu Nggak Pede Ngomong Inggris?

Inikah 5 Alasan Kamu Nggak Pede Ngomong Inggris

Inikah 5 Alasan Kamu Nggak Pede Ngomong Inggris? – Sulit memang beradaptasi dengan bahasa baru. Sebut saja bahasa inggris. Maklum saja, karena kita memang terbiasa dengan bahasa ibu, yaitu bahasa Indonesia. Butuh waktu lama untuk bisa menguasai bahasa internasional tersebut. Sama halnya seperti pertama kali kita menjadi bayi dan mempelajari bahasa pertama, yaitu mendengar, menulis, berbicara dan membaca. Maka, belajar bahasa inggris pun merupakan sebuah proses. Namun bukan berarti tidak mungkin kok, asalkan kita mendedikasikan diri setiap hari untuk belajar, pasti suatu hari bisa cas cis cus bahasa inggris.

Salah satu tips agar cepat bisa berbahasa inggris adalah, kita harus pede ngomong inggris. Tapi sayangnya, seringkali kita nggak pede ngomong bahasa inggris karena berbagai alasan. Kami mengungkap setidaknya ada 5 kendala besar yang menghalangi seseorang untuk berani ngomong bahasa inggris. Dengan begitu, kamu bisa menghindarinya lalu melakukan hal sebaliknya. yuk, cekidot ^_^

1. Takut Salah

Di kampus akan ada tamu dari USA dan kamu harus jadi LO nya mereka. Otomatis, kamu harus ngobrol inggris donk. Apakah kamu akan membatin… “Duh, gimana donk nih, mau ngomong apa? Nanti kalo salah gimana? Kalo mereka nggak ngerti saya ngomong apa, bagaimana?” dan sederet pertanyaan yang itu belum tentu terjadi. Hemmm, kalau iya, sebaiknya kamu mulai belajar mengendalikan emosi dan berbalik arah menjadi berani bicara!

Kesalahan adalah hal yang wajar. Jika kamu kebingungan dengan apa yang mereka katakan, kamu bisa bertanya “sorry what is ….. ?” atau “Sorry, could you repeat that?” atau pun kita bisa bertanya apa yang kita tidak tahu “what do you say “merica” in english?” dan sebagainya. Merasa takut salah hanya akan membuat kita terpuruk dalam ketidakmampuan. Di sisi lain, kita jagus harus berusaha berbicara sebaik mungkin, itulah mengapa kita harus tetap belajar dan belajar. Ibaratnya, saat kita belajar berenang ya harus coba berenang. Belajar masak ya harus coba memasak. Dan saat belajar bahasa inggris, ya harus mencoba bicara bahasa inggris, meskipun pada awalnya masih banyak kesalahan.

2. Malas Menghadapi Kesulitan

Kesulitan adalah hal yang pasti ada dalam proses belajar. Dalam menghadapi kesulitan, ada dua pilihan: 1) melewatinya atau 2) menghindarinya. Jika kita menghadapi dan melewatinya, maka semakin banyak ilmu yang kita miliki. Dan semakin banyak ilmu, makan hal kemarin yang kita katakan sulit, esok akan tampak sangat mudah. Sedangkan jika kita menghidarinya, maka kita hanya akan menambah kesulitan pada diri sendiri.

3. Minim Vocab dan Phrase

Mungkin ini adalah hal dasar mengapa kita takut ngomong inggris. Karena kita tidak tau apa yang akan kita katakan. Solusinya sangat mudah, pelajari banyak vocab setiap hari dan sering-seringlah membaca dan mendengar sumber-sumber berbahasa inggris. Catat vocab yang kamu belum ketahui lalu gunakan untuk membuat kalimat baru sehingga kita akan hafal berbagai vocab baru.

4. Negative Thinking

Berfikir negatif hanya akan membuat kita semakin takut. padahal, siapa yang akan mentertawakan kita saat biacar bahasa inggris di kelas? Apakah native speaker juga akan menertawai kesalahan kita? Paling-paling, mereka hanya bertanya lagi tentang apa yang barusan kita katakan. Be positive! katakan pada diri sendiri bahwa bahasa inggris itu mudah, dan setiap kesalahan bisa diperbaiki. Kekurangan bisa dilengkapi.

5. Tidak Ada Partner Belajar

Partner belajar merupakan hal penting dalam proses belajar bahasa inggris. Misalnya saja saat belajar writing. Kita butuh seseorang yang sudah jago bahasa inggris yang bisa melakukan assesment atau penilaian terhadap tulisan kita. Apalagi speaking, paling tidak kita butuh partner bicara untuk mengoreksi kita. Kamu bisa temukan partner belajar dengan berbagai cara. Mulai dari belajar bahasa inggris online, yang biasanya speaking dengan partner belajar melalui video chat, ataupun kursus bahasa inggris dan belajar langsung dengan tutor yang ahli. Salah satu tempat yang tepat belajar bahasa inggris yaitu di LC Kampung Inggris Pare. Di sini, kamu bisa bertemu dengan banyak siswa lain yang juga bersemangat untuk belajar bahasa inggris. Try this deh ^_^

Nah itu dia 5 Alasan Kenapa Kamu Nggak Pede Ngomong Inggris. yuk lawan rasa takut dan nggak pede. ganti dengan aura positif dan ngomong aja. Just speak up!

Masih nggak pede? Baca ini: 10 Cara agar Cepat bisa Berbahasa Inggris

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *