Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Inilah 10 Cara Agar Cepat bisa Berbahasa Inggris

10 Cara Agar Cepat bisa Berbahasa Inggris

Inilah 10 Cara Agar Cepat bisa Berbahasa Inggris – Bicara soal cepat atau lambat, itu sih relatif. Ada yang menganggap belajar 1 bulan itu cepat, ada juga yang beranggapan satu bulan adalah waktu yang lama untuk hanya belajar bahasa inggris. So, sebaiknya kita fokus pada apa yang kita kerjakan tiap hari. Selama kita rutin latihan, latihan dan latihan, dijamin deh akan cepat jago bahasa inggris. Namun paling tidak, ada 10 cara yang bisa membantu kamu untuk mempercepat waktu belajar. Maksudnya bukan mempersingkat jam belajar ya (karena semakin lama kita belajar, akan semakin matang). Namun belajar bahasa inggris kamu selama ini akan jadi lebih efektif. Yuk kita simak tipsnya 🙂

1. Tarik Nafas, lalu SPEAK UP!

Pernah kan, merasa nervous saat akan mau speaking. Meskipun di depan kaca. Semakin kita memikirkan bagaimana nanti saat bicara bahasa inggris, maka kita akan semakin nervous (grogi). Just try speaking more, cobalah untuk bicara, bicara, dan bicara lebih banyak menggunakan bahasa inggris. Coba deh, kalau kamu masuk kelas english, entah itu di sekolah ataupun di tempat kursus bahasa inggris, hitung berapa kali kamu ngomong bahasa inggris. Sampai di rumah, berapa kali ngomong bahasa nggris? Evaluasi lalu tambah lagi intensitas ngomong english-nya. Semakin kita banyak speaking semakin kita mengerti bagaimana speaking dengan baik.

2. Jangan katakan “I don’t Speak English”

Kamu kan lagi belajar bahasa inggris, makanya kamu mencoba berbicara dalam bahasa tersebut. Betul? Nah itu dia yang penting: Speak up! Analoginya begini, apakah kamu bilang “aku nggak bisa masak” lalu kamu nyerah dan nggak pernah lagi kembali ke dapur. atau, kamu bilang “aku nggak bisa pakai komputer apalagi menjalankan programnya” lalu kamu berhenti menggunakan komputer dan kembalike mesin tik. Tentu bukan itu yang kamu lakukan, right? Kalau kita menemui kesulitan, solusinya adalah coba lagi dan belajar lagi, bukan malah meninggalkannya. So please don’t say “I DON’T SPEAK ENGLISH”. Misalnya kamu bertemu dengan orang asing (foreigner), jangan katakan I don’t speak english, tapi ganti dengan alternatif berikut:

  • “I am learning English. Could you speak a little slower?” / saya sedang dalam proses belajar, bisakah bicara lebih pelan?
  • “I’m sorry, I didn’t understand.” / Maaf, saya tidak mengerti (apa yang kamu katakan)
  • “Could you repeat that?” / Bisakah kamu mengulanginya?
  • “So, you’re saying that…. [rephrase what you heard]” / Jadi, kamu mengatakan bahwa…. (menegaskan apa yang baru ia katakan)
  • “What does _________ mean?” / Apa artinya ……

3. Jangan Mentranslate Kata per Kata

Menerjemahkan setiap kata dalam bahasa inggris ke dalam bahasa Indonesia akan menghabiskan banyak waktu dan memperlambat progress kita. Jika setiap kita mendengar kalimat lalu menerjemahkannya kata per kata, kita tidak sedang belajar bahasa inggris namun sedang belajar menerjemah. Ketika kita mendengar seseorang bicara bahasa inggris, ada dua hal yang kita lakukan:

  • Dengarkan baik-baik kata-kata yang memang kita paham artinya
  • Pahami kalimat secara kontekstual. Misalnya, ketika kita mendengar “The city has so many ubiquitous street vendors. So you can find the unique and cheap traditional food everywhere”. Jika kamu tidak tau arti ubiquitous, bisa melihat petunjuk lainnya; misalnya 1) ubiquitous ada sebelum noun, berarti ini adjective 2) kalimat setelahnya menunjukkan mereka ada di mana-mana (everywhere) 3) perhatikan juga kalimat sebelum dan sesudah nya. Kombinasi ini akan memungkinkan kamu mengetahui apa itu ubiquitous, dan sejenisnya.

4. Melatih Telinga untuk Mendengar dan Mengerti

Kita perlu FOKUS dan MENDENGARKAN dengan baik. Latihlah telinga kita untuk mendengarkan kata-kata yang kita ketahui artinya. untuk apa? agar kita terbiasa mendengar. Karena dengan begitu ketika orang bule bicara kita akan paham maksudnya. Jangan fokus pada grammar ataupun satu kata yang kita tidak ketahui artinya. Itu akan memperlambat belajar bahasa inggris. Dengarkan musik, TV, nonton film. Dengarkan baik-baik bagaimana orang-orang membuat kalimat, frasa, dan lainnya. Jika kita melatih telinga kita terbiasa dengan bahasa inggris, kita akan secara otomatis mengerti pembicaraan yang panjang dan cepat seperti para native english speaker. Kita tidak akan bisa fasih bicara bahasa inggris jika hanya fokus pada satu kata yang sulit saja. Pelajarilah vocab, lalu dengarkan lagi, dan seterusnya seperti itu untuk mengatasi keterbatasan vocabulary.

5. Jangan Takut Salah

Rasa Takut bisa membuat kita berhenti belajar bahasa inggris.  Coba renungi pertanyaan ini:

  • Apakah kamu berpikir bahwa orang-orang di kelas akan menertawakanmu saat kamu bicara bahasa inggris?
  • Apakah kamu jago grammar tapi tidak bisa ngobrol dalam bahasa inggris?
  • Apakah kamu menghindari native speaker atau orang-orang yang bahasa inggrisnya lebih bagus dari kamu?

Stop being so afraid to speak English! Kamu harus tetap speaking. Keep calm, santai saja. Kamu harus berhenti berpikir “Gimana kalo nanti….” Daripada berpikir negaif semacam itu, lebih baik kamu action. speak up. No one is perfect. Tidak ada satupun orang sempurna, semua tetap bisa melakukan kesalahan. Semakin sering kamu melakukannya maka akan semakin kamu bisa. So, stop being afraid of making mistakes.

6. Terus Mencoba. Jangan Menyerah

Tahukah kamu bahwa setiap atlit profesional berlatih berkali-kali hingga mereka jago. Mereka tidak dilahirkan dalam wujud seorang atlit, mereka harus melalui latihan, rintangan, tantangan, kegagalan, dan berkali-kali seperti itu. Tidak ada juara renang dan juara sepakbola, bahkan mike tyson pun semua melakukan latihan setiap hari. Jika mereka para jawara, berhenti berlatih, skill mereka akan semakin menurun, dan mereka akan mulai melakukan banyak kesalahan. Artinya apa? Practice makes perfect! latihan akan membuat grafik kita semakin naik. Semakin sering kita latihan speaking, writing, reading dan listening english, maka akan semakin kita bisa melakukannya dengan baik.

7. Siapkan Mini Notebook, Catat Hal Penting

Catat setiap frase, kata, dan kalimat yang baru kita dengar. Mengapa? Karena setelahnya kita akan mempelajarinya. Apa artinya? Bagaimana mengucapkannya? Kapan digunakan? dsb. Next time, ketika kita membutuhkannya kita akan langsung mengingatnya.

8. Stop Negative Self-Talk

Apakah kamu suka bicara sendiri, atau berpikir negatif tentang belajar bahasa inggris? Misalnya:

  • Kamu gak akan bisa belajar bahasa inggris
  • Kenapa yansaya selalu membuat kesalahan? Saya emang bodoh!
  • Saya gak tau apa yang akan saya katakan. Bahasa inggris memang susah!

Jika IYA, maka itu namanya negative self-talk atau bicara hal negatif pada diri sendiri. Bagaimana mengatasinya? Pertama, akui saja bahwa kita memang sedang dalam kondisi yang negatif . Kedua, Ubah statement kita, contohnya:

negative >> Saya gak akan bisa belajar bahasa inggris

positif >> Bahasa inggris emang susah, tapi saya akan terus mencoba. Saya yakin suatu hari saya pasti bisa!

Menjadi pribadi yang positif bisa membantu proses belajar kamu lebih cepat.

10. Try Something New

Apakah selama ini kamu belajar dengan cara yang sama saja? kuno? membosankan? coba hal baru! perubahan sangat bagus lho buat mereka yang sedang belajar. Hal tersebut akan membuat kamu fresh, berkembang, dan lebih cepat progressnya. Apa aja sih hal baru yang bisa kamu coba?

  • English podcast
  • Belajar bahasa inggris online
  • Dengerin musik bahasa inggris
  • Nonton acara TV berbahasa inggris
  • Menonton video youtube berbahasa inggris
  • Lakukan pertukaran bahasa dengan native speaker
  • Chatting dengan teman baru dari luar negeri ataupun dalam negeri yang sama-sama suka bahasa inggris
  • Kursus di Kampung Inggris Pare

Baca juga: Pilih Grammar atau Speaking?

Nah itu dia penjelasan lengkap tentang 10 Cara Agar Cepat bisa Berbahasa Inggris. Semoga bermanfaat, dan don’t stop learning yaaa ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *