Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Kampung Inggris, Kampung Intelektual

kampung inggris kampung intelektual

Kampung Inggris, Kampung Intelektual- Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, intelektual berarti kecerdasan atau sesuatu yang dilakukan berdasar ilmu pengetahuan. Intelektual sangat identik dengan keilmuan dan para pelajarnya. Banyak tempat intelektual yang bisa kita temui, misalnya di Universitas, di Sekolah, di Lembaga riset, dan sebagainya. Berbeda dengan tempat sakral tersebut, di Kabupaten Kediri terdapat sebuah kampung intelek. Kampung yang di dalamnya kental dengan suasana belajar dan dipadati ribuan anak muda hingga orang tua yang semuanya belajar bahasa inggris. Kampung itu dikenal dengan Kampung Inggris Pare. Entah siapa yang menjuluki kampung ini dengan sebutan kampung inggris, bahkan perintisnya, Muhmammad Kalend Osen pun tidak tahu tentang julukan ini. Nama kampung inggris muncul begitu saja dari orang-orang yang melihat ada banyak sekali lembaga kursus bahasa inggris di kampung ini. Hingga 2015, ada lebih dari 110 tempat kursus bahasa inggris dan bahasa asing lain seperti bahasa jerman, korea, jepang, mandarin, dan lainnya.

Inilah salah satu alasan mengapa Kampung Inggris disebut sebagai kampung intelektual, karena ada ratusan lembaga kursus dan ribuan pelajar yang berdatangan tiap bulannya. Ditambah dengan sistem belajar yang intensif di banyak lembaga, maka kampung ini semakin menunjukkan atmosfer belajar yang sangat kuat. Lokasi kampung inggris yang terletak di kecamatan Pare, Kabupaten Kediri ini tidak membuat para pelajar dari luar Pare bahkan luar Jawa merasa malas, bahkan mereka sangat bersemangat datang jauh-jauh ke Pare untuk belajar bahasa inggris. Di tempat ini, mereka menemukan lingkungan yang sangat kondusif untuk belajar inggris. Wajar saja, karena kemana mata memandang pasti sangat mudah melihat anak-anak muda sedang ngobrol dalam bahasa inggris.

Selain suasana belajar, kampung inggris juga punya suasana yang nyaman dan tenteram. Cocok bagi mereka yang fokus untuk belajar atau sekadar menenangkan diri. Tidak pernah ada keributan di kampung ini, bahkan relatif aman untuk pelajar yang datang dari luar daerah. Baru-baru ini, bahkan Polres Kediri berinisiatif membuat pasukan khusus Brigadir Kampung Inggris untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan di kampung inggris. Hal tersebut dirasa sangat perlu mengingat banyaknya pelajar di sini dari berbagai latar belakang. Dengan beragamnya penduduk di kampung inggris akan sangat memungkinkan kejahatan terjadi. Jadi, kehadiran Brigadir Kampung Inggris ini diharapkan kampung inggris tetap terjaga kenyamanannya.

Aktivitas di Kampung Inggris

Kampung intelektual, pastinya punya beragam aktivitas yang juga identik dengan ilmu pengetahuan. Ya, tentu saja kampung ini dipadati dengan kegiatan utamanya, yaitu belajar. Bukan hanya belajar bahasa inggris, namun juga bahasa asing lainnya. Seperti asrama khusus bagi yang belajar bahasa arab sangat tampak kental dengan aksen arabnya, termasuk lingkungan dan tempat belajar. Bukan hanya bahasa, tapi kampung inggris juga menyediakan kursus lain seperti kursus komputer. Intinya, kampung ini seperti sebuah pusat belajar bahasa bagi semua pelajar dari berbagai daerah di Indonesia.

Belajar di kampung inggris merupakan aktivitas yang menyenangkan. Banyak siswa yang awalnya membenci bahasa inggris kemudian bertemu dengan banyak metode belajar yang menyenangkan di kampung inggris, dan akhirnya mulai suka dengan bahasa asal Britania ini. Sistem belajar di kampung inggris yaitu serious but fun, alias serius tapi tetap menyenangkan. Selain tempat belajar yang nyaman seperti di kampung halaman sendiri, juga para tutor kampung inggris yang kebanyakan adalah anak muda. Pikiran muda dan fresh tentunya membuat sistem pengajaran di kampung inggris menjadi lebih menyenangkan.

Selain belajar di kelas, kampung intelektual ini juga penuh dengan diskusi. Berbagai tema didiskusikan entah dalam bahasa indonesia, bahasa inggris maupun bahasa asing lainnya. Beberapa tempat untuk berdiskusi yaitu di kelas ataupun forum informal yang dibuat sendiri berdasarkan inisiatif para pelajar di sini. Bahkan, obrolan yang terjadi di kampung inggris pun lebih intelek, karena mereka menjadikan ngobrol bahasa inggris sebagai budaya. Meskipun tidak 100% full dengan bahasa inggris, namun kebiasaan ini akan terus mengasah keahlian berbahasa inggris para siswa.

Aktivitas yang tak kalah menyenangkan adalah silaturahim di kampung inggris. Mulai dari para siswa yang awalnya tidak kenal hingga sangat akrab seperti kawan lama, sampai forum silaturahim seluruh lembaga kursus di kampung inggris. Dengan adanya silaturahim inilah yang membuat suasana kampung inggris sangat nyaman dan penuh kekeluargaan.

Apa saja ya aktivitas lain di kampung inggris pare kediri ini? baca selengkapnya di:  7 Hal yang Kamu Dapat Di Kampung Inggris Selain Belajar English

Penasaran dengan Kampung Intelektual Kampung Inggris? langsung saja kunjungi kampung yang khas dengan bahasa inggris ini, dan buktikan sendiri serunya aktivitas belajar di sini. Sampai jumpa ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *