Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Kamu Guru Bahasa Inggris? Coba Permainan ini untuk Sarana Belajar Seru

10 Permainan untuk Belajar Inggris Seru

Kamu Guru Bahasa Inggris? Coba 10 Permainan ini untuk Sarana Belajar Seru, karena belajar bahasa Inggris tidaklah harus membosankan, serius, bahkan tanpa berkedip sedetikpun. Belajar suatu bahasa haruslah dibuat semenarik dan sehepi mungkin. Karena banyak anak-anak bahkan orang tua yang takut belajar bahasa asing karena dirasa sulit. Namun, jika mereka sudah hepi dan enjoy dengan belajar suatu bahasa, maka proses belajar jadi lebih mudah.

Ada banyak metode untuk mengajarkan bahasa inggris, misalnya dengan aplikasi belajar bahasa inggris, atau games online maupun offline berbahasa inggris, menggunakan lagu untuk belajar bahasa inggris, atau melalui permainan bersama teman-teman dan guru di sekolah maupun tempat kursus bahasa Inggris. Nah, kali ini LC Kampung Inggris akan mengulas beberapa permainan fisik yang bermanfaat khususnya bagi kamu para guru bahasa inggris.

Permainan merupakan salah satu aktivitas menarik dalam belajar bahasa inggris. Jika Anda mengajar bahasa inggris, entah untuk anak kecil maupun orang dewasa, permainan bisa menghidupkan suasana belajar. Ditambah lagi, permainan bisa bikin murid-murid Anda ‘ketagihan’ belajar bahasa Inggris dan ingin terus belajar. Permainan-permainan ini bisa Anda lakukan sebelum kelas dimulai sebagai permulaan, atau saat proses belajar untuk memberikan semacam ice breaking saat materi yang Anda ajarkan cukup berat.

1. Board Race

Permainan ini sangat sering digunakan dalam belajar mengajar bahasa inggris, kuhususnya untuk meningkatkan memori vocabuary yang sudah diajarkan sebelumnya pada siswa . Board Race juga bisa dilakukan di awal sebelum materi dimulai agar siswa terlibat aktif di kelas. Permainan yang satu ini cocok untuk menguji apa saja yang siswa Anda ketahui tentang pelajarannya.

Jenis permainan: Mengulang vocab dan grammar

Peserta: Semua tingkat dan semua umur

Teknis permainan: Sebaiknya board race dimainkan oleh 6 siswa atau lebih. Cara permainannya yaitu:

  • Bagilah kelas menjadi dua kelompok besar dan berikan spidol berwarna pada masing-masing kelompok. Jika kelas Anda terdiri dari banyak sekali siswa, bisa dibagi menjadi 3 atau 4 kelompok.
  • Buat garis vertikal di tengah papan tulis, lalu tulis topik di bagian atas papan tulisnya
  • Selanjutnya, para siswa dari masing-masing kelompok harus menulis sebanyak kata yang diminta oleh guru. Kata tersebut harus berhubungan dengan topik yang telah ditentukan. Sesi ini dilakukan dalam bentuk kompetisi antar kelompok, sehingga Anda juga harus menentukan limit waktunya.
  • Setiap kelompok mendapat poin untuk kata yang benar. Kata-kata yang tidak berhubungan dengan topik dan salah ejaan tidak mendapat poin.

2. Simon Says

Permainan ini sangat cocok untuk anak-anak. Biasanya, permainan ini selalu bikin ketagihan dan anak-anak tidak mau berhenti bermain.

Jenis permainan: Listening, vocabulary

Peserta: anak-anak, semua umur

Teknis permainan:

  • Anda, sebagai seornag guru, berdiri di depan kelas dan menjadi seorang Simon dalam permainan ini. Pastikan semua siswa juga berdiri di tempatnya.
  • Selanjutnya, katakan ‘simon says’ dilanjutkan dengan gerakan tertentu. Misalnya ‘simon says stand up’ maka semua peserta harus berdiri.
  • Sesekali, Anda katakan gerakannya tanpa ada ‘simon says’, maka siswa yang melakukan gerakan akan duduk dan berarti telah kalah. Pemenangnya adalah siswa yang tetap berdiri hingga akhir.
  • Agar lebih menantang katakan lebih cepat, dan pastinya semua dalam bahasa Inggris.
  • Anda juga bisa menantang salah satu siswa Anda untuk menjadi Simon dan memberi instruksi seperti yang Anda lakukan, lalu berikan hadiah pada siswa tersebut.

3. Hangman

hangman game

Hangman merupakan permainan klasik, dan pastinya banyak dari kita yang sudah tau permainan ini. Permainan Hangman bisa jadi permainan favorit siswa, namun juga mudah membosankan. Oleh karenanya, Anda bisa melakukan permainan ini dalam waktu sekitar 5 menit agar tidak terlalu boring, hanya untuk warming up atau ice breaking di kelas.

Jenis permainan: Warming up atau Ice beraking

Peserta: Berapapun dan siapapun, khususnya anak-anak

Teknis permainan:

  • Tentukan satu kata, lalu tuliskan di papan tulis menggunakan garis putus-putus untuk menunjukkan jumlah hurufnya. Selanjutnya, di bawah garis putus-putus tersebut tulis angka agar mempermudah siswa menebak.
  • Ajak siswa agar menebak huruf dalam kata yang Anda tentukan tadi. Jika tebakan hurufnya benar, maka tulis di atas garis tadi. Jika tebakan hurufnya tidak ada di dalam kata tersebut, tulis di space yang kosong lalu mulai menggambar orang digantung (hanging man)
  • Siswa terus menebak hingga kata yang Anda tentukan tadi tertebak, berarti siswa menang. Atau tebakannya salah hingga gambar hanging man selesai, berarti siswa kalah.

Nah, itu dia permainan yang bisa dilakukan saat mengajar bahasa inggris. Nantikan permainan berikutnya, OK!

Baca juga permainan berbasis online games yang bisa bermanfaat dalam belajar bahasa inggris, selengkapnya di: Games Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *