Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Kamus Bahasa Inggris, Penting Gak Sih?

pentingnya kamus bahasa inggris

Belajar bahasa inggris itu gampang-gampang susah, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Ada yang bilang kalau grammar itu materi paling susah, yang lain bilang bahwa untuk bisa speaking bahasa inggris lah yang paling sulit. Beda orang, tentu beda kemampuan, ada yang memang suka dengan bahasa inggris, ada juga yang membencinya mati-matian. Jadi gak masalah ya kalau pendapat kita berbeda tentang belajar bahasa inggris. Yang terpenting adalah, sesulit apapun menurut kita, tapi tetap semangat belajar bahasa internasional itu.

Kalau mau bisa, ya harus belajar. Bagaimana caranya? tentu banyak sekali metode belajar bahasa inggris yang bisa kita gunakan. Materi bahasa inggris juga tidak akan ada habisnya, jadi kamu tidak perlu bingung mau belajar apa setiap harinya. Hal pertama yang penting untuk dipelajari adalah vocabulary. Vocab ini sama dengan kosa kata dalam bahasa Indonesia. Jumlahnya ada jutaan, mulai dari yang formal hingga informal. Vocab ibarat batu bata yang digunakan untuk menyusun sebuah bangunan. Tanpa vocab, kita tidak bisa membuat suatu kalimat sempurna. So, kalau kamu pingin banget jago ngomong bahasa inggris, mulailah dengan menghafal sebanyak mungkin vocab dalam bahasa inggris.

Pasti muncul pertanyaan selanjutnya. Gimana caranya menghafal jutaan vocab? Pertama, tentu saja kamu tidak menghafalnya dalam waktu satu hari. Butuh waktu yang panjang untuk belajar. Sama halnya ketika kamu belajar bicara bahasa ibu, bahasa Indonesia. Kamu butuh waktu paling tidak tiga tahun untuk bisa mengucapkan “ayah”. Betul? Bahkan mungkin banyak orang Indonesia yang kurang familiar dengan “gawai” sebagai bahasa Indonesia dari gadget atau “penatu” yang merupakan bahasa Indonesia dari laundry. Artinya, untuk bisa menghafal vocab dalam bahasa inggris bukan dengan waktu yang instant satu atau dua hari. Kedua, gunakan dalam conversation atau speaking english sehari-hari. Minimal, untuk bicara di depan cermin, gunakanlah bahasa inggris untuk mengasah vocab. Ketiga, akarab dengan kamus bahasa inggris. Ya, meskipun tebal dan tidak semenarik novel atau komik, tapi kamus bahasa inggris adalah teman sejati saat kita belajar bahasa inggris. Saat tidak tau arti kata “gunting” misalnya, tinggal kita buka kamusnya dan akan kita dapatkan kata “scissors” disana.

Akrab dengan kamus sangat membantu kamu saat belajar bicara bahasa inggris. Saat bicara kemudian ada vocab yang terlupa, kamu bisa langsung membuka kamus dan mencari vocab tersebut. Dalam beberapa kamus juga menyediakan tenses dalam bahasa inggris yang memudahkan kita untuk belajar grammar. Agar lebih simpel, kamu bisa menggunakan kamus saku atau biasa disebut pocket dictionary. Saat ini, kamus bahasa inggris sudah dibuat lebih canggih dan sangat memudahkan, yaitu dengan kamus elektronik seperti Alfalink atau kamus offline gratis di smartphone kita.

Mau tau apa aja aplikasi keren bahasa inggris? Baca lengkap di: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Nah, sudah terjawab kan, Kamus Bahasa Inggris itu Penting gak sih? Jawabannya pasti penting banget. Bahkan, seorang penerjemah professional saat menerjemahkan, jika lupa beberapa kosa kata pasti akan membuka kamusnya. Apalagi kita yang masih pemula dalam belajar bahasa inggris. Jadi, jangan ragu unuk membuka kamus yaa 🙂

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

13 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *