Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Kawasan Wisata Surowono, Wisata Lengkap yang ada di Kampung Inggris Pare

wisata candi surowono

Hai, kamu saat ini sedang berada di Kampung Inggris atau masih merencanakan untuk mengunjungi kampung yang bisa memberimu sejuta kenangan indah ini? Kalau kamu saat ini ada di Kampung Inggris pasti sudah pernah berkunjung ke kawasan wisata surowono yang terletak di Desa Canggu, Pare bukan? Setidaknya jika belum mengunjungi keseluruhan tempat ini kamu pasti sudah pernah datang untuk menyusuri gua surowono saja atau sekedar berfoto dengan situs sejarah candi surowono tanpa mengelilingi keseluruhan kawasan ini. Kalian yang sudah pernah kesini pasti sudah tau seperti apa kawasan wisata surowono, tapi jika kalian belum pernah datang ke tempat ini berikut kami berikan informasi mengenai kawasan wisata surowono mulai dari candi, gua dan juga kolam renangnya. Check this out ^^.

1. Candi Surowono

Terletak di Desa Canggu kecamatan Pare, kamu bisa sampai ke tempat ini menggunakan sepedah onthel dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menitan. Jangan bayangkan bangunan candi dengan struktur yang besar dan utuh seperti candi Borobudur ataupun Prambanan, di sini kamu akan mendapati candi kecil berukuran 8×8 meter yang sudah tidak utuh lagi. Tapi tenang walaupun hanya berukuran 8×8 meter di candi surowono ini kamu tetap bisa menikmati wisata sejarah dengan melihat ukiran-ukiran relief yang masih bisa dilihat dibeberapa bagian candi yang merupakan hasil karya peninggalan sejarah sebagai tempat penyucian Raja Wengker, yang merupakan Raja bawahan dari masa kerajaan Mojopahit ini. Pepohonan dan rerumputan hijau yang mengelilingi candi ini menambah keindahan dan membuat suasana di sekitar candi menjadi sangat asri dan sangat sayang jika tidak berfoto dengan mencari angel terbaik ketika kalian berada di sini. Untuk masuk ke candi Surowono ini tidak ada harga tiket masuk yang ditetapkan, kalian hanya akan dimintai sumbangan sukarela saja.

2. Gua Surowono

Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah gua surowono. Konon gua surowono merupakan  jalan rahasia para prajurit kerajaan ketika menghindar dari musuh, dan juga dibangun sebagai saluran pengairan pada masa kerajaan Kediri. Terdapat empat lorong utama yang siap menawarkan keseruan dan juga akan menantang selama melakukan perjalanan di sini. Kalian tidak bisa begitu saja memasuki gua sembarangan, kalian harus menggunakan jasa pemandu yang merupakan warga setempat agar tidak tersesat ketika kalian sedang menyusuri gua surowono ini. Di dalam gua ini terdapat aliran air yang akan membuat perjalan kalian semakin seru, jadi kalian harus siap basah-basahan ketika masuk ke gua ini. Hal yang akan menantang kalian ketika menyusuri gua surowno ini adalah kalian harus menyusurinya dengan berbagai macam posisi, mulai dari lorong pertama kalian masih bisa berdiri tegak ketika melewatinya walaupun aliran airnya cukup deras. Pada lorong yang kedua kalian harus merunduk agar bisa melewatinya tanpa menyentuh langit-langit gua dengan catatan kalian akan semakin basah karena air yang kalian lewati akan semakin tinggi. Pada lorong yang ketiga kalian akan dibuat semakin basah karena kalian harus melewatinya dengan cara berjongkok, sangat seru bukan? Oh iya untuk kalian yang memilki trauma dengan gelap ataupun memiliki gangguan pernafasan dangat disarankan untuk tidak memaksakan diri ikut menyusuri gua demi kebaikan diri kalian ya guys. Kalian hanya perlu membayar sebesar Rp 4000 saja untuk menikmati keseruan di dalam gua, dengan rincian Rp 2000 untuk parkir sepedah atau sepedah motor dan Rp 2000 untuk jasa pemandu.

wisata gua surowono

3. Kolam Renang Surowono

Tempat ketiga yang bisa kalian kunjungi di kawasan wisata ini adalah kolam reang. Lokasinya kurang lebih 100 meter dari gua surowono. Terdapat dua kolam renang kecil untuk anak-anak dan satu kolam untuk dewasa dengan kedalaman yang bervariasi. Untuk kamu yang memiliki hobi berenang tempat ini bisa menjadi salah satu altenatif untuk menyalurkan hobimu selama berada di Kampung Inggris Pare.

Nah, itu tadi guys informasi mengenai kawasan wisata surowono yang bisa kami sampaikan. Ketika kamu berada di Kampung Inggris kamu tidak akan bingung kok mencari tempat wisata yang bisa menemani akhir pekanmu. Semakin penasaran dengan Kampung Inggris? Yuk buruan datang ke sini, ke Kampung Inggris Pare ^^.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 

3 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *