Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Kesalahan Umum Pronunciation

kesalahan umum dalam pronunciation

Kesalahan Umum Pronunciation – Halo sahabat kampung inggris! kali ini, kita akan membahas berbagai kesalahan dalam pronunciation. Sebelumnya, apakah sobat sekalian tau, betapa pentingnya pronunciation? salah pengucapan bisa juga salah arti lho. Makanya, agar kemampuan speaking english kita semakin baik, bunyi saat mengucapkan kata atau kalimat harus diperhatikan. Coba kamu dengarkan cara bicara native speaker dan non-native speaker. Tentu ada perbedaan antara keduanya. Tapi jangan khawatir, dengan sering mendengar mereka bicara melalui video, radio, telpon, atau podcast akan membantu kamu bisa bicara seperti native speaker. Dan, tidak ketinggalan dengan belajar pronunciation yang tepat.

Oleh karena itu, mari kita bahas apa saja sih kata yang biasanya salah pengucapan? let’s check it out!

1. Halloween – kata tersebut merupakan salah satu perayaan hari libur di Amerika yang jatuh pada 31 Oktober tiap tahunnya. Halloween berasal dari “Hallowes Evening” yang berartinya “Sore hari yang dibuat menjadi sore yang suci”. kata “hallow” berasal dari bahasa inggris kuno, “halig” yang artinya “holy”. yang perlu diperhatikan dari kata halloween yaitu suku kata pertama, kita mengucapkannya dengan /HAL-O-WEEN/ dan bukan  /hol-lo-ween/.

2. hierarchy – artinya yaitu hirarki, atau urutan/tingkatan. kesalahan yang sering terjadi dalam pengucapan hierarchy yaitu, seharusnya ada empat suku kata /HI -ER-AR-KY/ dan seringkali orang salah menyebutnya dengan tiga suku kata /hi-ar-ky/.

3. library – Perpustakaan. Perhatikan bahwa pengucapan yang seharusnya adalah /LI-BRAR-Y/, sedangkan banyak yang salah mengucapkan dengan /li-ber-ry/.

4.  medieval – abad pertengahan. Perlu diperhatikan bahwa kata medieval memiliki empat suku kata untuk diucapkan /MED-EE-EEVAL/ atau /MEE-DEE-EEVAL/. huruf E pertama lebih pendek /med/ atau lebih panjang /meed/ dari huruf E kedua. Kesalahan yang biasa terjadi yaitu pengucapannya menjadi /meed-eval/.

5. ask – artinya yaitu bertanya, atau meminta sesuatu. Kesalahan yang sering terjadi pada kata ask yaitu pengucapan menjadi /aks/. padahal, S berada di depan K sehingga yang tepat yaitu /ASK/

6. cache – kata cache berasal dari bahasa Prancis. Cache merupakan tempat atau suatu benda yang tersembunyi dan mungkin bisa digunakan suatu hari nanti. Pengucapan yang tepat yaitu /KASH/, dan bukan menjadi /ka-shay/.

7. candidate – kandidat, atau calon. Hal yang sering terlewatkan yaitu huruf D pertama tidak dibunyikan sehingga menjadi /kan-i-date/, padahal bunyi yang teoat yaitu  /KAN-DI-DATE/.

8. chaos – dalam bahasa Inggris, ejaan “ch” ada 3 pengucapan, yaitu: 1) /TCH/ seperti dalam mengucapkan church, 2) /K/ seperti dalam mengucapkan Christmas dan 3) /SH/ dalam kata chef. bunyi nomor 1 adalah yang paling umum, karena berasal dari bahasa inggris asli. Bunyi “ch” yang nomor 2, /k/ merupakan bunyi yang berasal dari yunani. Sedangkan nomor 3 yang paling jarang digunakan dan diadaptasi dari bahasa Prancis modern. CHAOS berasal dari bahasa yunani, sehingga kita menyebutnya dengan /KAY-OS/ dan bukan /tchay-os/.

9. clothes – Baju, atau pakaian. Tidak terlalu banyak kesalahan, namun perlu diperhatikan bahwa ejaan TH memiliki bunyi, artinya bukan silent word. So, pronunciation yang tepat yaitu  /KLOTHZ/ bukan /kloz/.

10. Etc. – merupakan istilah bahasa latin, kepanjangan dari et cetera, sama artinya dengan dan lain lain. kesalahan dalam pengucapan seringkali terjadi dalam singkatan ini. seharusnya kita menyebut Etc. dengan /ET CET-ER-A/, namun masih banyak yang menyebutnya dengan /ex cet-er-a/. Untuk menyingkatnya pun, masih banyak kekhilafan, yaitu dengan menulis ect. padahal yang tepat adah etc.

Nah, itu dia berbagai Kesalahan Umum Pronunciation. pastikan kamu sering membuka kamus atau online dictionary yang memiliki fitur audio, sehingga bisa tau pronunciation yang tepat dari tiap kata. Keep Practicing ^_^

Baca lagi tentang pronunciation? Baca selengkapnya di: Hindari 10 Kesalahan Pronunciation ini

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *