Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Langkah-langkah Menguasai Grammar

langkah-langkah menguasai grammar

Langkah-langkah Menguasai Grammar – Bahasa adalah alat komunikasi. Maka, berbicara adalah  cara komunikasi, menulis pun juga cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Karena berbicara dan menulis mengandung pesan tertentu, maka pesan tersebut bukan hanya harus mengandung kata demi kata, namun juga susunan grammar yang tepat. Dengan tanda baca dan grammar yang benar, maka pesan akan tersampaikan juga dengan baik. Sebaliknya, kata yang hanya tersusun tanpa grammar akan sulit dimengerti, atau bahkan salah persepsi. Prinsip ini berlaku untuk bahasa manapun. Misalnya, dalam bahasa Indonesia saja, jika kita ingin mengatakan bahwa kita lapar maka seharusnya kita mengatakan “Saya mau makan”. Tanpa aturan grammar, bisa saja kita bilang “Mau makan saya” namun apa artinya sama?

Yap, sama halnya dengan bahasa Inggris. “My mom is eating” dengan “My mom was eating” punya makna berbeda. Yang pertama ibu saya sedang makan sekarang, sedangkan yang kedua ibu saya sedang makan di waktu yang lampau. Bisa satu jam yang lalu, seminggu yang lalu, atau sebulan yang lalu. Maka, mempelajari grammar akan membuat tulisan dan cara bicara kita dimengerti oleh orang lain.

Belajar menguasai grammar, tidak melulu harus belajar dengan native english speaker langsung di negara asing, juga tidak harus kursus mahal. Dengan beberapa strategi, ketekunan dan kemauan, menguasai grammar bisa dilakukan secara mandiri atau otodidak. Berikut ini kami sampaikan beberapa langkah untuk menguasai grammar yang bisa kamu praktikkan langsung. Cekidot!

Belajar Grammar dari Sumber yang Benar

Apapun yang kita pelajari, memang harus belajar dari sumber yang benar. Di Indonesia, kita bisa mendapatkan materi-materi grammar dari buku di sekolah, beli buku grammar di toko buku, atau buku dari lembaga kursus jika kita kursus bahasa inggris ataupun mendapatkannya dari banyak situs di Internet yang menyediakan oanduan belajar grammar berbayar maupun gratis.  Jika Anda sudah terbiasa dengan bahasa Inggris, Anda juga bisa belajar menggunakan mater-materi berbahasa inggris yang dibuat langsung oleh native english speaker. Biasanya, mereka juga punya forum-forum untuk mendiskusikan frasa, kalimat, dan tulisan secara grammatikal. Kita bisa mengetahui grammar yang benar, mana kalimat yang bisa digunakan dalam situasi formal atau informal, dan sebagainya. Belajar grammar dari sumber yang benar adalah langkah awal bisa berbahasa inggris yang tepat secara gramatikal. Jika dari awal salah, maka bisa jadi selamanya persepsi grammar kita juga akan salah.

Belajar Hal Dasar

Berdasarkan pengalaman banyak orang tua yang menekankan bahasa inggris pada anak-anaknya sejak usia dini, biasanya anak-anak tersebut akan lebih mudah menyerap materi bahasa inggris hingga mereka bisa berbahasa inggris aktif di usia remaja hingga dewasa. Pada usia sekolah dasar hingga menengah pertama, anak-anak ini diajarkan materi bahasa inggris dasar seperti part of speech (noun, verb, adjective, adverb, article, pronoun, preposition, conjunction, interjection) dan cara membuat kalimat sederhana hingga macam-macam tenses. Dengan menguasai dasar bahasa inggris sejak awal, maka mereka akan lebih mudah mempelajari hal yang lebih kompleks dalam bahasa Inggris. Sama halnya dengan Anda yang berada dalam usia berapa pun, sebaiknya juga belajar bahasa inggris dari basic, baru belajar yang kompleks.

Membandingkan Tipe Grammar dari Satu Tulisan ke Tulisan yang Lain

Saat membaca tulisan tulisan berbahasai inggris yang berbeda, kita akan menemukan pola-pola penulisan grammar yang bisa jadi berbeda. Semakin sering kita membandingkan tulisan tersebut, kita akan semakin memiliki gambaran yang lebih luas tentang grammar. Saat Anda membacanya, Anda juga bisa mengulas sedikit dengan mencaritau materi grammar tersebut di text book. Misalnya, di sebuah tulisan kira-kira Anda menemukan adanya dependent dan independent clause, maka Anda bisa membuka kembali materi tersebut dan melihatnya lebih detil. Ini akan membantu kita mengingat materi dan tidak mudah lupa. Jika suatu saat kita bertemu soal-soal grammar di TOEFL, IELTS atau teshasa inggris lainnya, aktivitas membandingkan grammar ini sangat berguna sebagai panduan atau patokan tipe grammar tertentu.

Membaca dan Terus Membaca

Jika kita belajar teori renang, maka praktiknya adalah berenang. Namun untuk bisa berenang, kita harus melihat dulu caranya berenang dari orang lain. Sama halnya dengan belajar grammar. Jika kita ingin menguasai grammar, maka kita harus sering membaca. Dengan membaca, kita akan tau bagaimana orang membuat tulisan dengan grammar yang benar. Saat kita bisa menyerap pesan dalam tulisan tersebut, berarti secara gramatikal tulisan tersebut sudah benar. Nah, bacaan macam apa yang sebaiknya kita baca? Anda bisa membaca tulisan formal atau tulisan dengan grammar yang baik dan benar, seperti koran, jurnal ilmiah, dan tulisan non-fiksi.

Temukan Apa Kekurangan Anda

Dalam mempraktikkan grammar, biasanya seseorang akan terus menerus melakukan kesalahan dalam beberapa aspek. Misalnya, ada yang selalu salah dalam tenses, ada yang selalu salah di penggunaan conjunction, dan sebagainya. Nah, bisa jadi Anda juga memiliki kekurangan di beberapa poin. Ketahui kekurangan itu dan berusaha memperbaiki dengan mencarinya via website yang menyediakan koreksi grammar, atau membuka kembali panduan grammar yang Anda miliki.

Latihan Menggunakan Grammar

Apalah arti belajar tanpa latihan? Gunakan media sosial, blog, skype atau video chat, dan lainnya untuk mempraktikkan grammar Anda. Jangan hanya membaca atau mendengarkan orang lain dengan penguasaan grammar mereka, namun pastikan Anda juga melatih diri sendiri dengan grammar yang baik dan benar. Di manapun dan kapanpun, latihlah diri anda untuk terus menulis dan berbicara (meskipun dengan diri sendiri) dalam bahasa inggris, tentunya dengan grammar yang benar.

Second Opinion atau Tutorial

Meskipun kita sudah memutuskan untuk belajar otodidak, sebaiknya kita juga meminta orang lain –bisa guru atau teman yang juga memiliki skill berbahasa inggris- untuk melakukan tutorial atau mengajarkan bahasa inggris pada kita. Bisa jadi, pandangan orang lain akan berbeda sehingga ada masukan baru tentang grammar. Sama halnya jika kita menulis, maka tulisan kita juga akan mendapatkan koreksi maupun ide baru untuk menjadikan tulisan yang lebih sempurna.

Realistis

Tidak jarang, english learners dari Indonesia sangat ingin (ngebet) bisa berbahasa inggris dalam waktu cepat. Ini bukanlah hal yang realistis. Belajar grammar, jika kita bukan native english speaker, akan membutuhkan waktu yang lama. Dan pastinya, akan ada banyak kesalahan grammar saat kita menulis. Pertama-tama, terimalah kesalahan tersebut dan jangan takut berbuat eror. Dengan semakin sering membuat kesalahan maka kita akan memperbaikinya dan mengetahui pola grammar yang lebih banyak lagi.

Oke, sahabat Kampung Inggris! itu dia beberapa langkah untuk menguasai grammar. Pastikan Anda terus latihan menulis dan berbicara menggunakan grammar yang benar. Semoga bermanfaat 😀

Baca juga: Pentingnya Belajar Grammar.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *