Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Leader vs. Boss

leader vs boss

Leader vs. Boss Belajar bahasa inggris, bukan hanya mengharuskan kita menghafal berbagai vocabulary (kosa kata), namun juga menuntut kita paham bahwa antara satu kata dengan kata lain yang mirip atau pun sinonim (interchangeably), ternyata memiliki sedikit perbedaan. Termasuk dua kata ini; Leader vs. Boss. Dua kata tersebut sering digunakan secara sinonim karena punya arti yang hampir sama, yaitu sama-sama “pemimpin”, alias orang yang memimpin sebuah tim, atau secara hierearki, mereka punya level yang lebih tinggi atau paling tinggi dalam sebuah organisasi. Seperti apa perbedaan detilnya? Mari kita simak ulasan LC Kampung Inggris kali ini. Have a look guys!

Arti dan Penggunaan Leader

Leader, yang berarti pemimpin, punya makna sesuai namanya, yaitu orang yang bisa memimpin. Secara lebih mendalam, leader adalah orang yang punya kemampuan untuk memotivasi anggota – anggotanya. Seorang pemimpin biasanya punya sifat terbuka terhadap perubahan. Mereka menerima kritik, ide, dan tantangan bahkan dari anggota mereka sekalipun yang punya level hierarki yang lebih rendah. Seorang leader bukanlah boss, sehingga leader tidak membully atau semena-mena memarahi bawahannya, tapi malah mendorong anggotanya untuk bekerja lebih baik lagi. Dalam istilah leader, dia (leader) disukai dan dihormati oleh bawahannya karena sikapnya sebagai seorang pemimpin dan bukan hanya karena lebih senior atau pangkat lebih tinggi.

Arti dan Penggunaan Boss

Boss adalah istilah yang digunakan untuk seseorang dengan tingkat senioritas atau jabatan yang tinggi dalam suatu organisasi. Berbeda dengan leader, boss hanya diakui dan dihormati karena level jabatannya, dan bukan karena kualitasnya sebagai pemimpin. Istilah boss ini memang cenderung negatif. Makanya kita punya istilah bossy yang merupakan adjective (kata sifat) dengan arti menyuruh-nyuruh orang lain terutama dalam posisi tidak memiliki hak untuk menyuruh. Nah, kalau boss ini memang punya hak untuk menyuruh karena punya pangkat lebih tinggi. Tapi biasanya, para boss akan menggunakan otoritasnya itu untuk menekan bawahannya bekerja dengan baik sehingga ia akan tampak memberikan sumbangsih yang besar bagi berjalannya organisasi atau perusahaannya.

Nah, sahabat kampung inggris, antara Boss dan Leader keduanya punya inti yang sama, di mana masing-masing punya level hierarki atau jabatan yang lebih tinggi dari anggotanya. Dan mereka punya hak / otoritas lebih untuk mengorganisir anggota timnya. Namun mereka berbeda dalam pelaksanannya. Leader mendorong anggotanya, sedangkan boss membully dan memarahi mereka (bahkan semena-mena). Leader menerima kritikan dan saran, boss bekerja semaunya sendiri. Leader dihormati dan disukai karena jabatan dan kualitas diri serta karakternya, sedangkan boss hanya dihormati karena senioritas dan jabatannya. Jika seorang leader memberi contoh yang baik dan inspirasi pada anggotanya, maka boss memberi rasa takut agar timnya bekerja. Kalau kamu, mau pilih yang mana? Mau jadi Leader atau Boss?

Bagaimana? Sudah mengerti kan perbedannya Leader dan Boss? Bagi teman-teman yang suka bingung dengan confusing words, belajarlah menggunakan kata-kata yang membingungkan itu dalam kalimat. Lalu biasakan diri. Membiasakan diri berarti berlatih sesering mungkin sehingga kita bisa menggunakan berbagai vocab tanpa harus berpikir. Namun jangan sampai takut salah untuk menggunakan vocab ya, karena bahkan native english speaker sekalipun masih bisa berbuat kesalahan saat berbicara atau menulis bahasa inggris. Yang penting adalah: latihan, latihan, dan latihan. Good luck!

Hmmm, belajar confusing words sudah, bagaimana dengan collocation? Penasaran? Jangan lewatkan ulasannya di: Apa itu Collocation?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *