Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Life atau Live?

perbedaan life dan live

Life atau Live? Halo sahabat kampung inggris! Kalau sebelumnya kita pernah membahas perbedaan dead dengan death, soal kematian, maka kali ini mari kita membahas soal kehidupan, yaitu dalam vocab yang satu ini: Life dengan Live. Kedua kata tersebut memiliki perbedaan dalam penggunaannya, juga kelas katanya. Life yang berarti kehidupan adalah noun (kata benda), sedangkan Live bisa berarti verb (kata kerja) yang berarti hidup / tinggal. Bisa juga menjadi adjective. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini. Ceikdot 😀

Apa itu Life?

Dalam kamus bahasa Inggris Oxford, life yang merupakan uncountable noun digunakan untuk membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati. Sesuatu yang hidup (life) berarti punya kehidupan atau “being alive”, seperti bisa bernapas, bertumbuh dan berkembang, bisa jalan, bergerak, dan sebagainya. Seperti halnya tanaman, hewan dan manusia. Selain being alive, life juga berarti masa hidup  atau masa aktif sesuatu, misalnya masa hidup manusia bisa sampai 60 tahunan, atau juga bisa digunakan untuk masa aktif objek yang dikonsumsi atua digunakan atau dioperasikan. Dan terakhir, digunakan untuk menyebut kehidupan secara umum. Yuk kita lihat contoh-contoh dari penggunaan life:

  • It seems they have good life now / Kelihatannya mereka punya kehidupan yang baik sekarang.
  • How can you lose my cat? It is my life and the only one which can be my friend along day / Bagaimana bisa kamu menghilangkan kucing saya? Ini adalah kehidupan saya (sangat berarti buat saya) dan satu-satunya yang bisa menjadi teman saya sepanjang hari.
  • Rudy is a coffee-freak. coffee is the most important part of his life. I think he could’t stand without it / Rudy adalah penggila kopi. kopi adalah bagian terpenting dalam hidupnya. Saya pikir dia tidak akan bisa bertahan tanpa kopi.
  • When I want to buy smartphone, I should know how long its life to be used / Saat saya akan membeli smartphone, saya sebaiknya tau berapa lama masa pakai smarthone tersebut untuk digunakan

Apa itu Live?

Live memiliki beberapa penggunaan kelas kata. Pertama, sebagai verb, Live berarti hidup (tidak mati) atau “to have life, to be alive”. Selain hidup, live juga digunakan dengan arti tinggal di suatu tempat atau residence yang permanen. Dan juga, live digunakan sebagai kata lain dari “cope” atau bertahan dalam kondisi yang tidak enak atau kondisi sulit. Contoh kalimat menggunakan live sebagai verb:

  • Doctor told him that he may live for less than a few months only because of his brain cancer / Dokter megatakan pada dia bahwa dia hanya bisa hidup kurang dari beberapa bulan saja karena kanker otak.
  • I decided to live in Bali because of my work / Saya memutuskan tinggal di Bali karena pekerjaan saya.
  • Although she told me to stay longer, I can’t live with it anymore! / Meskipun dia menyarankan agar saya tinggal lebih lama, saya tidak bisa bertahan dengan semua ini.

Selain verb, Live juga digunakan sebagai adjective (kata sifat). Yaitu bisa berarti sesuatu yang hidup, seperti live animal. Atau juga sesuatu yang nyata, misalnya live example (contoh nyata). Dan juga, biasa digunakan dalam dunia industri hiburan, live berarti langsung dan bukan delay atau rekaman. Contoh kalimat menggunakan live:

  • Mr. Andrew will never let us bring live animals into his home / Mr. Andrew tidak akan pernah mengijinkan kami membawa hewan hidup ke dalam rumahnya.
  • Tiara is a live example who can be success without being rich at first / Tiara adalah contoh nyata bahwa seseorang bisa sukses tanpa menjadi kaya terlebih dulu.
  • I went for a live show of Kick Andy yesterday. That was so inspiring! / Saya menghadiri pertunjukkan langsung Kick Andy kemarin. Sungguh sangat menginspirasi.

Oke sahabat kampung inggris, sudah tau kan bedanya life dengan live? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sahabat  semua 😀

Dan  Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar bahasa inggris lewat idiom-idiom terkenal dan keren di sini

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *