Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Lose vs. Loose

lose vs. loose

Lose vs. Loose – Hi there, apakah kamu masih suka bingung dengan vocab dalam bahasa inggris yang punya kemiripan tulisan atau kemiripan arti? Namanya juga confusing words (kata-kata yang suka bikin bingung), makanya sering kali ada common mistakes (kesalahan umum yang sering terjadi) akibat adanya kebingungan-kebingungan tersebut. Contoh sebelumnya ada penggunaan misused, disused, dan unused yang juga membingungkan para penonton. Nah, kali ini mari kita bahasa dua kata yang sering kali banyak orang salah kaprah. Lose dan Loose. Hanya dibedakan oleh satu saja huruf O. Hebat bukan? hanya dengan satu huruf bisa merubah segalanya ^_^

Lose dan Loose sama halnya seperti quite dan quiet, atau a while dan awhile, juga adapt – adept – adopt, sama-sama memiliki kemiripan secara komposisi huruf. Namun hati-hati, mereka semua adalah kata yang berbeda. Khusus untuk Lose dan Loose, mereka memiliki berbagai perbedaan mendasar. Perbedaan tersebut bisa kita kategorikan dalam definisi, tata bahasa (gramatikal), penggunaan, dan pronunciation (cara pengucapan). Oke, marilah kita bahasa satu per satu berbagai perbedaan tersebut:

1. Perbedaan Definisi Lose dan Loose

Dalam translasi bahasa inggris – Indonesia, Lose memiliki arti kehilangan, kalah, atau melewatkan sesuatu. Dalam kamus Longman Dictionary of American English (2000), Lose memiliki definisi be unable to find something, fail to see, hear or understand, have less of something. Contoh:

  • She lost her weight in last 3 weeks /Berat badannya turun dalam waktu tiga minggu
  • I lose my purse. It seems someone has stolen it / Aku  kehilangan dompet. Sepertinya seseorang telah mencurinya.
  • Unfortunately, they lose this game / Sayang sekali mereka kalah dalam permainan ini
  • Joy lost her way in the forest / Joy kehilangan arah (nyasar) di hutan

Sedangkan Loose memiliki arti longgar, goyah, mudah terlepas, tidak terkontrol. Longman (2000) mendefinisikan Loose sebagai not firmly fastened, free from control.  Contoh:

  • The skirt is too loose for me / roknya terlalu longgar untuk saya
  • I have to catch the loose cattles every morning / saya harus menangkap ternak yang kemana-mana setiap pagi
  • It would be great to buy him oranges in a pack. But they are cheaper loose / Akan sangat bagus kalau membelikannya jeruk satu pak. Tapi akan lebih murah beli satuan (bukan yang sudah di pak)
  • We took photos with loose styles / Kami mengambil foto dengan gaya bebas

2. Perbedaan Secara Gramatikal

Lose merupakan verb (kata kerja), sehingga bisa kita terkait dengan tenses, misalnya:

  • I lose my books
  • I lost my books
  • I have lost my books

Sedangkan Loose bukanlah kata kerja melainkan adjective (kata sifat). Adjective menerangkan benda. So, gunakan loose untuk menjelaskan bahwa benda tersebut tidak terkontrol, longgar, goyah, dan sebagainya. Coba perhatikan kalimat berikut:

She bought a new book, but its cover was loose.

Dia membeli sebuah buku, tetapi covernya tidak merekat dengan baik (mudah lepas). loose dalam kalimat tersebut menjelaskan keadaan cover buku yang mudah lepas (loose = adjective)

3. Penggunaan Lose dan Loose

Sudah jelas bahwa lose adalah verb yang artinya kehilangan, sedangkan loose merupakan adjective yang artinya goyah/longgar. Lalu bagaimana membedakan keduanya? mari kita coba tes secara gramatikal menggunakan perubahan bentuk dengan cara merubahnya menjadi past participle (V3). Let’s check this out!

correct – I apologize for losing his pen (verb) >> the lost pen (adj)

correct – She lose her game again (verb) >> the lost game (adj)

incorrect – I apologize for loosing his pen >> the loosened pen (tidak bisa, seharusnya loose pen karena loose adalah adjective)

incorrect – She loose her game again >> the loosened game (tidak bisa, seharusnya loose game karena loose adalah adjective)

4. Perbedaan Cara Pengucapan

Lose diucapkan dengan cara: luz/looz, dengan diakhiri z. Sedangkan Loose diucapkan dengan lus/loos dengan diakhiri s.

Baca juga cara menguasai vocab: Cara Mudah Menghafal Vocab

Well, itu dia empat perbedaan Lose vs. LooseMasih banyak pertanyaan tentang pelajaran bahasa inggris? Gampang banget, tinggal datang langsung ke Kampung Inggris Pare dan dapatkan pengalaman belajar bahasa inggris yang mudah dan menyenangkan. See you then ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

6 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *