Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Made of, atau Made from?

let's learn english

Made of, atau Made from? – Bila ada yang bertanya, apa yang menarik dari bahasa Inggris? Maka, jawabannya adalah semua! bahkan, grammar -yang kata sebagian orang- membosankan, sulit, dan membingungkan, bisa jadi sangat menarik untuk didiskusikan. Dalam bahasa inggris, ada tata bahasa (grammar) yang tidak mudah dipahami. Kadang, di beberapa kasus para ahli bahasa inggris bisa berbeda pendapat. Itulah bahasa inggris, vocab nya saja mencapai jutaan, maka wajar jika bahasa internasional ini penuh dengan hal menarik untuk didiskusikan.

Salah satu topik menarik untuk dibahas yaitu perbedaan antara MADE OF dengan MADE FROM. Bagaimana penggunaan masing-masing kata tersebut? Apakah merupakan sinonim bahasa inggris? Apa arti made of dan made from? Let’s see ^_^

Pertama-tama, kita ketahui dulu dari mana asal muasal made of dan made from. Keduanya merupakan pasangan verb (kata kerja) dan preposisi (kata depan). Selangkapnya, biasanya made of dan made from digunakan dalam passive form (kalimat pasif) dengan rumus S + BE + MADE OF / MADE FROM + O, misalnya: “This chair was made of Oak / Kayu ini terbuat dari kayu Ek”.

Nah, BE + MADE ini dilanjutkan oleh preposisi of atau from yang keduanya memiliki perbedaan, artinya made of dan made from bukanlah sinonim. Ini dia perbedaannya.

Made of

Made of memiliki makna yang sama dengan “composed of”. Artinya, terbuat dari sesuatu. Makna “terbuat” ini fokus pada material atau bahan utama pembuat suatu benda. Contoh:

  • My uncle just bought a cupboard that was made of special American wood / paman saya baru saja membeli lemari yang terbuat dari kayu istimewa dari Amerika
  • Do you know what my pencilcase was made of? Dunno! / Apakah kamu tau tempat pensil saya terbuat dari apa? tidak tau!
  • This accessories were made of various and colorful buttons / Asesoris ini terbuat dari berbagai kancing warna-warni

Made from

Arti dari Made from tidak berbeda dengan Made of, yaitu “terbuat dari”. Namun, jika kita mengatakan something made from something, artinya terfokus pada bahan yang diproses menjadi suatu benda. Misalnya:

  • My mom always buys expensive dresses that were made from special silk / Ibu saya selalu membeli gaun mahal yang terbuat dari sutra khusus
  • This purse is made from original snake skin / Dompet ini terbuat dari kulit ular asli
  • Mr. Kang said that every single paper is made from leaf fiber / Mr. Kang mengatakan bahwa setiap lembar kertas terbuat dari serat daun

TIPS & TRICK

Masih bingung? ini dia tips agar mudah membedakan penggunaan made of dan made from.

Made of: Bahan utama nya masih terlihat, masih bisa dirasakan sesuai bahan asli. Misalnya, “The table is made of teak / Meja nya terbuat dari kayu jati” >> meja yang terbuat dari kayu jati, kita masih bisa melihat bahan utamanya yang berupa kayu.

Sedangkan Made from: Bahan utama nya sudah tidak terlihat lagi, karena telah diproses sedemikian rupa. Contohnya, “Wine is made from grpaes / wine (minuman anggur) terbuat dari buah anggur” >> saat melihat wine, kita tidak lagi bisa melihat buah anggurnya.

Di berbagai situs forum bahasa inggris di internet, banyak juga yang memaparkan cara lain untuk mengingat-ingat perbedaan made of dan made from. Ada juga yang mengatakan made of = there’s no chemical change (perubahan kimiawi), sedangkan made from = chemical change. Namun jika menemui kalimatnya secara langsung, pendapat tersebut tidak selau benar. Ada juga yang menggunakan rumus seperti ini:

  •  the table made of teak–> more direct –> direct!
    You can still see the wood.
  • wine made from grapes –> not so direct –> indirect!
    You cannot see the grapes anymore!

Nah, bagaimana dengan kamu? Bagaimana kamu bisa gampang membedakan made of dan made from? Yuk diskusi bersama LC Kampung Inggris, tempatnya belajar, diskusi dan having fun bareng ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *