Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Manfaatkan Teknologi untuk Belajar Bahasa Inggris

Manfaatkan Teknologi untuk Belajar Bahasa Inggris

Manfaatkan Teknologi untuk Belajar Bahasa Inggris – Jaman dahulu, para siswa yang belajar bahasa inggris harus membawa kamus bahasa inggris yang sangat tebal, belum lagi beberapa text book yang harus dibawa. Untuk mendengarkan audio bahasa inggris pun harus secara bergantian karena keterbatasan alat. Apalagi untuk komunikasi dengan native speaker, harus langsung terbang ke negeri berbahasa inggris. Namun saat ini, ada teknologi yang sangat memudahkan kita belajar bahasa inggris. Berikut ini beberapa list teknologi terkini yang bisa kamu mamfaatkan agar jago berbahasa inggris.

1. Kamus Bahasa inggris online

Saat ini, nggak perlu berat-berat bawa kamus bahasa inggris, karena lewat handphone ataupun laptop kita bisa mengakses kamus bahasa inggris online. Kamus inggris-inggris terkenal seperti Cambridge, Oxford, Merriam-Webster dan Longman juga sudah bisa kita jumpai via website. Sedangkan kamus inggris-indonesia, kamu bisa gunakan google translate. Kelebihan dari kamus online ini bukan hanya mengetahui arti kata, tapi juga frasa, phrasal verb, dan idiom. Ada juga berbagai fitur seperti thesaurus, contoh kalimat, asal kata, dan sebagainya.

2. Koran Online Berbahasa inggris

Salah satu aktivitas yang bisa mengimprove skill berbahasa inggris kita adalah dengan membaca artikel berbahasa inggris. Di beberapa daerah di Indonesia masih sulit mendapatkan koran atau majalah berbahasa inggris, seperti the Jakarta Post. Oleh karena itu, koran online berbahasa inggris menjadi alternatif yang bagus karena sangat mudah mendapatkannya. Tinggal buka website atau download kanal berita seperti google newstand, maka dengan leluasa kita bisa belajar bahasa inggris lewat koran asing online.

3. Podcast

Podcast merupakan rekaman audio. Podcast yang berisikan pelajaran dan percakapan bahasa inggris oleh native english speaker juga banyak bertebaran secara gratis di Internet, ataupun melalui aplikasi di smartphone. Salah satu podcast yang terkenal adalah dari British Council.

4. Video gratis belajar bahasa inggris

Kalo kamu lagi nyari pengalaman untuk belajar bahasa inggris dengan native speaker, gak perlu terbang ke luar negeri kalau kamu nggak punya cukup dana. Cukup hanya dengan menonton video-video pelajaran bahasa inggris yang dibuat oleh native english speaker. Video seperti engvid.com, ieltsliz, bisa kita dapatkan di website mereka atau di youtube secara gratis. Selain video pelajaran bahasa inggris, sempatkan juga menonton video dokumenter berbahasa inggris seperti National Geographic, atau rekaman berita CNN/BBC, atau film berbahasa inggris dengan subtitle bahasa inggris.

5. Aplikasi Smartphone

Aplikasi belajar bahasa inggris di smartphone sekarang jumlah sangat banyak. Mulai dari aplikasi kamus online, aplikasi belajar untuk anak-anak, vocab builder, quiz grammar, aplikasi khusus IELTS, dan banyak lagi. Try to type the related keyword, dan berbagai aplikasi gratis akan keluar.

6. Minilyric

Bagi kamu yang suka karaokean di laptop atau PC, pastinya sudah akrab dengan software minilyric. Dengan program tersebut, lirik lagu yang sedang diputar akan tampil di layar laptop. Coba dengarkan lagu berbahasa inggris, dan kamu bisa belajar pronunciation lewat lagu tersebut.

7. Aplikasi Chatting dan Penpal

Saat ini, sangat mudah mencari teman baru dari luar negeri untuk saling bertukar bahasa. Sebut saja website interpals, aplikasi anygram dan lain sebagainya menyediakan ruang untuk kita mencari teman dari berbagai negara untuk dijadikan teman chatting atau snail mail. Dengan begitu, secara terpaksa kita harus menggunakan bahasa inggris karena tentunya mereka tidak mengerti bahasa Indonesia. Selain mencari teman native speaker, saat ini juga banyak grup whatsapp dan telegram yang berisi orang-orang dari seluruh dunia untuk sekadar diskusi dalam bahasa inggris, belajar bahasa, atau untuk sharing tips materi IELTS.

8. Video call

Kalau sudah punya teman native speaker, jangan sia-siakan hanya dengan chatting tulisan saja. Coba untuk bicara langsung melalu video call. Kamu akan tertantang untuk ngomong inggris, meskipun aslinya belum sempurna.

9. Text to speech

Fasilitas text to speech ini biasanya ada di semua smartphone android. Yaitu fasilitas dimana tulisan bisa berubah menjadi suara native speaker. Fitur ini biasanya digunakan untuk aplikasi seperti google speech dan kamus online yang ada audionya.

10 .Audiobook

Audiobook merupakan buku digital yang punya fitur audio. Sehingga kita bisa mendengar native speaker membacakan buku, sambil kita juga ikut membaca kata per kata. Selain belajar grammar dari e-book, kita juga belajar cara native speaker berbicara.

So, dengan majunya teknologi dan adanya internet, jangan sia-siakan waktu dan uang hanya untuk hiburan apalagi sampai ke hal-hal negatif. Lebih baik jika semua peluang itu dimanfaatkan untuk belajar bahasa inggris. Semua jadi serba mudah tho? Hanya dalam genggaman, kita bisa belajar dengan membaca, mendengar, nonton film dan video, dll.

Namun, bukan berarti kita melupakan cara belajar offline yang tentunya juga efektif, misalnya dengan belajar bahasa inggris di sekolah atau di tempat kursus. Termasuk, jangan lupa mampir ke kampung inggris pare, karena belajar dengan bertemu tutornya langsung dan belajar online tentu efeknya akan berbeda.

Oke, itu dia beberapa cara untuk memanfaatkan teknologi dalam belajar bahasa inggris! Selamat mencoba, Ganbatte!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *