Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Melatih Kemampuan Bahasa Inggris Lewat Listening Di Night Gathering

kampung_inggrislc_gath

Ketika kamu memutuskan untuk belajar Bahasa Inggris banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan Bahasa Inggrismu, salah satunya adalah dengan Listening. Listening bukan merupakan sebatas kegiatan mendengar saja tapi lebih kepada meyimak kata-kata apa yang sedang kamu dengar. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, kegiatan listening ini dapat dilakukan dengan metode-metode pembelajaran yang menarik mulai dari menonton film, mendengarkan lagu berbahasa Inggris, mendengarkan suatu cerita dan masih banyak lagi.

Kegiatan menarik seperti listening inilah yang dipilih oleh para teacher dan tutor LC Kampung Inggris Pare untuk dijadikan materi dalam kegiatan rutin night gethering yang dilakukan setiap hari Senin dan Rabu. Pada acara gathering pada awal periode baru lalu materi listening yang diberikan adalah mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Para member yang sudah berkumpul di back class LC Kampung Inggris diberikan selembar kertas berisi lyric lagu yang akan dijadikan materi, tapi lyric lagu yang diberikan tidak lengkap. Jadi tugas para member adalah menyimak dan menuliskan bagian lyric yang kosong tersebut sesuai dengan lagu yang didengarkan. Setiap lagu berhenti pada bagian yang kosong para member pun bergegas untuk mengisi pada lembaran yang dimilikinya, bahkan ada pula member yang tidak menyimak dengan baik sehingga mereka sibuk bertanya pada member lain yang berada didekat mereka sehingga membuat suasana menjadi ramai. Ketika lagu kembali diputar suasana mendadak menjadi sepi kembali. Suasana yang terbilang lucu tercipta saat lagu berhenti maupun kembali diputar.

Pada gathering Senin kemarin materi listening yang diberikan adalah mendengarkan cerita pendek berbahasa Inggris yang berjudul “The Chicken and The Frog”. Sama seperti pada saat mendengarkan lagu para member diberikan kertas yang berisikan cerita tersebut dan ad beberapa bagian kosong yang harus mereka lengkapi. Suasana gathering pun tidak jauh berbeda namun kali ini para member harus benar-benar menyimak dengan jalannya cerita karena bagian kosong yang harus diisi dibuat lebih panjang oleh para tutor dan teacher jika dibandingkan dengan pada saat materi sebelumnya. Cerita pendek yang menarik membuat para member sangat antusias dalam menjalani materi ini. Mereka bahkan dengan kompak menirukan salah satu bagian cerita yang menurut mereka sangat lucu yaitu ketika menirukan ‘Book! Book!’ yang merupakan suara ayam dalam cerita.

kampung_inggrislc_gath1

Menciptakan suasana yang menyenangkan, seperti itu kira-kira tujuan diadakannya night gathering ini. Selain dapat berkumpul dan saling mengenal semua member satu sama lain mereka tetap bisa mendapatkan materi belajar yang dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Belajar itu tidak harus selalu berhadapan dengan buku bukan? Dengan cara-cara yang menarik seperti Listening Night Gathering ini akan membuat para member semakin tertarik dan nyaman dalam belajar Bahasa Inggris selama berada di Kampung Inggris Pare.

Kegiatan belajar seru lainnya bisa kamu baca di Belajar Bahasa Inggris Lewat Drama

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *