Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Mengenal Lebih Jauh Written English dan Spoken English

perbedaan antara written english dengan spoken english

Mengenal Lebih Jauh Written English dan Spoken English – Siapa sih yang tidak tau Written dan Spoken language? Secara gramatikal, written merupakan past participle dari write yang artinya menulis. Dijadikan pasif sehingga menggunakan written, maka artinya tertulis. Written english berarti “bahasa inggris yang tertulis”. Sedangkan Spoken merupakan past participle dari speak yang artinya berbicara. Menjadi pasif menggunakan spoken, sehingga spoken english berarti “bahasa inggris untuk berbicara (yang diucapkan)”. Dua perbedaan dasar ini tentunya sudah banyak diketahui. Namun kali ini, LC Kampung Inggris akan mengulas lebih jauh tentang perbedaan antara written english dengan spoken english. Yuk scroll terus!

Apa itu Written English?

Written english adalah bahasa Inggris yang digunakan dalam bentuk tulisan. Kita akan sangat mudah menemui written english di koran, majalah, surat, jurnal ilmiah, note dan lain-lain. Semuanya mengandung pesan untuk pembacanya. Nah, di sinilah written english berperan. Dengan pilihan kata dan tata bahasa yang sesuai, pesan tersebut akan tersampaikan dan dimengerti oleh mereka yang membacanya. Misalnya saja saat kita membaca surat dari orang tua kita yang berada jauh di negeri seberang. Pastinya ada perasaan rindu atau haru saat membacanya. Inilah hebatnya written english. Jika berbicara, pasti sangat mudah mengekspresikan perasaan kita. Namun dengan menulis bahasa inggris yang baik, ekspresi itu juga akan tersampaikan.

Perbedaan yang sangat kental antara written english dan spoken english adalah, written english memiliki struktur tulisan yang tersusun rapih dan sistematis. Misalnya, ada pembuka, isi utama tulisan dan penutup. Nuansa sistematis ini tidak terlalu nampak pada spoken english. Dan pastinya, semua susunan dalam written english dituangkan dalam bentuk tulisan, baik digital maupun tulisan tangan.

Apa itu Spoken English?

Spoken english adalah bahasa inggris yang kita dengar dan digunakan dalam percakapan dengan orang lain. Misalnya saja saat kita bertemu dengan tetangga di jalan, otomatis kita akan menyapa dan bercakap-cakap dengannya. Saat itu, kita tidak akan menunggakan bahasa inggris yang terstruktur seperti dalam written english. Kita akan mengobrol secara santai dan lepas jika menggunakan spoken english. Inilah spoken english, respon kita saat bercakap-cakap dengan orang lain tidak sistematis dan terstruktur seperti written english.

Perbedaan lain antaraspoken english dengan written english adalah, kita bisa melihat adanya aksen atau logat yang berbeda dalam bahasa inggris. Ada orang yang berbicara menggunakan aksen British, ada juga yang menggunakan aksen American. Aksen, logat atau cara berbicara ini tidak bisa dilihat dalam written english (kecuali perbedaan aksen yang dilihat dari perbedaan kosa kata). Dalam spoken english, kita juga bisa melihat adanya jeda ketika orang sedang pidato atau berbicara. Jeda ini juga tidak bisa kita temukan dalam written english, karena membaca tulisan bisa bebas sesuai dengan imajinasi dan keinginan kita. Tingkat formalitas antara written dan spoken english juga berbeda. Kebanyakan, spoken english bersifat lebih informal, meskipun dalam beberapa momen, spoken english juga bisa menjadi lebih formal. Misalnya saat pidato kenegaraan, presentasi formal, atau presentasi ilmiah.

Nah, sahabat kampung inggris, itu dia beberapa perbedaan antara written english dengan spoken english. Ternyata, keduanya sudah sangat sering kita temui sehari-hari kan? Semoga ulasan ini juga bermanfaat bagi kamu yang masih belum mengerti apa perbedaan antara keduanya.

Jangan lewatkan juga ulasan tentang aksen-aksen dalam Bahasa Inggris, selengkapnya di sini.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *