Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Mengenal TOEIC Lebih Dekat

mengenal lebih dekat TOEIC

Mengenal TOEIC Lebih Dekat – Bukti bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional adalah dengan adanya tes kemampuan berbahasa inggris (english proficiency test). Tes tersebut umumnya diambil oleh mereka yang bahasa aslinya bukan bahasa inggris, dan biasanya digunakan ketika kita akan tinggal, bekerja, ataupun kuliah di luar negeri. Karena test tersebut berfungsi untuk menunjukkan bahwa kita bisa berbahasa inggris, bahasa yang bisa digunakan di negara manapun. Sekalipun kita kuliah di Korea, kita akan tetap diminta melampirkan sertifikat test bahasa inggris untuk aplikasi perguruan tinggi. Tahukah kamu apa saja test bahasa inggris itu? Sebelumnya kita telah membahas tentang TOEFL, IELTS dan perbedaan antara keduanya. Kali ini kita akan mengulas juga salah satu test bahasa inggris yang cukup populer seperti TOEFL dan IELTS. Apa itu TOEIC? Konon katanya, TOEIC adalah test bahasa inggris yang juga populer namun tingkat kesulitan soalnya lebih mudah dibandingkan TOEFL dan IELTS . Yuk kita lihat penjelasannya di bawah ini ^_^

Apa itu TOEIC?

TOEIC merupakan kepanjangan dari Test of English for Internasional Communication. Berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang lebih banyak digunakan untuk keperluan akademik, TOEIC umumnya digunakan di lingkungan bisnis dan pekerjaan. Jadi, semisal kamu akan bekerja di sebuah perusahaan di Qatar, mereka menjadikan skor TOEIC sebagai salah satu pertimbangan lulus tidaknya proses seleksi rekrutmen. Namun, TOEIC juga menjadi persyaratan masuk beberapa perguruan tingi di Asia, tapi sangat jarang yang menggunakannya untuk aplikasi universitas. So, TOEIC ini digunakan untuk mengukur level english kita sebagai sarana komunikasi sehari-hari dan di dunia kerja.

Ukuran Kemampuan Bahasa Inggris dalam TOEIC

TOEIC mengukur kemampuan kita dalam beberapa aspek, yaitu listening, reading, writing, dan speaking, serta pengetahuan dasar tentang bahasa inggris yang digunakan dalam dunia kerja. Pada dasarnya, TOEIC memang cenderung lebih mudah dibandingkan tes lainnya. Tidak seperti academic english yang diujikan pada TOEFL dan IELTS, TOEIC lebih banyak mengujikan general dan business english. Sehingga soal bahasa inggris dalam TOEIC banyak yang berasal dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa Orang Mengikuti TOEIC?

Sekitar 5 juta orang di dunia mengikuti tes yang diadakan secara resmi oleh ETS ini tiap tahunnya. Ada banyak alasan kenapa mereka mengikuti tes tersebut. Pertama, karena alasan pekerjaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak peusahaan yang mensyaratkan sertifikat TOEIC untuk mencari pegawai. Kedua, Di beberapa negara seperti UK, TOEIC juga dibutuhkan untuk keperluan pengajuan visa bagi para pendatang yang akan menetap di UK. Ketiga, TOEIC juga masih digunakan untuk aplikasi perguruan tinggi, meskipun lebih banyak yang menggunakan IELTS dan TOEFL. Di Indonesia, pemerintah sudah mulai memperhatikan kemampuan bahasa inggris para siswa SMA. Beberapa sekolah telah menerapkan TOEIC bagi para siswa SMA, karena TOEIC merupakan test dasar yang akan menunjukkan kemampuan mereka dalam berbahasa inggris.

TOEIC, Test yang Populer

Pada awal mulanya, TOEIC populer di Jepang dan Korea, namun seiring berjalannya waktu, TOEIC juga mulai berkembang di India. Di negara tersebut, cukup banyak orang yang mengikuti tes TOEIC. Selain ketiga negara tersebut, TOEIC juga kini cukup populer di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan beberapa bagian Eropa. So, kini kamu sudah bisa mengikuti test TOEIC di berbagai negara, karena tes ini cukup populer di negara-negara tersebut.

Pelaksanaan TOEIC

Apakah ada jenis-jenis tes TOEIC? Pada dasarnya, TOEIC dilaksanakan selama dua jam dengan hanya mengujikan komponen listening dan reading (LR). Dua komponen tersebut diujikan sejak tahun 1970an. Namun setelah itu, sebagian orang memberikan saran dan kritik, bahwa listening dan reading saja tidak cukup untuk menentukan kemampuan berbahasa inggris seseorang. Kita tidak bisa hanya belajar listening dan reading. Maka ETS (Educational Testing Service) sebagai penyelenggara resmi TOEIC mengembangkan tes tersebut dengan membuat versi kedua TOEIC. Versi ini mengujikan speaking dan writing (SW). Jadi, hingga saat ini ada dua jenis tes TOEIC, yaitu TOEIC listening and reading (LR) dan TOEIC speaking and writing (SW).

Sudah kenal lebih dekat dengan TOEIC? Kini saatnya mengenal tes populer lainnya: Perbedaan TOEFl dan IELTS

Nah, bagi sahabat kampung inggris yang akan tinggal, kerja atau kuliah di luar negeri bisa mulai memeprsiapkan tes TOEIC mulai dari sekarang. Wish you luck ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *