Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Mengenalkan Idiom pada Anak (Part 2)

mengenalkan idiom pada anak part 2

Mengenalkan Idiom pada Anak  (Part 2) – Dear para Ayah dan Bunda, yuk ajak anak-anak untuk mempelajari bahasa asing juga agar otak anak semakin berkembang, anak semakin cerdas, dan gaul. Karena menguasai  bahasa asing sama seperti membuka “pintu ke mana saja”. Bayangkan jika suatu hari kita bepergian ke luar negeri, kita tidak perlu khawatir bakal tersasar karena menguasai setidaknya satu bahasa asing. Minimal, bahasa inggris karena bahasa yang satu ini termasuk ke dalam bahasa internasional. Nah, para orang tua tentu akan sangat bangga jika anak-anak mereka bisa mengikuti kegiatan-kegiatan skala internasional, atau pun bisa berbahasa inggris dengan baik di usia muda. Karena kelak, bahasa asing, termasuk bahasa inggris, akan sangat berguna untuk pendidikan maupun karir. So, sedini mungkin kita bisa mulai mengajari anak-anak berbahasa inggris dengan baik.

Salah satu cara agar anak belajar adalah dengan mengenalkan berbagai aspek dalam bahasa inggris. Misalnya, idiom. Anda bisa melihat mengapa kita perlu mengenalkan idiom pada anak dalam ulasan LC Kampung Inggris sebelumnya  (baca: mengenalkan idiom pada anak part 1). Maka, kali ini LC Kampung Inggris akan kembali membahas berbagai idiom yang bisa dikenalkan dan digunakan oleh anak-anak (atau siapapun). Here we go!

The icing on the cake – Tahukah Anda apa itu icing? Yuk buka lagi kamus bahasa inggris-nya. Icing semacam topping atau taburan yang terbuat dari gula. Sedangkan cake = kue. Namun frasa idiomatic ini bukan berarti taburan gula di atas kue, melainkan berarti sesuatu yang ditambahkan untuk menjadikan keadaan yang baik menjadi luar biasa. Misalnya ketika sedang mengikuti perlombaan, teman-temanmu datang dan membawa dukungan, kamu bisa bilang “I was focus on the papers that would be presented and my classmate came then gave me such a big support. That was the icing on the cake / Saya sedang focus dengan paper yang akan dipresentasikan lalu teman sekelas saya dating dan memberi dukungan. Ini membuat keadaan menjadi sangat baik”

Fish out of water – Ikan seharusnya ada di dalam air, Jika ikan berada di luar air, artinya itu bukan tempat seharusnya dia berada. Nah, ini dia arti dari idiom “fish out of water”, berarti berada di tempat yang seharusnya. Contoh: “I should go home now because I am such a fish out of water here / Saya sebaiknya pulang sekarang karena ini bukan tempat saya yang  seharusnya”

Cat got your tongue? – Idiom ini berarti pertanyaan “why don’t you talking?” kenapa kamu tidak bicara? “apakah ada kucing di mulutmu?”. Contohnya, “I couldn’t believe what you did today. Cat got your tongue? / Saya tidak percaya apa yang kamu lakukan hari ini. Kenapa kamu diam saja?”

You can’t teach an old dog new tricks – Untuk yang satu ini, artinya adalah sulitnya orang yang sudah tua untuk mempelajari hal baru. Sama halnya dengan bahasa inggris, apakah orang tua tidak bisa belajar bahasa inggris? Nah, kamu bisa menggunakan idiom ini, misalnya “No matter how hard you teach them, you can’t teach an old dog new tricks / sekeras apapun kamu mengajari mereka, orang tua memang sulit belajar hal baru”

Birdbrain – Ini merupakan idiom yang cukup sarkas, dimana birdbrain atau yang secara literal berarti otak burung ini, berarti seseorang yang tidak terlalu pintar. Contoh: “It’s really hard to talk with a birdbrain / Sangat sulit bicara dengan orang bodoh”

Nah, itu dia 5 idiom yang bisa kamu kenalkan pada anak-anak. Nantikan list of idioms berikutnya. Selamat belajar menggunakan idiom!

Baca jugs: Idioms about Vegetable

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *