Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Mengenalkan Idiom pada Anak

mengenalkan idiom pada anak

Mengenalkan Idiom pada Anak – Media pembelajaran bahasa inggris untuk anak bisa dari apa saja. Mulai dari mengikutsertakan anak dalam kelas kursus bahasa inggris, hingga mendorong anak untuk belajar secara mandiri. Belajar mandiri, atau otodidak, akan membuat orang tua dan atau anak-anak bisa kreatif dalam belajar bahasa inggris. Cara yang paling efektif adalah dengan membiasakan diri dengan bahasa inggris. Artinya, biarkan anak-anak “tenggelam” dalam bahasa internasional itu. Lakukan berbagai hal yang serba English, bahkan ketika berbicara di rumah. Menempel berbagai  tulisan atau sticky-notes menggunakan bahasa inggris, menonton film anak-anak berbahasa inggris, dan seterusnya. Dengan begitu, mereka akan nyaman dengan bahasa yang awalnya asing. Selanjutnya, mereka akan lebih mudah belajar hal lainnya. Dan yang paling penting, mereka akan lebih percaya diri untuk speaking English.

Salah satu cara agar anak-anak terbiasa dengan bahasa inggris adalah dengan mengenalkan idiom pada anak. Idiom, seperti yang kita ketahui bersama, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari native English speaker. Mereka, native speaker, menggunakan idiom ini untuk “mempercantik” bahasa inggris yang digunakan sehari-hari. Terbiasa dengan idiom, akan memudahkan kita bergaul dengan teman-teman dari seluruh dunia. Sehinga ketika suatu saat mereka mengeluarkan suatu kalimat yang ternyata idiom, kita tidak salah tangkap. Karena idiom tidak bisa diartikan secara literal, melainkan berupa kalimat konotatif atau kiasan.

Mempelajari idiom, untuk anak-anak dan orang dewasa mungkin akan berbeda porsinya. Sebelumnya kita telah membahas berbagai idiom, mulai dari yang terkenal, hingga sesuai dengan tema tertentu, seperti: idiom tentang weather, idiom tentang travel, idiom tentang money, dan lainnya. Nah, berikut ini LC Kampung Inggris akan mengulas beberapa idiom yang bisa Anda kenalkan pada anak-anak. Cekidot!

Give it a shot – frasa ini bukan berarti menembak, namun beratti mencoba. Misalnya “It seems hard to do, but let’s give it a shot / Kelihatannya susah, namun mari kita coba”

Speak your mind – Berarti, mengatakan sesuatu yang benar-benar dirasakan. Contoh: “Children never have fear of anything unless the older people around frighten them with worthless story / Anak-anak tidak pernah takut dengan apapun kecuali orang-orang dewasa di sekitarnya menakuti-takuti mereka dengan cerita yang tidak penting”

Get a kick out of (something) – Frasa idiomatik ini berarti seseorang sangat enjoy atau sangat menikmati sesuatu, entah itu pekerjaan ataupu benda-benda. Misalnya, “Just believe me that you’ll get a kick out of our trip once you join it / Percaya saja sama saya, kamu akan sangat menikmati liburan kita saat kamu mengikutinya”

Draw a blank – Jika kita mencari sesuatu namun tidak menemukannya, atau mencoba mengingat-ingat sesuatu namun tidak dapat mengingatnya, ini berarti kita “draw a blank” yang berarti tidak bisa mengingat sesuatu. Contoh: “I tried hard to remember the last line of the notes I made for this test. But I drew a blank / Saya mencoba mengingat baris terakhir catatan yang saya buat untuk ujian kali ini. Tapi saya gagal mengingatnya.

Call it a day – Call it a day berarti beristirahat atau menghentikan pekerjaan di suatu hari. Contohnya, “It has been more than 10 hours we tried to find your purse. Let’s call it a day and report it to the police station / Sudah lebih dari 10 jam kita mencari dompet kamu. Kita istirahat dulu dan melaporkan ini ke kantor polisi saja”

Oke, sahabat kampung inggris, itu dia ulasan singkat tentang mengenalkan idiom pada anak. Nantikan list idiom untuk anak lainnya. Selamat belajar 😀

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *