Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Menyapa dalam Bahasa Inggris

menyapa dalam bahasa inggris

Menyapa dalam Bahasa Inggris – Apa yang sahabat lakukan jika bertemu dengan kawan, atau orang yang kamu kenal? Pastinya, menyapa mereka donk! Nah, mungkin sudah biasa bagi kita menyapa seseorang dalam bahasa Indonesia. Hai! Gimana kabarnya? Sehat? Mau kemana? Eh, ketemu lagi, dab blablabla. Lantas, bagaimana jika menyapa nya dalam bahasa Inggris? Kira-kira, budaya di luar negeri seperti apa ya dalam menyapa satu sama lain? Apakah sama beragamnya dengan bahasa Indonesia? Penasaran? Yuk cek pembahasannya berikut ini ^_^

Menyapa seseorang, dalam bahasa inggris kita sebut dengan ekspresi GREETING. Mungkin kita sering mendengar kata hello! atau How are you. Namun, native english speaker tidak sellu menggunakan dua ekspresi umum itu. Masih ada banyak ekspresi lain yang bisa kita gunakan dan lebih natural, plus lebih spesifik menggambarkan tujuan kita menyapa seseorang. Sama seperti budaya kita, ada orang yang menyapa untuk memulai obrolan, ada yang benar-benar care dan tanya kabar, namun ada juga yang basa basi dan hanya lewat. Nah, beragam ekspresi greeting itu juga berfungsi untuk membedakan maksud dan tujuan speaker tersebut.

1. How Are You?

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya apa kabar? mungkin seketika kita ingin menjelaskan bagaimana keadaan dan kesibukan kita saat ini. But, be careful! di daerah Kanada dan sekitarnya, pertanyaan how are you tidak berarti mereka mengharapkan jawaban tersebut. Mereka hanya ingin mendapat jawaban standard “fine” “good” lalu move on. Tidak ada obrolan lebih lanjut.  Sapaan how are you termasuk formal. Namun ada dua jawaban untuk sapaan ini, formal dan informal. Jawaban formalnya yaitu “I am fine, thank you” sedangkan informal yaitu “I’m good”

2. How are you doing?

ekspresi lain dari how are you doing yaitu how is it going? Ekspresi tersebut merupakan versi informal dari how are you. Kamu bisa menggunakan ini kepada hampir semua orang. Tapi, kalau suasananya formal, gunakan how are you. Ok! Nah, kata going akan terdengar seperti dipendekkan menjadi “go-in”, dan kamu bisa menjawabnya “it’s going well” atau “I’m doing well”. tergantung dari pertanyaannya. Ada lagi jawaban yang lebih singkat -meskipun ini tidak sesuai kaidah gramar- yaitu hanya dengan “good”

3. Hey man!

Kamu bisa menggunakan “hey!” “hi” “hello” utuk menyapa temanmu. ekspresi tersebut populer di kalangan anak muda. Hi biasanya digunakan untuk suasana informal dan santai. Sedangkan hey biasa digunakan untuk menyapa seseorang yang pernah kita temui sebelumnya. So, kalo kamu bilang hey! ke orang yang baru kamu ketemu, mungkin mereka akan langsung mengerutkan dahi dan berpikir apakah pernah bertemu kamu sebelumnya. “Hey man” merupakan sapaan untuk laki-laki. Namun, hey man! juga kadang digunakan untuk menyapa perempuan yang lebih muda dan sudah akrab dengan kita.

PS: kata hey! bukan hanya sebagai sapaan namun juga bisa untuk peringatan, misalnya ketika ada orang yang membuang sampah sembarangan lalu kita katakan “Hey! Throw that properly!”

4. “Long time no see” dan “it’s been a while”

Sapaan tersebut digunakan ketika bertemu dengan seseorang yang sudah lama tidak berjumpa. Keduanya memiliki arti: “sudah lama ya, nggak ketemu”. Jika misalnya kita bertemu seseorang tiap minggu lalu tiba-tiba tidak berjumpa hingga sebulan lebih, biasanya kita menambahkan “how are you”, “how have hou been” atau “what’s new” untuk mengetahui kabar nya lebih lanjut.

5. It’s nice to meet you

Sapaan ini sifatnya formal dan sopan. Selain “it’s nice to meet you” kita juga bisa menggunakan “pleased  to meet you” artinya sama-sama “senang berjmpa denganmu”. Kamu akan terlihat sangat sopan jika pertama kali bertemu seseorang lalu menyapa mereka dengan ekspresi ini. So, ingat ingat nih bahwa ekspresi tersebut hanya digunakan untuk pertemuan pertama kali dengan seseorang. Jika nantinya kamu berjumpa lagi dengannya, kamu bisa gunakan “it’s nice to see you again”

Nah, itu dia lima ekspresi Menyapa dalam Bahasa Inggris. Masih mau belajar lebih banyak lagi? Langsung datang aja ke kampung inggris Pare dan belajar speaking dengan partner se- Indonesia dan tutor yang kece! Selamat belajar ^_^

Baca juga: Cara Lain Mengatakan Want

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *