Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Mitos Tentang Kampung Inggris

mitos di kampung inggris pare

Mitos Tentang Kampung Inggris – Kampung inggris? nama kampung ini menyebar dari mulut ke mulut sampai akhirnya kampung inggris terkenal sebagai kampung yang khas dengan bahasa inggris. Namanya juga kampung inggris, pasti tempat ini identik dengan bahasa inggris. “kalau kamu mau belajar bahasa inggris, ke kampung inggris aja” banyak orang yang selalu bilang seperti itu kepada teman-temannya. Memang, ada apa sih di kampung inggris? Apa betul kampung inggris adalah kampung yang bisa bikin kita jago inggris secara instant?  Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, kamu perlu kenal dulu, apa sih sebenarnya kampung inggris.

Kampung inggris sebetulnya merupakan julukan untuk sebuah kampung yang di dalamnya banyak sekali tempat kursus bahasa inggris. Kampung ini mulai tersohor sejak tahun 90-an. Uniknya, bahkan perintis kampung inggris sendiri, Bapak M. Kalend Osen mengakui tidak pernah memberi nama kampung ini dengan kampung inggris. Sebutan itu datang begitu saja dari orang-orang yang berkunjung kesini. Semakin terkenal, semakin banyak orang yang menyebut-nyebut kampung inggris Pare. Tapi kebanyakan dari mereka hanya mengira-ngira seperti bagaimana sih tepatnya kampung inggris itu. Maklum saja, untuk menjangkau kampung inggris butuh transportasi dari tempat asal menuju Pare, Kabupaten Kedri Jawa Timur. Alhasil, banyak orang yang tidak bisa melihat langsung dan munculah berbagai mitos tentang kampung inggris. Apa saja ya mitos yang banyak beredar di kalangan masyarakat? simak info lengkapnya berikut:

1. Semua penduduk lokal berbahasa inggris

Banyak yang mengira bahwa penduduk di kampung inggris 100% berbahasa inggris. Mungkin, dikira mirip perkampungan di Texas atau Houston gitu kali ya? hehe. Padahal kampung inggris adalah kampung asli pribumi yang berlokasi di Kediri Jawa Timur. Memang betul bahwa beberapa kalangan penduduk di sini fasih berbahasa inggris. Misalnya, beberapa pedagang bakso keliling di kampung inggris yang sudah terbiasa puluhan tahun melayani siswa yang cas cis cus bahasa inggris, akhirnya menjadikan ngomong inggris sebagai kebiasaan. Namun selebihnya, penduduk di kampung ini adalah penduduk biasa yang berbahasa Indonesia atau bahasa jawa. So, bayangkan saja ya, para pedagang aja bisa terbawa suasana dan jago ngomong inggris, gimana dengan kamu yang tinggal sambil belajar? pasti kampung inggris adalah pilihan tepat untuk belajar bahasa inggris efektif.

2. Kampung inggris kampung terisolir

Jarak 45 menit dari Kota Kediri dan 3 jam dari Surabaya, mungkin membuat banyak orang berpikir bahwa kampung inggris adalah salah satu kampung yang lokasinya terisolir dari Kota Kediri. Ditambah lagi dengan sepeda ontel sebagai transportasi kampung inggris, wajar saja jika banyak orang menyangka bahwa kampung inggris ini tidak memiliki akses untuk mobil dan motor, jalannya sempit dan jelek. Padahal, di pinggiran kampung inggris terdapat akses jalan menuju Kediri, Jombang, Malang dan Surabaya, sehingga jalan raya di kampung ini mulus dan ramai dengan kendaraan. Jadi, kamu bisa membawa motor, mobil, atau bahkan bis ke dalam kampung inggris. Jarak antara kampung inggris dengan Kota Pare juga tidak terlalu jauh, bisa ditempuh dnegan sepeda ontel.

jalanan di kampung inggris

3. Kampung inggris bukan tempat kursus

Beberapa orang yang sempat ditanya, apa yang pertama kali kamu pikirkan tentang kampung inggris? mereka membayangkan bahwa kampung inggris hanyalah kampung yang isinya penduduk berbahasa inggris bahkan banyak orang bule, sehingga kalau kita ke sana, hanya perlu tinggal dan berkomunikasi setiap waktu dengan mereka maka kita akan jago berbahasa inggris. Faktanya, kampung inggris merupakan kumpulan dari ratusan lembga kursus. Hingga tahun 2015 ini, ada sekitar kurang lebih 156 tempat kursus bahasa inggris.

4. Kampung inggris: sebuah komplek kecil yang wajib bahasa inggris

Mitos lain tentang kampung inggris yaitu kampung ini merupakan komplek kecil yang memiliki pembatas dengan “dunia luar” (seperti komplek perumahan) dan di dalam komplek tersbut wajib berbahasa inggris. Kenyataannya, kampung inggris ini meliputi dua desa, yaitu Desa Tulungrejo dan Desa Pelem. Oleh karena itu, kampung inggris bisa menampung ratusan lembaga kursus dan ribuan pelajar yang datang tiap tahunnya. Untuk mengetahui lokasi kampung inggris, kamu bisa klik: Alamat Lokasi dan Peta Kampung Inggris

5. Jaminan pasti bisa bahasa inggris di Kampung Inggris

“Di kampung inggris, bisa langsung dapet TOEFL score 677 dalam waktu 2 minggu” atau “ke kampung inggris aja, dijamin lancar ngomong inggris 2 minggu”. Wah, mitos ini sangat biasa muncul di masyarakat umum. Apakah benar ada jaminan bisa bahasa inggris? padahal kemampuan tiap orang berbeda-beda dan semua tergantung pada siswanya, apakah sungguh-sungguh belajar atau hanya ingin jalan-jalan. Jadi, kampung inggris bukan tempat belajar bahasa inggris instant apalagi ajaib bisa membuat seseorang langsung ahli layaknya native speaker. Hanya saja, memang betul sistem belajar di kampung inggris bisa dikatakan intensif, karena berbahasa inggris disini mulai dari di kelas, di camp, bahkan di tempat umum. Adanya budaya ngobrol bahasa inggris juga bisa mendukung para siswa agar lebih cepat menguasai speaking bahasa inggris.

6. Selama di kampung inggris, tinggal di rumah penduduk

Pilihan tempat tinggal selama di kampung inggri ada 2, yaitu camp dan kosan. Kosan kampung inggris merupakan improvisasi dari rumah warga yang kemudian dirubah sedemikian rupa menjadi kosan. Masyarakat disini juga memberi nama kosan mereka dengan nama-nama inggris seperti chafa house, green house, girl’s dormitory, dan lainnya. Sedangkan camp kampung inggris lebih seperti asrama dengan bangunan lebih besar. Kalaupun ada, rumah penduduk biasanya hanya disewakan beberapa lama untuk pengunjung yang berwisata ke kampung inggris, atau para orang tua siswa yang ingin bermalam di kampung inggris beberapa hari.

camp putri LC kampung inggris

7.  Sepi dari fasilitas

Kampung inggris sepi dari ATM, shopping center, warung makan? Wah, kamu harus tau nih kalau di kampung inggris tersedia berbagai jenis ATM, penyewaan speda dan travel, berbagai rumah makan, penginapan, minimarket, bahkan fitness center juga ada di kampung inggris. Jadi jangan khawatir kamu bakal bingung mencari fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

8. Kampung inggris, ndeso banget

Ndeso? No, di kampung inggris, khususnya di sepanjang Jalan Brawijaya kamu akan melihat sebuah kampung yang hidup banget. Bahkan di malam hari, anak-anak yang baru selesai program malam akan ramai di berbagai rumah makan. Tempat nongkrong di kampung inggris juga tak kalah ramai, sebut saja Parecorner, Pareholic, GeDe, Oplostar, Cabe-cabean cafe, Wapo, dan lainnya. Wifi coner dan warung internet juga bisa dengan mudah kamu temui. Jadi kamu bisa tetap belajar sambil have fun di kampung inggris.

9. Guru di kampung inggris adalah native speaker

Ada lagi mitos tentang guru di kampung inggris yang merupakan native speaker atau penutur asli bahasa inggris. Fasktanya, tidak semua guru di lembaga kursus kampung inggris merupakan bule dari luar. Ada beberapa native speaker yang menjadi guru namun tidak di semua lembaga. Beberapa lembaga lainnya juga kadang kedatangan tamu native speaker di momen terntentu. Rata-rata guru bahasa inggris di kampung inggris merupakan asli lulusan lembaga kursus di kampung inggris, ataupun sarjana pendidikan bahasa inggris.

kunjungan native speaker

10. Biaya hidup murah di kampung inggris

Nah, kalau yang satu ini bukan mitos, tetapi asli fakta. Beberapa joke dari alumni kampung inggris  “wah, ini sih gaji saya sebulan di jakarta bisa untuk biaya hidup setahun di kampung inggris”. wajar saja, karena rerata biaya hidup di kampung pelajar ini relatif lebih murah. Bayangkan saja, kamu masih bisa menemukan nasi kuning seharga RP 2.000 dan gorengan RP 500 saja di kampung inggris. Namun demikian, kamu harus tetap bisa memanage uang selama belajar di sini, salah satu caranya adalah dengan membuat perencanaan biaya. Contoh perkiraan budget di kampung inggris, baca selengkapnya di: Budget Selama  Sebulan di Kampung Inggris.

Bagaimana, sudah terjawab kan pertanyaan di atas? Bagaimana sih kampung inggris itu? masih penasaran dan gak cukup dengan baca info Mitos Kampung Inggris ini? silakan langsung datang dan rasakan sendiri asiknya belajar dan tinggal di kampung inggris ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 

3 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *