Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Nonton Kartun Bisa Membantu Kamu Belajar Bahasa Inggris lho!

Nonton Kartun Bisa Membantu Kamu Belajar Bahasa Inggris lho!

Nonton Kartun Bisa Membantu Kamu Belajar Bahasa Inggris lho! Kata siapa kartun hanya untuk anak kecil saja? Nyatanya, banyak banget loh remaja, orang tua, bahkan bapak-bapak yang juga suka dengan film kartun. Selain untuk refresh mata karena animasinya yang lucu dan nggak ngebosenin, kebanyakan cerita dalam kartun juga bersifat jenaka yang pastinya menghibur banget. So, sahabat kampung inggris jangan kebanyakan nonton sinetron deh, sesekali bisa berganti nonton kartun-kartun yang sehat cerita dan gambarnya.

Nah, ngomong-ngomong soal kartun, tahukah kamu bahwa kartun juga bisa jadi sarana belajar bahasa Inggris. Udah sering banget kan kita bahas betapa banyaknya media belajar bahasa inggris, dan salah satuny adalah dengan menonton. Bukan hanya menonton film seperti biasa, namun ini dengan film kartun. Tidak seperti film lainnya, ada yang spesial dari film kartun sampai-sampai ia bisa digunakan sebagai media belajar bahasa inggris. Ini dia beberapa alasan mengapa kartun bisa kamu jadikan salah satu list sarana dalam belajar bahasa inggris. Cekidot 😀

1. Kartun itu Simpel

Kebanyakan film kartun memiliki jalan cerita yang simpel karena segmentasinya adalah anak-anak. Dengan jalan  cerita yang  nggak bikin pusing ini, maka kita bakal bisa menebak-nebak arti dari tiap kata yang diucapkan oleh karakter dalam film tersebut. Meskipun itu merupakan vocab baru, namun dengan gambar dan cerita yang simpel akan memudahkan kita mengetahui artinya melalui konteks adegan. Cara ini menuntut kita menggunakan indera mata dan pendengaran untuk mengetahui arti dari vocab tertentu. Belajar dengan menggunakan beberapa indera sekaligus sangat menguntungkan bagi otak untuk mengingat dan menyimpan suatu memori dengan lebih baik.

2. Bahasa dalam Kartun yang Sederhana

Agar anak-anak -sekalipun native  english speaker– mudah memahami cerita dalam suau film  kartun, maka pembuat film tersebut umumnya menggunakan bahasa inggris yang  simpel.  Bahasa yang digunakan dalam kartun biasanya bahasa yang sering digunakan sehari-hari. Bahasa yang ‘berat’ seperti academic english akan jarang kita temui dalam film kartun. Nah, kemudahan inilah yang bisa kita manfaatkan untuk belajar bahasa inggris.

3. Repetisi dalam Film Kartun

Biasanya, film kartun dengan jalan cerita yang sederhana ini juga sering terjadi repetisi atau pengulangan vocab. Beberapa vocab akan sering kita temui dalam satu film atau satu episode. Dengan seringnya kita berjumpa dengan vocab tersebut, sambil mencaritau artinya, tentu kita akan secara otomatis hafal dan mengingatnya dalam jangka waktu lama.

4. Memperkaya Vocabulary

Jika bahasa inggris diibaratkan sebuah bangunan, maka bisa dibilang vocabulary adalah batu batanya. Dasar dari membuat kalimat adalah kata. Nah, bagi kita para english learner, tentu saja menambah vocab setiap hari adalah hal yang wajib! Dengan belajar bahasa inggris lewat kartun, secara otomatis kita akan menambah terus vocab, frasa, idiom, dan ekspresi baru. Jangan lewatkan momen ini dengan membuka juga kamus bahasa inggris untuk memastikan apa sih arti vocab yang baru kamu dapatkan dalam kartun.

5. Mengasah Kemampuan Listening

Nonton kartun bahasa inggris dengan caption atau subtitle bahasa inggris adalah satu hal yang  sangat efektif dalam belajar bahasa inggris. Karena dengan begitu, kita menggunakan penglihatan dan pendengaran, alias mendengar filmnya sekaligus memastikan apa yang kita dengar dengan membaca subtitlenya. Ini sangat membantu untuk mengetahui pronunciation (cara pengucapan) dari kata-kata dalam bahasa inggris.

Kalau sahabat masih bingung di mana menemukan kartun untuk belajar berbahasa inggris, bisa tuh dicari di youtube atau melalui TV satelit dengan menonton saluran luar negeri. Beberapa channel seperti Nick Junior, Disney, Disney Junior, menyediakan banyak kartun sepanjang hari dengan bahasa inggris. Untuk belajar, sebaiknya kamu menonton atau mendownload filmnya lalu tonton menggunakan subtitle bahasa inggris. Bahkan, sesekali kita juga bisa menonton anime jepang dengan subtitle bahasa inggris sehingga kita masih bisa belajar bahasa inggris. Setidaknya, kita akan terbiasa dengan bahasa inggris sehari-hari lewat tontonan kartun tersebut. Semoga sukses!

Baca juga tips belajar bahasa inggris lainnya, selengkapnya di: Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *