Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Online Dictionary: Memudahkan Akses Kamus Bahasa Inggris

kamus bahasa inggris online

Online Dictionary: Memudahkan Akses Kamus Bahasa Inggris – Ada yang punya pengalaman pergi ke luar negeri dan tidak bisa berbahasa mereka? Misalnya kamu datang ke Scotland dan tidak bisa berbahasa inggris, kira-kira langkah pertama yang akan kamu lakukan adalah? Salah satu hal simpel yang bisa cukup membantu kamu dalam kondisi tersebut adalah dengan kamus bahasa inggris. Dan yang kedua adalah bahasa isyarat. hehehe

Kamus bahasa inggris memang tidak bisa membuat kamu jago speaking namun paling tidak bisa membantu kamu mencari translate dari kata-kata yang ingin disampaikan. Kalau jaman dahulu banyak turis asing yang membawa bawa kamus sambil berbicara dengan orang asli Indonesia, saat ini tidak perlu serepot itu karena sudah tersedia banyak kamus online ataupun software kamus yang bisa digunakan secara offline di smartphone. So, kita tidak perlu repot-repot membuka kamus manual yang membutuhkan waktu lama, hanya perlu ketikkan kata yang dituju lalu ok. Bahkan, saat ini perusahaan google sudah membuat teknologi kamus yang diinput dari suara bukan tulisnan. Wah, keren kan? Kalau begitu mari kita bahas kamus canggih apa saja yang bisa kita install di smartphone sebagai assistant saat belajar bahasa inggris maupun travelling ke luar negeri.

1. Google Translate

Google translate merupakan fasilitas yang disediakan oleh google company yang berfungsi menerjemahkan bahasa satu ke bahasa lainnya (contoh, bahasa inggris ke bahasa Indonesia). Dan hingga saat ini, google translate mampu menerjemah hingga kurang lebih 90 bahasa di dunia, tentu saja dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Penerjemah google translate bisa menerjemahkan kata, phrase dan kalimat. Awal mula adanya google translate cukup mengkhawatirkan, karena hasil terjemahnya cukup kacau. Namun dengan sistem sumbangan translate dari user, kini google translate berkembang dan semakin bagus hasil terjemahannya. Selain itu, google translate juga didesain semakin canggih. Kita bisa unduh aplikasi google translate di playstore dan bisa melalui PC juga. Input kata untuk diterjemah bukan hanya menggunakan tulisan namun juga bisa menggunakan suara, bahkan saat ini bisa melalui gambar/photo. Wah, keren ya!

2. Kamus Inggris-Indonesia

Kamus yang satu ini jumlahnya sangaaaaaat banyak di dalam playstore dan appstore. Tinggal ketik kamus bahasa inggris maka akan keluar banyak pilihan. Yang perlu diperhatikan dalam mendownload aplikasi kamus inggris-indonesia adalah 1) apakah kamus tersebut bisa digunakan offline atau hanya online saja. Sebaiknya, untuk berjaga-jaga jika tidak ada kuota dan sinyal internet, kita mengunduh aplikasi offline. 2) kelengkapan vocabularies dalam aplikasi kamus.

3. Kamus Inggris-Inggris

Kamus yang menerjemahkan bahasa inggris ke bahasa inggris sangat membantu kemampuan english kita. Penting juga untuk sering sering menggunakan kamus inggris-inggris. Beberapa kamus hardcopy yang tersohor juga sudah ada versi aplikasi smartphonenya, seperti: Merriam-webster, Oxford Dictionary of English, Cambridge Dictionaries. Kamus inggris-inggris lainnya yang cukup lengkap yaitu English Dictionary-offline yang bisa kamu unduh di playstore. Kamus tersebut memiliki audio untuk pronunciation, juga IPA (International Phonetic Alphabet) untuk Ame (American English ) dan juga BrE (British English), dan phrase. Selebihnya, kamu bisa pilih sendiri kamus inggris-inggris karena jumlahnya juga sangat banyak.

Memiliki kamus bahasa inggris di smartphone sangat dianjurkan. Karena sangat memudahkan bagi kamu yang sedang belajar bahasa inggris. Contohnya saja, untuk bisa writing dengan baik, tentu harus sering membaca. Tidak semua vocab dan phrase dalam bacaan bahasa inggris bisa kita mengerti. Pada saat seperti inilah kita sangat membutuhkan kamus di smartphone yang sangat mudah dijangkau.

Oke, sahabat LC Kampung Inggris , perlu diingat juga nih bahwa kamus hardcopy yang biasa kita gunakan sejak dulu tdak berarti dilupakan begitu saja. Karena, pengalaman dari banyak orang, kamus hardcopy pun memiliki banyak kelebihan yaitu: lebih valid karena langsung dari pencetak / penerbit /  author aslinya, sedangkan kamus software merupakan turunan dari kamus hardcopy. Selain itu,sering membaca kamus hardcopy akan membantu kita menambah khasanah vocab bahasa inggris karena saat kita melihat satu kata, kita juga akan melihat dua kata di atas dan bawahnya. So, jangan lupakan juga kamus hardcopynya yaa.

Mau belajar pake cara canggih, selengkapnya di: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Demikian ulasan tentang Online Dictionary yang Memudahkan Akses Kamus Bahasa Inggris, semoga bermanfaat kawan ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

4 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *