Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Passed dan Past

passed vs. past

Passed dan Past – Yang manakah dari dua kata tersebut yang benar? Hmmm, untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya tergantung kebutuhan dan maksud penggunaan kita. Bisa jadi keduanya benar. Lalu, apa sih perbedaan antara passed dan past? Kadang, dua kata itu gampang banget tertukar. Biar gak bingung lagi, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penggunaan PAST

Past memiliki beberapa penggunaan. Bisa sebagai adjective (kata sifat), noun (kata benda) atau adverb (kata keterangan)

1. Past Sebagai Adjective

Sebagai kata sifat, past bisa didefinisikan sebagai “gone by in time; elapsed; ;Having already happened; done with; over” atau dalam bahasa Indonesia, kita bisa artikan sesuatu yang sudah selesai, atau berada pada waktu yang telah berlalu. Contoh simpelnya, dalam grammar kita mengenal tenses (bentuk kalimat) yang menunjukkan waktu lampau, apalagi kalau bukan past tense, past perfect tense dan past pasrticiple. Yuk kita lihat lebih detil past tense: past (adjective) yang berarti lampau + tense (kalimat) = kalimat lampau. Makanya, dalam past tense kita menggunakan kata kerja yang sifatnya lampau. Contoh kalimat lainnya:

  • During the past year, My father planted many sunflowers in front of his house / Di masa lalu, ayah saya menanam bunga matahari di depan rumahnya
  • The days which we were together is now past / Masa-masa dimana kita bersama-sama sekarang telah berlalu
  • I don’t want to recall my past life with him / Saya tidak mau mengingat lagi kehidupan saya dengannya yang sudah berlalu
  • The storm is past / Badai telah berlalu

2. Past Sebagai Noun

Sebagai kata benda, past memiliki arti “The time that has gone by; a time, or all of the time, before the present” alias: masa lalu. Contohnya:

  • If I could go to the past, I would fix every mistake that I’ve done before / Jika saya bisa kembali ke masa lalu, saya akan memperbaiki semua kesalahan yang saya perbuat
  • We cannot live in the past / Kita tidak bisa tinggal di masa lalu
  • My mom always tell me that she miss the past / ibu saya selalu bilang bahwa ia rindu masa lalu

3. Past Sebagai Preposition (Kata depan)

Sebagai kata depan, past bisa berarti dua hal. Pertama, ia bisa digunakan dalam waktu yang berarti “Beyond in time; after; after a particular hour”. Contohnya:

  • It is almost half past nine / Sekarang hampir jam 9 lebih 30 menit
  • I will meet you at past midnight / Saya mau bertemu dengan kamu setelah tengah malam (dini hari)

Yang kedua, past juga digunakan sebagai preposisi tempat. Yang artinya “Beyond in place; further on than; at or on the further side of; to a point beyond”  atau dalam bahasa Indonesia: setelahnya, di sebelah sananya. Contoh kalimat:

  • The Post Office is past my house / kantor pos berada setelah rumah saya
  • I’ll wait for you at the bus shelter past the turning / Saya akan menunggu kamu di halte bis  setelah belokan

4. Past Sebagai Adverb

Past juga bisa digunakan sebagai adverb atau kata keterangan yang menjelaskan verb (kata kerja) . Sebagai adverb (kata keterangan), past berarti  “So as to pass or go by; by” atau melewati sesuatu. Misalnya:

  • Ignore them, We will walk past them / Abaikan mereka, kita akan berjalan melewatinya
  • Fasten your seatbelts! I want to drive past that haunted cemetery / Kencangkan sabuk pengamanmu! aku mau melewati kuburan angker itu
  • I don’t want to run past my problem. I should solve it one by one / Saya tidak mau lari dari masalah, sebaiknya saya menyelesaikannya satu per satu

Penggunaan PASSED

Passed merupakan bentuk lampau (past participle) dari kata kerja “to pass”. Passed bisa menjadi kata kerja intransitive (tidak memerlukan objek) ataupun transitive (membutuhkan subjek dan atau objek). To pass berarti “To proceed, move forward, depart; to cause to do this” yang artinya kurang lebih adalah gerakan (aktivitas) melewati sesuatu, berpindah, berubah atau memindahkan sesuatu. seperti to pass an examination (melewati ujian). Contoh:

  • The weeks passed quickly / pekan ini berlalu dengan cepat (intransitive, tanpa objek)
  • The waiter passed the wine to the guest slightly / Pelayan itu memberikan wine kepada tamu dengan pelan-pelan (transitive, ada objek)
  • My hardest time in school has passed well / masa-masa sulit di sekolah saya telah berlalu dengan baik (intransitive, tanpa objek)
  • Every single person passed from youth to the old age / Setiap orang berubah dari muda menjadi tua (intransitive, tanpa objek)
  • I passed my holiday with my grandmom / Saya menghabiskan waktu liburan bersama nenek (transitive, ada objek)

Kebanyakan, passed digunakan sebagai verb. Seperti yang telah kita bahas di atas. Namun dalam beberapa kalimat, kita akan menemukan passed digunakan sebagai noun, adjective, juga phrase. Contoh phrase yaitu: passed away artinya meninggal.

Dear sahabat kampung inggris, itu dia penjelasan lengkap tentang passed dan past. Semoga gak ketuker lagi ya. Diingat baik-baik fungsi masing-masing dalam kelas kata. Dan pastikan, teman-teman terbiasa menggunakan keduanya.

Yuk cekidot artikel english learning lainnya, baca selengkapnya di: Writing Tips: Rajin Membaca

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *