Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Penggunaan House dan Home dalam Bahasa Inggris

penggunaan house dan home

Penggunaan House dan Home dalam Bahasa Inggris – Rumah adalah salah satu vocabulary dalam bahasa inggris yang sangat mudah dikenali. Bahkan, para siswa SD juga pasti tau dan mudah diingat, karena rumah adalah tempat tinggal kita sehari-hari. Oke, sekarang coba jawab ya, apa bahasa inggrisnya rumah? House atau Home? Nahlo.. bingung kan? keduanya sama-sama memliki arti rumah dalam kamus bahasa Indonesia – Inggris. Lalu di mana letak perbedaannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Home dan House secara bahasa memang memiliki arti yang sama yaitu, rumah. Namun menurut beberapa ahli, keduanya memiliki perbedaan secara istilah, lebih tepatnya memiliki perbedaan makna. Kalau kamu katakan House, ini merujuk pada bangunan rumah yang sebenar-benarnya. Yang ada ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, atau yang biasa disebut dengan property. Sedangkan Home, semacam makna konotasi dari rumah. Home tidak menujukkan bangunan rumah yang sebetulnya, tapi ada kaitannya dengan emosinal. Misalnya kita punya tempat yang sering dikunjungi karena ada banyak teman yang bikin kita nyaman di sana, kita bisa menyebutnya rumah kedua. For example: LC Kampung Inggris is my second home. It has such a great thing to enjoy / LC kampung inggris adalah rumah kedua saya. Di sana banyak hal yang membuat nyaman. Nah, rumah yang dimaksud bukan bangunan rumah tempat tinggal tapi tempat yang bikin kita nyaman dan ingin selalu kembali ke sana. Jadi, kalau diakatakan I wanna take you to  a lovely home bukan berarti home adalah tempat dimana kita akan hidup sehari-hari, melainkan punya makna emosional yang luas. Oleh karenanya kamu pasti sering mendengar Home sweet Home dan bukan house sweet house, ya kan? ^_^

House = Bangunan rumah yang sebenar-benarnya

Home = (Bisa jadi) Rumah bukan tempat tinggal tapi tempat yang nyaman dan ingin selalu kembali ke sana

Beberapa quote ini akan membuat kamu semakin mengerti perbedaan Home dan House:

Home is where the heart is ~ Pliny the Elder

Maksud quote di atas yaitu rumah adalah tempat di mana hati (perasaan) yang dominan di dalamnya, bukan hanya soal dunia dan logika semata. Oleh karena itu home selalu dikaitkan dengan perasaan yang nyaman. Sedangkan house adalah rumah seutuhnya.

A house is not a home unless it contains food and fire for the mind as well as the body ~ Benjamin Franklin

Quote Benjamin Franklin di atas menunjukkan bahwa house (rumah sebenarnya) belum tentu menjadi home (rumah yang nyaman versi hati) sebelum di rumah tersebut menyediakan berbagai kebutuhan untuk pikiran, seperti layaknya rumah tinggal yang menyediakan makanan, air, penghangat dan lain-lain untuk kesehatan tubuh.

Contoh Kalimat House dan Home

Karena tidak hanya berarti rumah sebagai tempat tinggal, makan penggunaan home sangatlah luas. Bisa sebagai tempat pengungsian, bisa sebagai “rumah kedua”, atau bahkan bumi pun bisa dikatakan home. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh-contoh kalimat berikut:

He built a home for homeless people / Ia membangun rumah (tempat bernaung dan berlindung) untuk orang-orang tuna wisma

Batu city is the home of malang apple / Kota Batu adalah rumah (lingkungan utama untuk tumbuhnya) apel malang

Feel like at home! / Anggap rumah sendiri ya

My husband bought a luxurious home near the city / Suami saya membeli rumah yang mewah di dekat kota

Contoh kalimat untuk house:

I built a big house in front of police station / Saya membangun rumah yang besar di depan kantor polisi

The house which she bought last month is so expensive / Rumah yang ia beli bulan lalu sangatlah maha

There are so many toys in my house, so you can let your children playing there / Ada banyak mainan di rumah saya, jadi kamu bisa membiarkan anak-anak bermain di sana

The next house is Carla’s/ Rumah yang ada di sebelah adalah rumahnya carla

Isn’t it easy though? Gampang kan belajar bahasa inggris. Cari tau juga perbedaan dua kata berikut ini: Help atau Assist??

Kalau sekarang sudah tau Penggunaan House dan Home dalam Bahasa Inggris, jangan lupa untuk latihan terus menerus dan cari tau lebih banyak lagi tentang vocabulary. Till then!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *