Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Penggunaan In, On dan At untuk Waktu

in on dan at untuk waktu

Penggunaan In, On dan At untuk Waktu – Sudah tidak diragukan lagi bahwa penguasaan grammar sangat berpengaruh dalam kemampuan speaking kita. Contohnya, misal suatu hari kamu ditanya sama temen, “When were you born?” ” I was born on July 20th 1990″ kira-kira preposisi on untuk tanggal lahir tersebut bener gak ya? Sayangnya, kita mudah sekali lupa dan tertukar antara penggunaan in on dan at sebagai preposisi waktu. Jadi, dalam kesempatan ini mari kita bahas penggunaan in, on dan at untuk waktu.

In

Preposisi in digunakan untuk menunjukkan waktu yang masih sangat umum, atau dalam periode yang sangaaat panjang, misalnya: dekade, abad, tahun, bulan, dan lain sebagainya. Contoh:

In Indonesia, it starts raining in September / Di Indonesia, mulai hujan pada bulan september

I don’t how Indonesia will be in the future / Saya tidak tau akan bagaimana Indonesia di masa depan

PENTING: preposisi in juga digunakan untuk expression yang memang sejak awal cara penggunaannya sepeerti berikut, jadi tidak bisa menggunakan preposisi lainnya:

in the morning
in the mornings
in the afternoon(s)
in the evening(s)

On

Preposisi on digunakan untuk waktu yang lebih spesifik daripada in. On menunjukkan HARI dan TANGGAL seperti On sunday, on wednesday, on 25 December, on weekend, on independence day, dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh kalimat untuk preposisi on:

Do you go to Jakarta on Tuesday? / Apakah kamu pergi ke Jakarta saat hari selasa?

I will meet you on new year’s day / Aku akan menemuimu saat tahun baru

PENTING: Preposisi on juga memiliki common expression yang selalu menggunakan on, berikut ini beberapa common expression tersebut:

on Tuesday morning
on Saturday mornings
on Sunday afternoon(s)
on Monday evening(s)

At

Preposisi ini mungkin sering terdengar di telinga kita, karena memang sering digunakan. Misalnya, kalau kita mau janjian sama seseorang pastinya kita juga menentukan waktu pertemuan. Contohnya:

Debora, when will we meet to talk about medical project? / Debora, kapan kita keteman untuk membicarakan proyek kesehatan?

Well, I’ll see you at 3 o’clock in Plasa Manggarai / Baiklah, aku akan menemuimu jam 3 tepat di plasa manggarai

Apakah teman-teman sudah bisa menyimpulkan penggunaan preposisi at ini? Yap, at hanya digunakan untuk menunjukkan a precious time atau waktu yang tepat. Seperti jam 10 pas, jam 10.30, jam 22.24. Dalam bahasa inggris kita kenal dengan: at 10 o’clock, at half past three, at 22.24 pm, at sunrise, at midnight, at bedtime, dan lain sebagainya. Intinya adalah, at digunakan untuk menunjukkan waktu yang sangat spesifik. Berikut contohnya:

We have a meeting at 1 o’clock / Kami ada rapat jam 1 tepat

I’ll get to home at dinnertime / Aku akan tiba di rumah saat makan malam

PENTING: Seperti sebelum-sebelumnya, preposition at juga memiliki common expression. Apa saja? Let’s check it out.

at night
at the weekend / on the weekend
at Christmas / on christmas
at the same time
at present

Without Preposition

Sebagai tambahan, bahwa ada beberapa time signals (keterangan waktu) yang tidak memerlukan preposisi in on dan at meskipun berada dalam ketentuan sebelumnya. Hal ini hanya terjadi apabila kamu menemui keterangan waktu yang sebelumnya diikuti oleh last, next, every, this. Karena keempat kata tersebut merupakan adjective (kata sifat) yang menjelaskan kapan. Agar lebih jelas, mari kita lihat contoh berikut ini:

I went to bali last June with my family (bukan in last june)

She gives me money every eid al fitr (bukan at every eid al fitr)

Baca juga: Penggunaan in, on dan at untuk tempat

Nah demikian lah penjelasan lengkap tentang penggunaan in, on dan at untuk waktu. Semoga bermanfaat ya, namun bagi kamu yang masih bingung. Bisa langsung bertanya pada tutor yang smart dan asik di LC Kampung Inggris. Karena disini adalah the right place to learn english ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *