Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Penggunaan Misused, Disused Dan Unused

bedanya misused, unused dan disused

Halo sahabat LC Kampung Inggris. Pernahkah kamu perhatikan bahwa ada banyak vocab dalam bahasa inggris yang cuma beda satu huruf tapi ternyata beda arti juga lho. So, you should be careful. Jangan sampai salah taruh vocab, karena nanti artinya juga beda  ^_^

Salah satu contohnya yaitu: MISUSED dan DISUSED. Cuma beda huruf M dan D, lalu apa artinya?

MISUSED berarti Penyalahgunaan terhadap sesuatu

Misalnya kamu mengatakan: Ada penyalahgunaan jabatan di kantor itu. So, dalam bahasa inggris kalimatmu menjadi;  “There’s a  misused  position in that office”

DISUSED berarti Sudah tidak digunakan lagi

Contohnya kamu punya banyak barang yang tidak terpakai lagi dan mau menjualnya, kamu bisa menggunakan kalimat berikut; “I have many disused stuffs in my room, so  I should sell these  all later”

UNUSED artinya belum pernah digunakan atau sedang tidak digunakan.

Kalau kamu mau mengatakan  “kemarin, saya meminjam rok baru (belum pernah dan sedang tidak digunakan) milik ibu saya” maka dalam bahasa inggris, kamu bisa katakan dengan; “Yesterday, I borrowed my mother’s unused  skirt”

Gimana sahabat LC, sudah tau bedanya kan? Lebih jauh lagi, tiga kata ini punya perbedaan pada prefix. Prefix  adalah huruf atau gabungan huruf yang ditambahkan pada kata dasar, sehingga arti kata tersebut bisa berubah. Misalnya pada kata Misused, Disused dan Unused tadi. Pada dasarnya, Use = menggunakan/penggunaan, tapi setelah ditambah mis- artinya jadi penyalahgunaan. Nah, mari kita lihat penggunaan dasar dari prefix mis-, dis-, dan un- berikut ini.

1. Mis-

Mis- berarti salah. Kalau ada kata dasar yang digunakan bersama prefix ini artinya jadi salah. Contoh lainnya; misunderstanding = salah paham, misheard = salah dengar, misspelling = salah pengejaan.

2. Dis-

Sedangkan Dis – digunakan untuk mengatakan tidak. So, tiap kata dasar yang ditambah dis- artinya  jadi negative. Contoh; disable =  tidak aktif, dislike = tidak suka, dan disobedient = tidak patuh peraturan

3. Un-

Un- juga berarti ‘tidak’.  Sama seperti dis-, hanya saja pengertian kata dasar yang ditambah dis- dan un- bias saja berbeda, tergantung kata dasarnya. So, kamu tetap harus berhati-hati guys. Misalnya nih, Dislike dan Unlike. Sama-sama kata dasar like yang artinya suka. Tapi ternyata, Dislike artinya Tidak Suka, sedangkan Unlike artinya Tidak Serupa. Contoh kata dengan prefix un- lainnya yaitu Unattractive = kurang menarik, Unfamous = tidak terkenal.

Gimana ya dengan kata-kata lain dalam bahasa inggris? Jawabannya adalah dengan BELAJAR. Semakin sering belajar dan latihan, lama kelamaan kamu akan semakin hafal dengan beragam kata dan modifikasinya dalam bahasa inggris. Tips belajar bahasa inggris efektif, baca di sini: Cara Efektif Belajar  Bahasa Inggris

Gampang kan?  Semoga artikel Penggunaan Misused, Disused dan Unused ini bisa menambah skill kamu ya. Keep learning guys ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

6 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *