Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pentingnya Belajar GRAMMAR

Pentingnya belajar grammar

Pentingnya Belajar GRAMMAR – Apa yang pertama kali ada di pikiran sobat ketika mendengar kata ‘grammar’, apakah langsung kepikiran TOEFL? hihi. yap, memang sebagian besar english learner menganggap grammar adalah hal yang sulit. Maka wajar, jika banyak yang hanya mau belajar speaking saja tanpa belajar grammar. Katanya, grammar itu ribet, susah, harus hafal ini itu, banyak salah, dan blablabla. Sedangkan speaking gampang, tinggal belajar pronunciation atau dengarkan saja native english speaker berbicara. Nyatanya, ketika kita bicara pun mengandung unsur grammar. Salah grammar, salah ngomong bisa salah arti. So, kali ini kita akan ulas habis betapa pentingnya belajar grammar untuk kita-kita yang ingin jago berbahasa inggris.

Jadi, mau pilih grammar atau speaking? Baca ulasan selengkapnya di: Grammar vs. Speaking

Grammar, Penting Gak Sih?

Belajar bahasa inggris ‘saja’ memang mudah. Hanya dengan mengetahui vocab dan menyambung-nyambungnya, mungkin bisa menjadi sebuah kalimat. Namun pertanyaanya, apakah kalimat benar? Misalnya pada kalimat “My favourite color blue = warna favorit saya biru”. kalimat tersebut bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia tapi secara gramatikal, kalimat bahasa inggrisnya salah, karena tidak ada verb. Atau pada penggunaan tanda baca dalam bahasa inggris, salah tanda baca bisa salah arti. Contohnya pada kalimat “Let’s eat grandpa = ayo makan kakek (kanibal donk)” dan “let’s eat, grandpa = ayo makan, kek (mengajak makan)” tanda baca atau dalam bahasa inggris disebut punctuation, juga termasuk dalam aturan grammar. Nah kaian bisa lihat kan grammar yang asal-asalan bisa merubah arti kalimat. They said that Grammar could save one’s life.

So, belajar bahasa inggris tidak semudah membuat kalimat “my favourite colour blue”, namun ada grammar yang mengajarkan kita bagaimana membuat kalimat yang benar, juga tentang penggunaan kelas kata (part of speech), dan lain sebagainya. Saat belajar grammar, kita diajarkan untuk menjadi komunikator, pendengar, pemikir, pembaca dan penulis yang baik. Karena setiap aspek tersebut membutuhkan grammar. Dengan kemampuan grammar yang baik, semakin banyak peluang kerja untuk kita. Misalnya, untuk menjadi konsultan kelas internasional, membutuhkan grammar untuk berkomunikasi dengan klien. Lebih-lebih pada dosen atau peneliti internasional, membutuhkan grammar untuk academic english.

Mungkin, kamu punya banyak ide dan pemikiran, tapi pengetahuan tentang grammar bahasa inggris sangat sangat minim, bagaimana kamu bisa menjelaskan ide tersebut kepada orang lain? Nah, inilah jawaban sederhana mengapa belajar grammar itu penting. Terutama, orang-orang yang belajar bahasa inggris sebagai bahasa kedua, mereka menganggap bahasa inggris itu simple, tapi mereka melakukan banyak kesalahan  grammar dalam writing dan speaking. Kenapa? Karena mereka lupa untuk belajar GRAMMAR. Meskipun kamu hanya tau tentang grammar dasar, ini lebih baik daipada ngasal sama sekali. Karena menjadi ahli dalam grammar membutuhkan waktu, dengan terbiasa menggunakan grammar yang benar, lama kelamaan kita akan ahli dalam grammar. So, jangan batasi diri untuk terus mengimprove kemampuan grammarmu.

Suatu hari, ketika kamu sudah jago dengan grammar, kamu bisa berkomunikasi dengan siapapun, dimanapun, dalam situasi apapun dan kapanpun. Kamu bisa memahami native speaker saat mereka menulis dan berbicara kalimat yang panjang atau pendek, simpel atau kompleks. Yap! kesimpulannya adalah: Grammar sangat penting.

Konklusi:

  • Tanpa grammar, komunikasi menjadi amburadul. Dengan menguasai grammar, kita bisa mengerti sekaligus memaparkan ide kepada khalayak dengan baik dan benar.
  • Menulis dan berbicara dengan benar secara gramatikal bisa membangun kredibilitas personal. Dalam dunia kerja, kita bakal jadi orang yang “dicari” karena reputasi bahasa inggris yang baik.
  • Banyak orang memiliki indikator kecerdasan dan pendidikan seseorang dilihat dari kemampuan bahasa inggrisnya

Pentingnya Grammar di Kehidupan Nyata

Kemampuan grammar sangat berguna di setiap aspek kehidupan, mulai dari komunitas, kehidupan sosial, pekerjaan, pendidikan. Bahkan, orang tua juga harus lebih pintar grammar lho, karena mereka akan menjadi guru pertama bagi anak-anaknya yang akan belajar bahasa inggris. Selain dalam keluarga, grammar juga penting bagi para pemimpin. Mulai dari ranah informal hingga pejabat negara. Pemimpin ibarat jembatan ke dunia luar. Jika seorang leader tidak menguasai bahasa inggris dengan baik, bagaimana ia akan mengenalkan komunitas/negaranya kepada dunia luar? Sama halnya dengan para akademisi. Sangat penting menguasai grammar untuk academic english (bahasa inggris untuk bidang pendidikan), misalnya dalam pembuatan abstract, paper, membaca jurnal dan textbook, atau bahkan presentasi ilmiah.

Dalam dunia kerja, sekarang banyak sekali perusahaan internasional masuk ke Indonesia. Namanya juga perusahaan skala internasional, kebanyakan menuntut para calon pegawainya untuk bisa berbahasa inggris. Dibuktikan dengan TOEIC, TOEFL, atau tes bahasa inggris lainnya. Jaman sekarang, Curriculum Vitae juga menjadi tren dalam bahasa inggris, karena lebih disukai oleh perusahaan. Apalagi bagi kamu yang akan bekerja di luar negeri, atau di NGO dan perusahaan internasional, berisaplah wawancara kerja dalam bahasa inggris. Dan pastinya, mereka akan melihat sejauh mana kemampuan grammar calon pegawainya dalam writing dan speaking.

Well, itu dia ulasan tentang Pentingnya Belajar Grammar. Jangan khawatir jika kamu masih berpikir grammar itu susah. karena banyak cara untuk menguasai grammar. Dengan latihan, belajar hal baru setiap hari pastinya kamu bisa cas cis cus secara gramatikal. Latihan dengan partner dan guru yang kompeten juga penting lho, coba aja dateng ke LC Kampung Inggris sebagai salah satu sarana untuk mematangkan grammar. Kamu pasti akan lebih termotivasi karena banyak teman belajar di Kampung Inggris Pare.

Kampung inggris? Apaan tuh? Baca semua tentang kampung inggris di: 35 Fakta Terbaru Tentang Kampung Inggris

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

5 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *