Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pentingnya Kursus Bahasa Inggris untuk Anak

pentingnya kursus bahasa inggris untuk anak

Pentingnya Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Para orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak mereka. Entah itu berupa barang-barang, sekolah yang bagus, pakaian yang baik, kasih sayang dan sebagainya. Salah satu hal penting yang juga harus dipersiakan oleh para orang tua adalah bekal bagi masa depan anak. Bekal apakah itu? Apakah Anda sebagai orang tua berpikir bahwa bekal terbaik bagi anak adalah mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya lalu mewarisi kekayaan pada anak? Banyak bukti nyata bahwa kekayaan tidak menjadi jaminan bahwa sang anak akan sukses di masa depan. Justru, semakin anak dilimpahi dengan kemewahan, mereka cenderung manja, suka nongkrong, bergaul kelewat batas dan banyak yang terjerumus dalam kenakalan. Lantas, bekal apa yang baik bagi anak?

Pernahkah Anda melihat bagaimana perusahaan besar atau bahkan Indonesia memberikan beasiswa kuliah hingga professor kepada anak bangsa? Mengapa mereka tidak mengalihkan uangnya untuk investasi barang dan modal? Nyatanya, investasi yang juga tak kalah menguntungkan adalah investasi manusia, atau SDM. Karena dengan SDM yang berkualitas, dan mereka akan mengabdi pada pemberi beasiswa, maka perusahaan bahkan negara ini akan semakin maju. SDM yang dibekali oleh pendidikan akan lebih berharga daripada uang di masa depan.

Oleh karena itu, salah satu bekal penting bagi anak adalah pendidikan, sedini mungkin. Selain pendidikan yang paling utama, pendidikan agama dan moral, mengajarkan bahasa pada anak juga dapat meningkatkan kecerdasan. Semakin banyak bahasa yang dikuasai seseorang, maka besar kemungkinan ia semakin cerdas. Kabarnya, mempelajari bahasa bisa meningkatkan daya kerja otak sehingga manusia bisa lebih cerdas dan anti lemot. Mengapa sejak kecil? Tentu saja agar pelajaran bisa diserap optimal. Karena otak anak kecil masih sangat aktif, sehingga pada saat itulah waktu yang tepat untuk memulai belajar bahasa inggris. Selain itu, mengajarkan bahasa pada anak juga memberi kesempatan pada nya untuk belajar bahasa lebih lama lagi, sehingga akan semakin banyak yang dieksplor.

Kira-kira, bahasa asing apa yang akan Anda ajarkan pada anak? Melihat prospek ke depan, mungkin Anda bisa memulai mengajarkan anak Anda bahasa inggris. Karena bahasa asal Britania tersebut merupakan bahasa internasional. Bahkan di beberapa negara, meskipun bahasa inggris bukan bahasa ibu, namun mereka menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa kedua. Sayangnya, di Indonesia bahasa inggris masih sangat kurang diajarkan, khususnya di Sekolah Dasar. Hanya beberapa jam dalam satu minggu. Oleh karenanya, ini menjadi tantangan bagi para orang tua. Mengajarkan anak bahasa inggris, atau alternatif lain: Mendaftarkan anak di tempat kursus bahasa inggris.

Mengapa Kursus Bahasa Inggris Penting untuk Anak?

Di usia mereka yang masih kecil (TK – SD) bahkan saat anak menginjak SMP dan SMA, adalah masa-masa emas dimana anak perlu belajar banyak hal sekaligus mendapat bimbingan langsung. Jangan sampai mereka salah belajar. Contohnya begini, misalnya anak-anak usia TK yang masih sering mengikuti kelakuan orang dewasa mendengar kalimat bahasa inggris yang sama sekali salah secara gramatikal. Alias mencampur adukkan bahasa. Kacau. Alhasil, anak-anak kan terbiasa dan mengikuti pola bahasa inggris yang salah, oleh karena itu anak harus belajar di bawah bimbingan sebelum ia bisa belajar secara otodidak. Berikut ini beberapa manfaat kursus bahasa inggris bagi anak:

1. Bimbingan Bahasa dari Ahlinya

Tidk diragukan lagi, pengajar bahasa inggris di tempat kursus tentunya telah memiliki spesifikasi keahlian berbahasa inggris. Maka, pilihan tepat untuk mengajarkan anak hal dasar dalam bahasa inggris dalam bentuk yang benar. Sehingga anak-anak akan mengingat materi yang benar hingga dewasa nanti.

2. Memiliki Lingkungan Sosial untuk Belajar Bahasa Inggris

Partner dalam belajar bahasa sangatlah penting, karena bahasa merupakan alat komunikasi. Jika bahasa tidak digunakan untuk berkomunikasi, maka sama saja kita sedang menghilangkan keahlian bahasa. Selain partner belajar, kursus bahasa inggris bagi anak juga bisa membuat mereka bertemu dengan teman baru dan pengalaman baru, yang tentunya tidak bisa didapatkan di sekolah formal.

3. Meningkatkan PEDE

Percaya diri merupakan kunci penting dalam berbahasa inggris. Apalagi kalau berbicara dengan orang bule asli, pasti butuh PEDE agar bisa lancar ngobrol dengan bahasa inggris. Nah, tempat yang tepat untuk mengasah kepedean anak adalah di tempat kursus. Selain jumlah siswa yang lebih kecil dari sekolah formal, pengajar di lembaga kursus biasanya lebih muda, fresh dan menarik. Inilah ruang yang tepat untuk anak-anak mengasah bahasa inggris mereka agar PEDE.

Dan yang lebih penting lagi, anak kita akan mendapatkan pengajaran bahasa inggris yang baik dan benar di usia yang dini. Dengan begitu, ia akan mengingatnya bahkan sampai dewasa. Kelak saat SMP, SMA atau saat Kuliah anak kita hanya perlu mengasah dan mengembalikan lagi memori tentang bahasa inggris yang sangat dasar. Membiarkan anak belajar di tempat kursus sama saja membagun fondasi bagi mereka, hingga saat dewasa mereka hanya perlu menata batu bata.

Manfaatkan Waktu untuk Kursus

Orang tua memang harus pandai mengatur waktu anak-anak agar terbagi antara sekolah, bermain, kursus dan belajar di rumah. Biasanya, para orang tua mengkursuskan anak-anak mereka di waktu sepulang sekolah. Beberapa tempat kursus seperti EF, LIA, BBC, IEC dan Wall Street yang berada di tengah kota sangat mudah ditemui dan dijangkau. Lembaga tersebut biasanya memiliki program untuk anak yang sifatnya benar-benar dari basic. Mereka memanfaatkan waktu pulang sekolah (sore) atau bahkan setelah petang. Lembaga kursus ini umumnya menyediakan berbagai pilihan jadwal, dan Anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Selain waktu kosong sepulang sekolah, Anda juga perlu memikirkan saat liburan sekolah. Biasanya, mungkin anak-anak akan Anda ajak liburan ke puncak, ke pantai, ke rumah sanak saudara. Namun dalam kesempatan tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengasah bahasa inggris anak dengan liburan sambil belajar bahasa inggris. Adalah Kampung Inggris Pare, Kediri. Tempat ini sudah sangat terkenal se-antero Indonesia sebagai kumpulan lembaga kursus bahasa inggris. Kampung Inggris menjadi komunitas bahasa inggris terbesar di Indonesia. Ada 100 lebih tempat kursus, ribuan siswa, dan bisa semakin ramai saat liburan sekolah tiba. Misanya saja di salah satu lembaga kursus LC Language Center yang juga menerima siswa SD hingga mahasiswa saat liburan. Di LC, anak-anak akan belajar vocab, speaking, grammar atau cara menulis kalimat dan listening. Yang tentunya disesuaikan dengan level pendidikan siswa. Jadi Anda tidak perlu khawatir  jika anak Anda akan liburan di kampung inggris, karena mereka akan diajarkan bahasa inggris dengan berbagai penyesuaian. Selain itu, sistem belajar di kampung inggris berbeda dengan tempat kursus biasa, di sini belajar menjadi lebih menyenangkan dan pastinya materi menjadi lebih mudah masuk.

Baca juga artikel ini: Belajar di Kampung Inggris Melatih Anak Mandiri

Sekian ulasan singkat tentang Pentingnya Kursus Bahasa Inggris untuk Anak. Semoga bermanfaat, khususnya para orag tua ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *