Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan Because of dan Due to

because of vs due to

Perbedaan Because of dan Due to – Dalam bahasa inggris, kita mengenal preposisi “because” untuk menjelaskan sebab akibat. Because berarti “karena”. Namun, ternyata ada because of dan due to. Lalu, apa perbedaan antara keduanya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Salah satu kesulitan dalam belajar bahasa inggris adalah banyaknya aturan dan kebiasaan oleh para native speaker. Contohnya pada dua kata tersebut, bahkan orang asli bahasa Inggris pun masih memiliki kesalahpahaman dengan because of dan due to. Banyak yang bilang bahwa because of dan due to memiiliki makna, arti dan penggunaan yang sama, sehingga keduanya bisa dijadikan sebagai sinonim. Benarkah? Menurut sebuah diskusi linguistik bahasa Inggris, pendapat tersebut adalah semacam salah kaprah. pasalnya, because of dan due to tidak dapat digunakan seperti sebuah sinonim (interchangeably) karena keduanya berada dalam klasifikasi kata yang berbeda. Jika klasifikasi kata nya saja sudah berbeda, lalu bagaimana mungkin penggunaannya bisa sama?

Klasifikasi Kata “Because of” dan “Due to”

Untuk memperjelas pendapat sebelumnya tentang penggunaan because of dan due to, yuk kita cek dan ricek kelas kata masing-masing.

DUE TO merupakan ADJECTIVE (kata sifat) yang berfungsi menjelaskan benda, sesuai dengan penggunaan kata sifat menurut grammar yang benar.

Sedangkan BECAUSE OF  merupakan ADVERB (kata keterangan) yang sudah tentu untuk menjelaskan verb, adjective dan noun sesuai dengan aturan grammar.

Bandingkan dua kalimat di bawah ini:

1) His frustration was due to the broken car

2) He was frustrated due to the broken car

Sekilas dua kalimat di atas tampak sama dan kelihatan benar. Namun, yuk lihat lebh jelas lagi, pasti kamu akan temukan penggunaan due to yang benar sesuai dengan kelas kata adjective dan adverb. Pada kalimat pertama, “his frustration” sebagai noun, kemudian ada linking verb nya yaitu “was” maka “the broken car” sebagai objek berupa noun dijelaskan oleh “due to” sebagai adjective. So, pada kalimat pertama penggunaan due to adalah benar.

Sedangkan pada kalimat kedua, ” He” sebagai subjek berupa noun, sedangkan verbnya yaitu “was frustrated” dan “due to” berfungsi menjadi adverb karena menjelaskan verb. Dalam kalimat kedua, due to seharusnya tidak digunakan, melainkan menggunakan because of “He was frustrated because of the broken car”

TIPS Menggunakan “Because of” dan “Due to”

Kamu masih bingung? Jangan khawatir karena kami akan berikan tips dan trik yang mudah untuk membedakan keduanya dengan tepat. Yaitu dengan cara menggunakan substitusi dan membandingkannya. Pembandingnya yaitu menggunakan pasif caused ” caused + by”, contoh: “The traffic accident was caused by careless people on the street”. Lalu, bagaimana tips substitusi nya? saat kamu menggunakan due to, bandingkan dengan kalimat yang sama menggunakan caused. apakah hasilnya sama? jika menggunakan caused kalimat menjadi salah secara gramatikal, berarti tidak menggunakan due to melainkan because of. Yuk cekidot!

Misal:

The green house effect was due to the air pollution

The green house effect was caused by the air pollution >>>> kalimat benar! berarti, penggunaan due to tepat.

Coba kita lihat kalimat lainnya:

I forgot to bring umbrella due to a big hurry

I forgot to bring umbrella caused by a big hurry >>>> kalimat salah! pasive voice membutuhkan to be. Berarti, kalimat seharusnya menjadi:

I forgot to bring umbrella because of a big hurry

Bagaimana sahabat kampung inggris? Gampang kan membedakan because of dan due to? Selamat berlatih ^_^

Baca juga: hanged dan hung

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *