Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan Defence dengan Defense

defence vs defense

Perbedaan Defence dengan Defense – Ada banyak hal yang menarik, jika kita mau menelusuri bahasa inggris. Jika sebelum – sebelumnya kita seringkali membicarakan confusing words, di mana ada beberapa kata yang mirip namun artinya berbeda, maka ada juga hal menarik lain seperti  fakta-fakta unik tentang bahasa inggris mulai dari kata terpendek hingga kata terpanjang, kata yang paling jarang digunakan dalam kalimat hingga kata yang paling sering muncul. Maka tidak salah jika bahasa inggris disebut bahasa internasional karena memiliki sifat yang dinamis. Selalu ada kata baru yang bisa jadi, memiliki sifat yang berbeda dan khas untuk digunakan dalam beberapa situasi. So, bagi sahabat kampung inggris, sering-sering lah “jalan-jalan” di dalam kamus bahasa inggris (lebih baik menggunakan kamus inggris-inggris karena akan lebih memperkaya vocab dan phrase) untuk mengetahui apa saja sih vocab dan sinonim serta antonimya. Atau, ikuti saja terus ulasan LC Kampung Inggris tentang vocab –  vocab dalam bahasa inggris.

Nah, di weekend kali ini kami akan mengulas perbedaan defence dan defense. Hayo, apakah sahabat tau bahwa keduanya memiliki perbedaan? Yap! Perbedaan spelling antara defense dengan defence mungkin akan membuat sahabat berpikir bahwa keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam arti dan penggunaannya.  Namun kenyataannya, tidak ada perbedaan makna antara defense dengan defence. Baik defence dan defense umumnya digunakan sebagai noun (kata benda) yang berarti pertahanan diri dari serangan ataupun bahaya fisik. Dalam berbagai konteks, defence dan defense bisa saja berbeda arti, misalnya dalam per-olahragaan, defence dan defense berarti mempertahankan skor agar lebih tinggi dari skor lawan. Dalam urusan hukum, defence maupun defense bisa berarti argument untuk mempertahankan atau membela diri. Jika antara defence dan defense tidak ada perbedaan makna, lalu apa beda keduanya?

Apa Bedanya Defence dengan defense?

Apakah sahabat pernah mengenal apa itu aksen dalam bahasa inggris? Secara umum, setidaknya ada dua aksen yang seringkali digunakan oleh English user di seluruh dunia, yaitu aksen Amerika atau American English (AmE) yang cara berbahasanya digunakan di Negara-negara yang mengadopsi American English, seperti USA tentunya. Dan yang kedua  ada aksen british atau British English (BrE) yang digunakan oleh Negara-negara yang mengadopsi BrE seperti UK, Canada dan Australia. Aksen ini muncul karena antara US dan UK memiliki perbedaan kebiasaan dalam berbahasa inggris. Baik dalam spelling atau ejaan (seperti colour dengan color), kosa kata (misalnya, pavement dan sidewalk) ataupun logat (cara/nada berbicara).

Perbedaan aksen inilah yang juga menyebabkan perbedaan antara defence dengan defense. DEFENSE merupakan American spelling, alias ejaan ini umum digunakan di Negara-negara AmE. Sedangkan DEFENCE merupakan British spelling yang tentunya mengikuti BrE. Selebihnya, tidak ada perbedaan penting dalam arti dan penggunaan antara defence dengan defense. Namun demikian, perbedaan ini yang seringkali menjadi hal detil yang terlupakan bagi kita yang mungkin, sedang berkunjung ke Negara-negara tertentu, lalu lupa dengan perbedaan aksen sehingga lawan bicara kita yang merupakan native speaker akan sedikit bingung, atau malah mentertawakan kita karena bahasa yang “asing” digunakan di daerah mereka. Namun secara umum, defence dan defense bisa digunakan secara sinonim kapanpun karena tidak memiliki perbedaan makna.

So… jangan lupa ya! Defense adalah American spelling sedangkan defence merupakan British spelling. Semoga ulasan perbedaan defence dengan defense ini bisa bermanfaat. Selamat berakhir pekan!

Baca juga: What can I do for you? Atau what can I do you for?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *