Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan Rock dan Stone

perbedaan rock dan stone

Perbedaan Rock dan Stone – Pernahkah sahabat mendengar apa bahasa ingris dari batu? Mugkin. Dua kata ini yang akan muncul dalam pikiran kita jika disebut kata batu, yaitu rock dan stone. Meskipun keduanya dianggap artinya sama-sama batu, namun kenyataannya antara rock dengan stone ada sedikit perbedaan nyata. Secara arti, rock berarti bebatuan, atau material mineral yang padat dan keras yang  terhampar di permukaan bumi. Sedangkan stone, adalah batu yang dalam bentuk lebih kecil. Nah, mari kita bahas secara lebih detil perbedaan keduanya. Check it out!

Apa itu Rock?

Pernahkah sahabat mendengar daerah bernama  the Rock of Gibraltar? Mengapa namanya bukan the stone of Gibraltar? Ini dia penjelasannya. Karena Rock, alias bebatuan, merupakan material yang berasal dari alam, umumnya keras dan padat, tapi ada juga bebatuan jenis karang yang melapisi tepian pantai yang bersifat lebih lunak, dan terbentuk dari satu atau banyak jenis mineral alam. Kita bisa menggunakan rock untuk menyebut lapisan bebatuan yang biasanya ada pada dinding goa, dinding tebing, lembah, dan sebagainya. Kadang, kita juga menemukan bebatuan atau rock ini di bawah permukaan air. Salah satu ciri khas yang membedakan rock dengan stone adalah, rock biasanya terhampar dan dalam jumlah luas atau besar. Dan pastinya, rock tidak bisa dipindah – pindah. Contoh:

  • The ship crashed on the rocks / Kapal itu menabrak bebatuan
  • That red solid rock cliff is very beautiful once it’s looked from this distance / permukaan tebing bebatuan yang berwarna merah itu sangat indah jika dilihat dari jarak segini

Selain artinya sebagai bebatuan, rock juga bisa berarti secara idiomatik. Rock digunakan sebagai sifat seseorang yang keras, atau punya kekuatan yang besar, bertahan dalam berbagai masalah, mandiri, dan bisa memberikan dukungan atau bantuan pada orang lain. Atau bisa digunakan seperti dalam a rock-hearted man, yang berarti lelaki dengan hati sekeras batu, tidak punya perasaan.

Apa itu Stone?

Dalam film Harry Potter, tentunya kita pernah mendengar salah satu filmnya yang berjudul The sorcerer’s stone. Mengapa dalam film tersebut tidak menggunakan the sorcerer’s rock? Karena seperti yang telah kita bahas sebelumnya, stone merupakan batu yang dalam bentuk kecil dan bukan berasal dari bahan mineral metallic. Yang membedakan juga antara rock dan stone adalah, stone pasti bersifat keras, lalu mudah dipindah, mudah diangkat, dan bisa dilempar-lempar, sedangkan rock tidak. Hal ini karena rock berukuran besar, dan ‘rock’ juga disusun dari banyak ‘stones’. Maka itu, kita sering mendengar gemstone (perhiasan) namun tidak pernah mendengar adanya gemrock.  Contoh:

  • He threw the stone into my home / Dia melempar batu ke rumah saya
  • My mom said that her friend has the most expensive gemstone from Canada / Ibu saya bilang bahwa temannya punya batu berlian yang paling mahal dari Canada

Nah, sahabat Kampung Inggris sudah tau kan bedanya rock dengan stone? Pertama, rock ukurannya besar sedangkan stone ukurannya kecil. Rock tidak bisa dipindah sedangkan stone dengan sangat mudah diambil dan dibawa pulang. Stone bisa menyusun rock, maka itu rock berukuran jauh lebih besar dari stone. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk sahabat!

Jangan lewatkan bahasan lain tentang confusing words, seperti yang satu ini nih: Apa bedanya Misused, Disused dan Unused?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *