Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan TOEFL dan IELTS

perbedaan TOEFL dan IELTS

Perbedaan TOEFL dan IELTS – Bagi mereka yang hendak kuliah, kerja atau tinggal di negara berbahasa inggris namun berasal dari negara non english akan membutuhkan sertifikasi bahasa inggris. Suka tidak suka, kita harus melewati ujian bahasa inggris untuk mendapatkan sertifkat sebagai bukti bahwa kita bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris. Pada dasarnya, tes bahasa tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa kita tidak akan terkendala bahasa saat tinggal atau belajar di luar negeri. Karena tidak mudah lho hidup di negeri orang yang bahasa pertamanya adalah english. Misalnya nih, kalau kamu kuliah di UK atau US, laporan-laporan praktikum, laporan penelitian, catatan perkuliahan, semua akan menggunakan bahasa inggris. Bayangin donk, kalau kita masih gagap english pasti bisa ketinggalan banyak pelajaran. So, penting banget deh sertifikasi bahasa ini.

Di dunia ini minimal ada tiga jenis tes bahasa inggris yang umum dilakukan oleh orang Indonesia, yaitu TOEFL, IELTS dan TOEIC. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan memaparkan apa sih yang membedakan TOEFL dan IELTS, karena kedua tes bahasa inggris ini adalah yang paling banyak diambil oleh masyarakat Indonesia untuk keperluan kerja, kuliah, beasiswa ataupun mengurus visa. 5 hal mendasar yang membedakan TOEFL dan IELTS yaitu:

1. Penyelenggara Tes

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan tes bahasa inggris yang diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service)  yang berkantor di Princeton, New Jersey, USA sejak tahun 1964 lalu. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan bahwa TOEFL lebih banyak diterima di universitas-universitas Amerika. Sedangkan IELTS merupakan kerjasama tiga lembaga yakni: University of Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia dan mulai berjalan pada tahun 1989. Hingga kini, IELTS diterima di banyak negara di US dan Asia, dan di seluruh wilayah eropa.

2. Jenis dan Fungsi Tes

Kedua tes ini memliki masing-masing jenis yang berbeda. TOEFL, dalam perkembangannya terdapat 3 jenis yaitu: PBT (paper-based test), CBT (Computer-based test) dan generasi terbaru TOEFL yaitu  iBT (internet-based test) yang ketiganya memiliki komponen soal yang berbeda-beda. Selengkapnya tentang ketiga tes tersebut, baca di: Apa Itu Test TOEFL?

Sedangkan IELTS hanya terdiri dari dua jenis, yaitu: General IELTS dan Academic IELTS. Jenis soal dan tingkat kesulitan kedua jenis IELTS tersebut tentu saja berbeda, karena general IELTS digunakan untuk mereka yang akan membuat visa. Sedangkan academic IELTS digunakan untuk kemampuan bahasa inggris di universitas yang tentunya membutuhkan skill english lebih dalam.

3. Komponen Soal dan Penilaian

Saat ini, jenis TOEFL yang digunakan hanyalah TOEFL PBT dan IBT. TOEFL PBT memiliki tiga komponen soal yaitu: Listening, structure dan reading selama 115 menit dan TOEFL IBT dengan 4 komponen soal yaitu: Listening, writing, reading dan speaking selama kurang lebih 4 jam. Sedangkan IELTS memiliki komponen soal meliputi listening, writing, reading dan speaking selama 2 jam 45 menit.

Satuan skor akhir antara kedua tes ini juga berbeda. TOEFL PBT memiliki range skor antara 310-677, sedangkan TOEFL IBT memiliki range skor antara 0-120. Penilaian IELTS akan menghasilkan skor berupa band antara band 1.0  hingga band 9.0

4. Biaya dan Pendaftaran

Untuk biaya tes TOEFL PBT (ITP) tidak terlalu mahal, yaitu sekitar 500.000 per awal tahun 2016. Sedangkan bagi kamu yang akan mengikuti TOEFL IBT , perlu merogoh kocek agak dalam karena tes ini membuuhkan biaya sebanyak $175 atau jika dirupiahkan menjadi Rp 2.303.000. Untuk IELTS, tidak jauh beda dengan IBT yaitu $195 atau sekitar RP. 2.566.200 untuk sekali tes. So, persiapkan diri sematang mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik, karena biayanya tidak murah bro ^_^

5. Sertifikat TOEFL dan IELTS

Sertifikat TOEFL dikeluarkan secara resmi oleh ETS.

contoh sertifikat ITP

contoh sertifikat IBT

Sertifikat IELTS juga dikeluarkan secara resmi oleh lembaga yang menaunginya, yaitu British Council, IDP dan University of Cambridge.

contoh sertifikat IELTS

Nah, bagaimana sahabat LC Kampung inggris? sudah cukup jelas kan perbedaan antara TOEFL dan IELTS. Semoga artikel ini bisa membantu sahabat semua yang baru akan belajar TOEFl dan IELTS. Wish you all guys Luck ^_^

Baca ini agar sukses menghadapi tes nya: Tips Sukses Ujian TOEFL

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

4 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *