Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan Wage dan Salary

wage vs. salary

Perbedaan Wage dan Salary – Dalam menggunakan bahasa inggris sehari-hari kita akan menemukan banyak vocab yang berkaitan dengan tema tertentu, misalnya vocab untuk travelling, gardening, education, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah terkait dengan bisnis dan ekonomi. Mungkin dalam tema tersebut kita akan menemukan vocab Salary dan Wage yang jika diartikan dalam kamus bahasa inggris – Indonesia, artinya adalah Gaji. Namun nyatanya kedua vocab tersebut memiliki beberapa perbedaan makna dan penggunaan. Sehingga, kita tidak bisa menggunakannya secara acak. Lalu, apa bedanya wage dan salary? Mari simak penjelasannya berikut ini:

Wage vs. Salary

Perbedaan Wage dan Salary lebih kepada berapa rupiah uang yang akhirnya dihasilkan dalam setahun. Kita menggunakan kedua istilah tersebut biasanya untuk memberikan gambaran bahwa tipe pekerjaan keduanya cukup berbeda, oleh karena itu disebut total uang yang didapatkan selama setahun karena antara wage dan salary, pemberian frekuensi dan jumlah upah nya pun berbeda. Jika kita lihat mereka yang mendapat gaji, biasanya bekerja di kantor, sekolah, dosen, dan semacamnya. Sedangkan upah biasa diberikan kepada burh di sawah, pabrik, kuli bangunan.

Wage (upah)  biasanya dibayarkan pada karyawan dengan dihitung per jam kerja. Ini artinya para karyawan harus hadir tepat waktu dan bekerja agar mereka dibayar pada hari tersebut. Karyawan yang mendapat wage (upah) sering kali  kehilangan gajinya atau dipotong karena pulang terlalu cepat, datang terlambat, bolos kerja atau pergi jalan-jalan di hari kerja tanpa ijin atasan. Sedangkan salary (gaji) merujuk pada berapa uang gaji yang didapatkan oleh karyawan setiap tahun. Karyawan yang mendapatkan gaji jarang menggunakan jam kerja untuk menentukan besaran gaji mereka, atau pun menghitung gaji berdasarkan jumlah jam kerja, karena mereka dibayar untuk keterampilan mereka daripada jam kerja. Karyawan yang mendapat salary (Gaji) biasanya mendapat potongan gaji jika cuti sakit atau liburan, dan tidak kehilangan gaji setiap mereka pulang terlalu cepat atau datang telat.

Gaji juga bisa berarti sesuatu yang diberikan pada karyawan bukan hanya dalam bentuk uang. Beberapa perusahaan mempertimbangkan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan bantuan kesehatan (asuransi) sebagai bagian dari gaji. Bahkan, kita bisa menemukan perusahaan yang juga menyediakan biaya pendidikan dan biaya pensiun sebagai bagian dari gaji karyawannya. Sedangkan upah, hanya diberikan dalam bentuk uang (freshmoney)

Pada awal mulanya, kita seringkali menyebut pekerjaan buruh adalah jenis pekerjaan yang mendapatkan wage (upah), dan pekerjaan bagi para professional merupakan pekerjaan yang mendapat salary (gaji ). Karyawan yang mendapat gaji diasumsikan pekerjaannya lebih santai karena tidak bergantung pada jam kerja, sedangkan upah biasanya disebut sebagai pekerjaan yang menghabiskan banyak energi (pekerjaan kasar). Di Amerika atau negara berbahasa inggris, biasa menyebut wage (upah) dengan hourly payment, sedangkan salary (gaji) disebut dengan packages. Mengapa disebut packages? Karena dalam satu kali uang gaji, bisa jadi terdapat biaya gaji dasar, tambahan, biaya pensiun, dan bonus sebagai packages.

Meskipun kelihatannya gaji lebih membuat karyawannya sejahtera, namun ada juga kekurangannya, yaitu  karyawan yang mendapat gaji biasanya tidak bisa mendapat biaya tambahan jika mereka bekerja lebih dari jam biasanya. Sedangkan karyawan yang mendapat upah seringkali mendapat upah ekstra atas jam kerja mereka. Jika karyawan bekerja 50 jam dalam satu minggu, mereka bisa menerima 40 jam pertama dengan upah reguler seperti biasa, dan selanjutnya mendapatkan 10 jam esktra dengan jumlah upah 1,5x dari jumlah upah biasa.

Nah, sahabat LC Kampung Inggris sudah paham kan apa perbedaan wage dengan gaji? Semoga ini bisa menambah wawasan kalian untuk kedua vocab tersebut, dan tidak salah menempatkannya. Keep learning ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *